fbpx

Manfaat Akreditasi Kampus bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa

manfaat Akreditasi Kampus

Saat memilih perguruan tinggi atau kampus dijamin akan mempertimbangkan akreditasi kampus disamping pertimbangan lainnya. Akreditasi adalah istilah yang umum digunakan saat membahas tentang jaminan mutu. Akreditasi di perguruan tinggi sama artinya menunjukan kualitas perguruan tinggi tersebut. 

Akreditasi di jenjang perguruan tinggi di Indonesia dilakukan oleh BAN-PT dan sifatnya nasional. Jadi, tidak ada perguruan tinggi yang luput dari penilaian BAN-PT yang menggunakan sejumlah kriteria. Kecuali perguruan tinggi tersebut tidak resmi atau tidak memiliki perizinan yang jelas. Lalu, seberapa penting akreditasi ini? 

Tentang Akreditasi Kampus 

Akreditasi adalah proses penilaian kualitas suatu lembaga dengan menggunakan kriteria baku mutu yang sudah ditetapkan. Kriteria ini tentu saja akan fokus pada penilaian kualitas lembaga tersebut, apakah memang terbilang bagus atau sebaliknya. 

Jadi, akreditasi kampus adalah proses penilaian kualitas sebuah kampus menggunakan kriteria baku mutu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kriteria ini antara lain: 

  • Kurikulum pendidikan yang dijalankan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. 
  • Jumlah tenaga pendidik apakah sesuai dengan kebutuhan dengan melihat jumlah mahasiswa di kampus tersebut. 
  • Keadaan mahasiswa. 
  • Koordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk juga mengenai penyediaan sarana dan prasarana kegiatan pendidikan. 
  • Kesiapan administrasi akademik mencakup tata kelola kepegawaian, keuangan, dan kegiatan maupun keperluan rumah tangga perguruan tinggi tersebut. 

Pelaksanaan penilaian akreditasi kampus sesuai penjelasan di awal adalah BAN-PT. Semua perguruan tinggi resmi yang terdaftar di PDDIKTI akan menjalani penilaian akreditasi. Dilakukan secara berkala setiap lima tahun sekali. Lewat akreditasi ini pemerintah bertujuan menjaga kualitas penyedia layanan pendidikan. 

Setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki kesiapan yang matang untuk mencetak generasi berkualitas. Sehingga pendidikan tinggi tidak bisa dijadikan bisnis semata untuk mendapatkan keuntungan atau profit. Mereka (perguruan tinggi) ada kewajiban menyediakan layanan pendidikan yang sesuai standar. 

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu SAPTO dan Alur Akreditasi Online Didalamnya

Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA 

Begini Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi agar Tidak Salah Pilih 

Apa Saja Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja? 

Manfaat Akreditasi Kampus bagi Kampus Sendiri  

Akreditasi kampus menjadi hal penting, manfaatnya dirasakan oleh semua pihak. Bak oleh pihak kampus itu sendiri maupun mahasiswa yang menempuh pendidikan di dalamnya. Bagi kampus, akreditasi memberi manfaat sebagai berikut: 

1. Menunjukan Kualitas Pendidikan 

Manfaat pertama dari akreditasi bagi pihak kampus atau perguruan tinggi adalah menjadi bukti kualitas pendidikan yang mereka sediakan. Akreditasi memiliki sejumlah kriteria yang dijelaskan sebelumnya. Jika berhasil mendapatkan akreditasi yang tinggi maka menjadi bukti bahwa kampus tersebut memang berkualitas. 

Sudah mampu memenuhi standar penyelenggara kegiatan pendidikan dari pemerintah. Sehingga menjadi tempat yang terpercaya untuk menempuh pendidikan tinggi bagi masyarakat luas. 

2. Menjamin Punya Kredibilitas 

Hanya perguruan tinggi resmi yang terdaftar di PDDIKTI dan secara berkala mendapatkan proses akreditasi kampus. Baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi. Adanya informasi nilai akreditasi yang didapatkan maka menunjukan kalau kampus tersebut resmi, punya izin, dan bukan kampus abal-abal. 

3. Membantu Mendapatkan Mahasiswa 

Akreditasi yang bagus bisa membantu pihak kampus untuk memiliki masa depan. Sebab dengan nilai akreditasi inilah pihak kampus bisa lebih mudah mendapatkan mahasiswa, khususnya bagi PTS. Sehingga kegiatan operasional kampus dapat berjalan dan kemudian masa depannya juga lebih jelas. 

4. Mendapatkan Banyak Bantuan dari Pemerintah 

Akreditasi juga menjadi sarana bagi pihak kampus untuk ikut serta dalam berbagai program pemerintah. Misalnya program penyediaan dana hibah penelitian bagi para dosen. Kemudian program beasiswa baik untuk para dosen maupun mahasiswa di kampus tersebut. 

Baca Juga:

Mengenal Tingkatan Akreditasi Baru BAN-PT 

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi DKV UNIKU Secara Daring 

6 Persiapan Akreditasi yang Perlu Dilakukan Perguruan Tinggi 

Memahami Pengertian Akreditasi Perguruan Tinggi dan Fungsinya

Manfaat Akreditasi Kampus bagi Mahasiswa 

Sementara itu, manfaat akreditasi kampus untuk mahasiswa dan masyarakat umum juga tidak kalah banyak. Diantaranya adalah: 

1. Memilih Kampus Berkualitas 

Akreditasi biasanya akan dipampang pihak kampus di bagian depan, sehingga siapa saja bisa tahu nilai akreditasi yang didapatkan. Hal ini penting, karena akreditasi menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih kampus bagi dirinya sendiri maupun untuk anak cucu. 

Sebab akreditasi menjadi jaminan apakah kampus tersebut berkualitas atau tidak. Jika akreditasinya bagus maka menunjukan kualitas pendidikannya juga bagus. Sehingga setelah lulus bisa menjadi alumni yang berkualitas. 

2. Membantu Karir Setelah Lulus 

Mahasiswa yang memilih kampus dengan akreditasi yang bagus, misalnya B atau mungkin A. DI masa mendatang bisa mendapatkan kemudahan dalam meniti karir. Pertama, bisa lebih mudah mendapat pekerjaan karena perusahaan melihat surat lamaran berasal dari perguruan tinggi yang berkualitas. 

Kedua, bisa membantu mendapatkan gaji yang bagus atau minimal bisa disebut layak. Sebab dengan adanya ijazah dari perguruan tinggi yang akreditasinya bagus dan nama kampusnya juga terkenal. Sebuah perusahaan lebih yakin calon karyawan adalah kandidat berkualitas, sehingga berani memberikan gaji yang bagus. 

3. Memiliki Kemudahan untuk Mengembangkan Diri 

Kampus dengan akreditasi kampus yang memuaskan biasanya menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai. Sehingga merasa nyaman belajar di setiap ruang kelas, laboratorium, termasuk juga perpustakaan yang disediakan. Selain itu, fasilitasnya juga lengkap sehingga bisa belajar lebih mendalam. 

Kemudian, kampus dengan akreditasi kampus yang tinggi biasanya punya banyak program menarik. Beberapa merupakan program dari pemerintah beberapa lagi hasil kolaborasi. 

Sehingga mahasiswa bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman. Misalnya ikut student exchange, ada program beasiswa keluar negeri, bisa berkolaborasi dalam penelitian dosen, bisa ikut lomba antar kampus, dan lain sebagainya. Sehingga masa kuliah menjadi masa terbaik untuk mengembangkan diri. 

4. Terbiasa dengan Standar Tinggi dalam Pendidikan 

Masuk ke kampus dengan akreditasi memuaskan menuntut mahasiswa untuk terbiasa dengan kegiatan pendidikan berstandar tinggi. Mereka akan lebih dekat dengan persaingan akademik. Sehingga bisa lebih berprestasi dan kemudian memberi kemudahan bagi mereka dalam meniti karir. 

Standar pendidikan yang tinggi selain menciptakan suasana belajar yang super kompetitif. Juga membantu meningkatkan motivasi untuk belajar, semangat untuk berjuang, semangat untuk menguasai materi sampai yang tersulit, dan sebagainya. Hal ini sangat penting agar terbiasa punya standar tinggi dan membantu punya karir maupun usaha yang cemerlang. 

5. Punya Daya Saing yang Tinggi 

Kualitas pendidikan di kampus dengan akreditasi A atau B sudah diakui dan diamini oleh masyarakat luas. Alumni atau lulusannya kemudian memiliki daya saing yang tinggi. Bisa menjadi prioritas bagi perusahaan yang merekrut karyawan, bisa juga mengisi jabatan penting, dan lain sebagainya. 

Mendapatkan pendidikan berkualitas dengan fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern. Membantu mahasiswa menyerap ilmu pengetahuan dengan lebih baik, sehingga ilmu ini menjadi modal bagi mereka untuk bisa terjun di dunia kerja maupun di masyarakat. 

Mahasiswa juga sudah terbiasa sejak awal berkutat dengan pendidikan berstandar tinggi, punya disiplin tinggi dalam belajar, dan lain sebagainya. Hal ini akan mendorong mereka untuk lebih kompetitif setelah lulus. Masa depan pun bisa lebih baik selama mereka berusaha karena sudah mendapatkan privilege dari kampus. 

Besarnya manfaat dari akreditasi di sebuah perguruan tinggi membuatnya penting untuk dipersiapkan dengan baik oleh pihak kampus. Masyarakat akan menjadikan kampus mereka pilihan sebagai tempat menimba ilmu selama akreditasinya bagus. Jadi, setiap kampus perlu berusaha untuk mendapatkan nilai tinggi saat akreditasi kampus dilakukan. 

Artikel Terkait:

5 Cara untuk Meningkatkan Penilaian Akreditasi Kampus

Seberapa Penting Peran Dosen dalam Akreditasi Kampus?

Jabatan Akademik Dosen Berpengaruh Pada Nilai Akreditasi 

Instrumen Akreditasi Progam Studi , Apa Saja Elemennya?

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja