fbpx

Berikut Macam Dosen Yang Perlu Anda Ketahui

macam dosen
macam dosen

Dosen di kampus memiliki banyak karakteristiknya masing-masing. Tetapi, karakter-karakter mereka bisa dipetakan dalam beberapa macam dosen ini.

Macam dosen sangatlah berbeda dengan guru sekolah. Jika guru sekolah masih bisa ditemui di kantor hampir setiap hari, bahkan bertemu di kantin, tetapi dosen tidak semudah itu ditemui. Kalau akan ditemui mahasiswa harus janjian dulu. Kadang, dosen pun tidak mengisi kelas, cuma menitipkan slide materi kuliah.

Kali ini, kami ulas mengenai macam dosen yang perlu Anda ketahui!

 

  1. Macam dosen Normal

Dosen dengan tipe ini banyak disukai oleh para mahasiswa dan sudah dipastikan kelasnya selalu ramai. Dosen dengan tipe ini kadang on time dan kadang juga telat. Kalaupun nggak sempat masuk pasti akan ngabarin. Kalau ngasih tugas nggak pernah di luar jangkauan otak mahasiswa begitupun dengan kuis.

Dijamin macam dosen seperti ini nggak akan pernah ngasih ujian atau kuis dadakan. Macam dosen normal masih mudah ditemui mahasiswa. Kalau mahasiswa mempunyai pertanyaan, dosen ini dengan senang hati menjawabnya. Cara penyampaiannya pun santun dan akan mudah dimengerti.

 

  1. Dosen Killer

Dosen dengan tipe ini yang paling banyak ditakuti dan yang pastinya dihindari oleh mahasiswa. Beliau mempunyai aturan ketat di kelasnya. Biasanya kalau mahasiswa datang telat nggak akan boleh mengikuti kuliahnya meski telatnya Cuma 2 detik. Macam dosen ini benar-benar disiplin tapi nyebelin.

Beliau nggak akan segan memberi nilai D meski mahasiswa rajin masuk di kelasnya. Dosen tipe killer susah ditebak maunya apa bilangnya A tapi kenyataanya yang dimaksud B. Bagi mereka semua harus terlihat sempurna di kelas. Dan yang pasti kalau beliau sedang memberi penjelasan jangan sekali-kali mahasiswa bergosip dengan mahasiswa lain. Pandangan mahasiswa harus tetap kedepan tak jarang setelah perkuliahan selesai mahasiswa akan merasa pegal di leher.

 

  1. Dosen Ninja

Dosen tipe ini sangat misterius. Disebut macam dosen ninja karena beliau sering menghilang dari kampus. Biasanya dosen ini ke kampus kalau ada jadwal mengajar saja selebihnya entah berada di belahan bumi yang mana mengerjakan tugas keninjaannya.

Tidak jarang dosen dengan tipe ini memberikan tugas bahkan materi yang berupa slide ppt hanya melalui perantara asistennya. Alhasil mahasiswa akan kesulitan ketika ujian akhir tiba. Bukan hanya itu, jika mahasiswa ada urusan dengan beliau pasti akan sulit untuk menemuinya. Di kampus nggak ada begitupun di rumahnya. Pagi dia ada di Jakarta eh siangnya udah ada di Kalimantan aja. Maklum aja dosen tipe ini mempunyai pekerjaan di mana-mana.

 

  1. Dosen Pendongeng

Macam dosen pendongeng tak akan peduli dengan apa yang mahasiswa lakukan di dalam kelas. Beliau akan tetap menyampaikan materi dengan khidmat sampai jam kuliah selesai. Ada enaknya juga sih dengan dosen tipe ini soalnya peraturan di kelasnya nggak terlalu berlebihan. Mahasiswa hadir dan mendengarkan dia dongeng itu udah cukup.

Tapi, bukan berarti mahasiswa bisa seenaknya aja di kelas beliau. Terkadang materi yang sudah disampaikan panjang x lebar x tinggi semuanya masuk dalam ujian akhir. Itu tandanya mahasiswa harus rajin memcatat saat mengikuti kuliah beliau.

 

  1. Dosen Moody

Kebanyakan dari jejeran dosen moody adalah dosen cewek yang masih berstatus single. Hmm, wajar sih kalau moodnya masih sering berubah apalagi cewek nih pasti tau dong penyebabnya hehe. Mahasiswa harus ekstra hati-hati menghadapi dosen dengan tipe seperti ini. Selain moodnya sering berubah terkadang beliau juga ceoat tersinggung alias sensitif kayak tissue.

Sekali mahasiswa buat kesalahan pasti akan diingat terus sama beliau. Nggak jarang mahasiswa bakal dianaktirikan di kelasnya. Pas moodnya baik beliau seperti malaikat yang turun dari langit ke tujuh kalau saja udah nggak enak hati semua orang dihadapannya akan kena caci maki. Panjang urusan kalau udah kayak gitu.

 

  1. Dosen Motivator

Mengikuti kuliah macam dosen motivator sama halnya dengan mengikuti seminar motivasi. Mulai dari jam pertama mahasiswa akan mendengarkan kata-kata motivasi dari beliau. Tak jarang sampai kelas berakhir materi motivasinya belum berakhir. Dosen motivator sangat cocok buat mahasiswa yang butuh penyemangat.

Terkadang terasa membosankan kalau setiap pertemuan harus mendengar motivasi dari beliau, tapi nggak ada salahnya juga. Kali aja di antara sederetan kata-kata motivasinya ada yang tertanam di otak mahasiswa yang bisa membuatmu lebih semangat menjalani hari-hari di bangku perkuliahan. Kalau masalah nilai biasanya enteng-enteng aja asalkan mahasiswa selalu hadir di sesi kuliahnya dijamin nilai mahasiswa juga lumayan bagus.

Nah, itu tadi beberapa macam dosen yang harus mahasiswa ketahui sebelum mengeyam pendidikan di bangku kuliah. Yang perlu mahasiswa tahu mau kayak gimanapun dosen yang akan mahasiswa hadapi nanti intinya Cuma satu mahasiswa harus tetap rajin belajar dan berperilaku yang baik kalau mau lulus dengan hasil yang memuaskan.

Demikian artikel berjudul Berikut Macam Dosen Yang Wajib Kamu Ketahui! Semoga bermanfaat.

 

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja