fbpx

Kembangkan Ilmu dengan Penelitian

perguruan tinggi

Lulus dari perguruan tinggi tentunya dambaan setiap mahasiswa. Hanya saja, kelulusan tersebut harus diraih dengan penelitian. Benarkah penelitian itu hanya sebagai pembuktian lulus belaka?

Institusi perguruan tinggi tidak hanya sebagai tempat menimba ilmu, belajar-mengajar atau bahkan sekadar hadir hanya mengisi absensi. Namun setiap mahasiswa dan dosen juga diharuskan melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah, sesuai bidang kuliah yang diminati dan dipelajari.

Penelitian seharusnya adalah bentuk pertanggungjawaban para dosen dan mahasiswa.

Sebagian beranggapan melalui penelitian dan penulisan karya ilmiah dapat menyalurkan ide dan kreativitas. Hanya saja, tidak sedikit juga yang melakukan penelitian hanya sebagai pemenuhan kewajiban belaka.

tes banner iklan

Dengan alasan ingin segera selesai atau lulus, ada yang melakukan penelitian terburu-buru bahkan nekat tanpa data yang akurat. Ada juga yang berdalih, tidak adanya sumber dana yang dapat dialokasikan untuk penelitian, atau tersangkut narasumber, dan sebagainya.

Berbagai alasan yang dikemukakan, menunjukkan kurangnya minat terhadap penelitian itu sendiri.

Lewat penelitian sebenarnya juga akan terlihat tingkat loyalitas dosen dan mahasiswa terhadap universitas.

Pengembangan kemampuan, ilmu serta sikap profesionalisme juga akan tercapai melalui penelitian tersebut. Dengan syarat, mereka peduli dan mau meningkatkan kualitas dirinya bahkan dunia pendidikan.

Lantas bagaimana mendorong minat para dosen atau mahasiswa agar mau ‘meneliti’? Sebab tidak jarang penelitian kurang peminat dengan berbagai alasan tersebut.

Baca juga: 4 Cara Jadi Dosen yang Asyik

Barangkali para dosen dan mahasiswa dapat meniru sistem yang diterapkan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, untuk menumbuhkan minat mahasiswa melakukan penelitian, juga melakukan peningkatan penelitian dosen yang mengajak para mahasiswa untuk terlibat.

Menurut Pembantu Rektor I UKSW, Ferdy Samuel, seperti dilansir situs berita online suaramerdeka, keterlibatan mahasiswa menjadi media yang strategis untuk transfer ilmu. Terlebih lagi, diharapkan muncul bibit-bibit baru peneliti dari kalangan mahasiswa.

Sebab, banyaknya dilakukan penelitian menandakan perguruan tinggi berhasil mencetak generasi masa depan sesuai visi dan misi universitas.

foto: inhukab.go.id
Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322