fbpx

Kuliah S2 dan S3 Gratis dengan Manaaki New Zealand Scholarship

Kuliah S2 dan S3 Gratis di New Zealand dengan Manaaki New Zealand Scholarship

Menjelang akhir bulan Januari 2023, ada banyak program beasiswa yang mulai dibuka pendaftarannya, termasuk Manaaki New Zealand Scholarship. Manaaki New Zealand Scholarship merupakan beasiswa dari pemerintah New Zealand alias Selandia Baru ini sifatnya penuh. 

Selain itu, beasiswa ini dibuka untuk jenjang pendidikan pascasarjana mencakup jenjang S-2 dan S-3. Sehingga sangat cocok bagi calon dosen maupun para dosen yang belum memiliki ijazah S-3. Lalu, seperti apa persyaratan dan ketentuan pendaftarannya? Simak uraiannya!

Beasiswa Manaaki New Zealand 

Pemerintah Selandia Baru memang diketahui menyediakan beberapa program beasiswa. Program ini ditujukan untuk mahasiswa internasional maupun nasional. Adapun beasiswa internasional ditujukan untuk mahasiswa dari Asia Tenggara, Afrika, dan Timor Leste. 

Salah satu program beasiswa unggulan yang banyak diminati mahasiswa Indonesia adalah Manaaki New Zealand Scholarship. Beasiswa ini merupakan satu dari rangkaian beasiswa yang diselenggarakan pemerintah Selandia Baru untuk mahasiswa internasional. 

Program satu ini khusus ditujukan untuk mahasiswa internasional di negara tertentu yang sudah bekerjasama, termasuk Indonesia. Manaaki New Zealand Scholarship juga diketahui sebagai beasiswa pascasarjana bersifat penuh. 

Lewat program ini, mahasiswa dari Indonesia bisa menempuh pendidikan S-2 maupun S-3 secara gratis untuk berbagai program studi. Selain itu, Manaaki New Zealand Scholarship juga dikenal tidak mensyaratkan adanya LoA (Letter of Acceptence), IELTS/TOEFL, dan surat rekomendasi. 

Negara Selandia Baru masuk jajaran negara yang tepat untuk dituju ketika ingin menempuh studi karena sistem pendidikan yang berkualitas, menerapkan pendidikan multikultural, dan kenyamanan kondisi lingkungan dan masyarakatnya. 

Kriteria

Kriteria utama untuk bisa mengikuti seleksi penerimaan program Manaaki New Zealand Scholarship adalah mahasiswa internasional. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa di luar negara Selandia Baru. 

Selain itu, kriteria Manaaki New Zealand Scholarship adalah memenuhi kriteria terkait usia. Batas usia minimal saat mendaftar adalah 18 tahun dan maksimal 40 tahun. Namun, pihak pemerintah Selandia Baru menjelaskan akan mengutamakan kandidat yang usianya di bawah 40 tahun. 

Persyaratan 

Tak hanya wajib memenuhi kriteria yang disampaikan di atas. Para kandidat yang ingin mengikuti pendaftaran dan seleksi Manaaki New Zealand Scholarship juga wajib memenuhi syarat-syarat berikut: 

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 40 tahun. 
  2. Tinggal di negara asal minimal 2 tahun. 
  3. Memenuhi persyaratan visa pelajar (mahasiswa). 
  4. Memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan universitas tujuan di Selandia Baru. 
  5. Memiliki Research Plan untuk jenjang S-3 maupun Master by Research. 
  6. Meninjau persyaratan vaksin Covid-19 di universitas tujuan, jika memang wajib vaksinasi dan kandidat mengeluarkan biaya maka akan diganti oleh Pemerintah Selandia Baru. Saat ini, pemerintah Selandia Baru tidak mewajibkan mahasiswa internasional untuk menjalani vaksin Covid-19, akan tetapi universitas mungkin memiliki aturan tambahan mengenai hal ini. 
  7. Tidak wajib memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL), akan tetapi jika universitas tujuan mewajibkan sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru. Maka dokumen ini menjadi wajib. 

Sementara itu, pelamar di jenjang S-3 diwajibkan memenuhi persyaratan khusus, yaitu memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi yang diambil di dalam program beasiswa yang disediakan. 

Jadi, para dosen yang ingin menempuh pendidikan S3 dengan gelar PhD di Selandia Baru melalui program Manaaki New Zealand Scholarship, maka wajib memilih bidang studi yang relevan. 

Baca Juga :

Beasiswa S3 ke Rumania Tahun 2023 Ini Patut Kamu Coba!

Layanan Parafrase Penerbit Deepublish

Beasiswa Fully Funded China AUN 2023 Dibuka, Daftar Segera!

Info Beasiswa Turkiye Burslari 2023 [Terbaru!]

Persyaratan Berkas

Persyaratan berkas atau administrasi di dalam program beasiswa ini bersifat umum, diantaranya: 

  • Salinan kartu identitas yang masih berlaku, paspor, dan akta kelahiran.  
  • Transkrip nilai dan ijazah yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. 
  • Rencana penelitian dalam bahasa Inggris untuk kandidat di jenjang S-3. 
  • Visa pelajar. 
  • Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa, jika universitas tujuan menyebutkan sertifikat ini sebagai syarat pendaftaran. 
  • Surat dari universitas atau lembaga pendidikan. 

Selain itu, kandidat yang melakukan pendaftaran wajib mengisi form pendaftaran yang disediakan oleh sistem Manaaki New Zealand Scholarship. Form pendaftaran ini berisi daftar pertanyaan panjang dan wajib dijawab semuanya. 

Form pendaftaran baru bisa diakses calon pelamar jika pendaftaran sudah dibuka di negara masing-masing. Oleh sebab itu, calon pendaftar wajib mengecek jadwal pelaksanaan pendaftaran, seleksi, dan pengumuman program beasiswa satu ini. 

Supaya saat pendaftaran dibuka bisa segera mengakses form pendaftaran dan mengisi seluruh daftar pertanyaan di dalamnya. Form menggunakan bahasa Inggris, saat mengisi pastikan sudah menuliskan dengan baik dan benar. 

Cakupan Beasiswa

Program Manaaki New Zealand Scholarship termasuk ke dalam jenis beasiswa internasional bersifat penuh. Cakupannya tentu luas, dan berikut beberapa diantaranya: 

1. Biaya Perkuliahan 

Beasiswa dari pemerintah Selandia Baru bersifat penuh dan cakupan pertamanya adalah biaya pendidikan atau perkuliahan. Sehingga penerima tinggal fokus kuliah, sementara biaya kuliah akan ditanggung pemerintah yang menggelar program. 

2. Biaya Hidup 

Para penerima beasiswa juga akan menerima biaya hidup, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah di Selandia Baru. Harapannya dengan cakupan ini, para penerima tidak perlu bekerja paruh waktu dan fokus kuliah. 

3. Biaya Akomodasi  

Para penerima program beasiswa disebutkan juga berhak menerima biaya akomodasi atau biaya sewa tempat tinggal. Sehingga selama mengikuti studi, biaya untuk memenuhi kebutuhan akomodasi akan disediakan. 

4. Asuransi Kesehatan 

Selama kuliah di Selandia Baru, para penerima Manaaki New Zealand Scholarship juga akan mendapatkan asuransi kesehatan. Sehingga, layanan kesehatan bisa di-cover oleh asuransi yang disediakan pihak penyelenggara. 

5. Bantuan Biaya Riset dan Tesis

Khusus untuk penerima beasiswa yang menempuh pendidikan jenjang S3 maka akan melakukan riset. Riset yang dilakukan dan biaya-biaya dalam menyusun tesis juga akan di-cover oleh penyelenggara beasiswa. 

Jadi, penerima beasiswa tidak perlu khawatir mengenai biaya-biaya selama kuliah di Selandia Baru. Sebab berbagai bentuk biaya sudah dipenuhi oleh pihak penyelenggara, termasuk biaya riset dan tesis. 

Tahap dan Jadwal Pendaftaran

Supaya lebih mudah melakukan persiapan, silahkan mencatat tahap dan jadwal pendaftaran Manaaki New Zealand Scholarship sampai pengumuman hasil seleksi. Berikut detailnya: 

TahapJadwal
Pendaftaran1-28 Februari 2023
Seleksi awalMaret-April 2023
Seleksi tahap keduaApril-Mei 2023
WawancaraJuni 2023
Tes IELTS (jika belum memiliki)Juli 2023
Pemilihan kandidat penerima beasiswaJuli 2023
Pengumuman finalSeptember 2023
Medical check up, pendaftaran visa, dan keberangkatanNovember 2023 – Februari 2024.

Cara Daftar

Pendaftaran program Manaaki New Zealand Scholarship dilakukan secara online, yakni melalui laman New Zealand Scholarship.

Ebook Gratis Penerbit Deepublish

Calon peserta wajib memenuhi syarat yang sudah disebutkan bisa melakukan pendaftaran saat sudah resmi dibuka. Manaaki New Zealand Scholarship akan resmi dibuka pada 1 Februari 2023 mendatang yang tinggal menghitung hari. 

Isi form pendaftaran setelah disediakan akses ke form. Khusus untuk esai, ada baiknya ditulis ke media lain dulu baru kemudian copy paste ke form yang disediakan pihak penyelenggara Manaaki New Zealand Scholarship.

Artikel Terkait :

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

8 Tips Lolos Beasiswa Doktoral yang Harus Diketahui

Di tag : ,

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja