fbpx

10 Tips Membaca Buku Bahasa Inggris agar Mudah Dipahami

10 Tips Membaca Buku Bahasa Inggris agar Mudah Dipahami

Aktivitas membaca buku adalah sesuatu hal yang menyenangkan dan kemudian dilakukan nyaris setiap hari, dan sudah menjadi hobi sekaligus kebiasaan. Aktif membaca tulisan dalam bentuk apapun masuk ke dalam jenis kegiatan yang tinggi manfaat. 

Sebab dari bacaan tersebut maka kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan, pengalaman baru dan beragam, dan lain sebagainya. Sehingga tidak perlu ragu untuk menjadikan kegiatan membaca ini sebagai rutinitas. 

Jika ingin mengasah keterampilan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris maka tidak ada salahnya sesekali membaca artikel dan buku berbahasa Inggris tersebut. Bagi mereka yang sudah terbiasa mungkin tidak ada kendala. Namun jika masih pemula, mungkin butuh tips tambahan supaya lebih mudah memahami buku Bahasa Inggris tersebut. 

Tips Membaca Buku Bahasa Inggris 

Buku yang menggunakan Bahasa Inggris umumnya berasal dari negara yang memang memakai bahasa internasional ini sebagai bahasa sehari-hari. Misalnya di Australia, Amerika, Inggris, dan lain sebagainya. 

Membaca buku dari luar negeri akan menambah wawasan baru yang lebih luas, sekaligus meningkatkan kemampuan bahasa asing yang dimiliki. Jika masih belajar untuk membacanya maka biasanya akan mudah bingung dalam memaknai maksud penulis dalam bukunya. 

Membantu membiasakan diri dengan lebih mudah lewat bacaan berbahasa Inggris tersebut, maka bisa menyimak sejumlah tips di bawah ini: 

1. Pilih Diksi Sederhana 

Tips pertama dalam membaca buku yang memakai Bahasa Inggris adalah dengan memilih diksi sederhana. Maksudnya adalah buku dengan gaya penulisan sederhana, kalimat pendek, dan juga paragraf yang tidak begitu panjang. 

Mengapa? Sebab dengan memulai bacaan yang berat dan rumit padahal penguasaan Bahasa Inggris belum terlalu lancar dalam reading. Maka memulai langkah dengan bacaan sederhana menjadi langkah yang tepat. 

Jika sudah terbiasa, maka bisa meningkatkan bobot bahan bacaan. Misalnya dengan mencari buku yang alur ceritanya lebih kompleks, kalimat dan paragrafnya lebih panjang, dan juga jumlah halamannya lebih tebal. 

2. Hindari Buku yang Terlalu Tebal 

Saat memulai kebiasaan baru dalam membaca buku berbahasa Inggris maka hindari dulu buku yang kelewat tebal. Buku dengan ketebalan 50 sampai 100 halaman lebih cocok untuk dipilih. 

Memulai sesuatu yang baru memang perlu dilakukan dari hal-hal sederhana, termasuk kebiasaan membaca. Bacaan asing tentu memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk dipahami, agar menyukai kebiasaan ini maka mulailah dari bacaan yang tipis dulu. Sebab semakin mudah dan semakin cepat diselesaikan, semakin semangat untuk mencari bacaan selanjutnya. 

3. Mencari Tahu Kata yang Belum Dipahami 

Berhubung Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu, yang dijamin butuh waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Terlebih dari segi bacaan, maka perlu berlatih pelan-pelan dan memilih mendekatkan kamus di dekat meja baca. 

Jika ada kata yang tidak dipahami, silahkan mencari artinya di kamus tersebut. Opsional lebih praktis adalah mencari arti katanya di internet, sebab Google sendiri sudah menyediakan fasilitas penerjemah gratis yang tentu perlu dimanfaatkan. 

4. Membaca Ulasan Singkat atau Sinopsisnya Terlebih Dahulu

Supaya lebih mudah membentuk kebiasaan membaca buku Bahasa Inggris, maka bisa dimulai pula dengan membaca ulasan dan sinopsis buku tersebut. Jika dirasa sinopsisnya memang menarik maka silahkan dibawa pulang untuk dibaca. 

Selain itu bisa mempertimbangkan ulasan dari berbagai forum di internet. Sebab buku Bahasa Inggris yang banyak direkomendasikan biasanya isinya bagus. Sehingga cocok untuk dipilih oleh pemula. 

5. Terus Membiasakan Diri Membaca 

Berlatih membaca buku berbahasa asing memang sebaiknya tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Melainkan cukup sering, sebab semakin tinggi intensitasnya semakin terbiasa dengan kosa kata baru. 

Lambat laun, kamu bisa hafal diluar kepala setiap arti kata yang tadinya sulit. Sehingga kedepannya bisa lebih cepat dalam menyelesaikan buku bacaan berbahasa Inggris yang dipilih. 

6. Pilih Waktu Membaca yang Tepat 

Kenyaman akan sangat dibutuhkan pada saat membaca bacaan dengan bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris. Oleh sebab itu pilih waktu membaca yang terbaik dan sekiranya merupakan waktu paling tenang dan santai. 

Paling ideal adalah waktu sebelum pergi tidur di malam hari, dijamin aktivitas harian sudah diselesaikan. Sehingga bisa fokus membaca dari buku yang sudah dipilih tersebut. 

Opsional lain adalah waktu paling tenang yang dimiliki oleh diri sendiri. Kalau kamu malam hari kurang cocok karena suka mengantuk, maka bisa memilih sore hari ketika jam kuliah dan jam kantor sudah selesai. 

7. Sesuaikan Bacaan dengan Tujuan 

Tips berikutnya agar lebih mudah dan selalu semangat membaca buku berbahasa Inggris adalah menetapkan tujuan. Sebab ketika seseorang pergi membaca sebuah atau beberapa buah buku, dijamin punya tujuan khusus. 

Apakah sekedar untuk menghabiskan waktu, mendapatkan ilmu baru, mencari pengalaman baru, mencari bacaan baru dari seorang penulis, atau yang lainnya? Masing-masing tujuan akan menentukan jenis bacaan yang berbeda. 

Jika ingin menambah ilmu pengetahuan maka perlu membaca aneka buku pendidikan berbahasa Inggris. Sedangkan jika sekedar ingin mengisi waktu luang, maka bacaan sederhana dan menyenangkan lebih ideal. Oleh sebab itu kenali tujuan kamu dalam membaca buku, jik sudah barulah memilih buku yang sesuai. 

8. Memilih Tempat Membaca yang Tepat 

Supaya lebih mudah konsentrasi dan memahami bacaan berbahasa Inggris yang dipegang. Selain masalah waktu dan jenis buku, kamu juga perlu memilih tempat yang tepat. 

Tempat terbaik untuk membaca buku tentu saja yang tenang, sejuk, dan juga memiliki pencahayaan yang baik. Jadi pilih ruang yang sekiranya paling tenang di rumah, ventilasi udaranya bagus, dan pencahayaannya juga bagus. 

Area ini dijamin akan memberi rasa nyaman saat membaca, sehingga menemukan kata asing yang belum dipahami tidak akan membuat kesabaran menipis. Namun menikmatinya, dan juga mencari arti katanya sampai ketemu dengan tenang. 

9. Menggunakan Jari dan Pena sebagai Pemandu 

Saat membaca suatu buku berbahasa Inggris kamu sering kehilangan konsentrasi, maka gunakan jari atau ena sebagai pemandu. Jadi, gerakan mata kamu akan mengikuti gerakan dari ujung pena dan jari tersebut. 

Cara ini terbukti efektif mengembalikan konsentrasi saat membaca buku yang sulit dan tebal. Sehingga cocok juga untuk buku berbahasa Inggris, yang tentu tidak mudah dipahami sebagaimana buku dengan Bahasa Indonesia. 

10. Istirahat Jika Lelah Membaca 

Membaca novel atau jenis buku lain dalam Bahasa Inggris dijamin menguras energi lebih. Apalagi jika selama ini perlu bersusah-payah saat menerjemahkan sejumlah kata yang belum diketahui. 

Jika memang merasa lelah, maka aktivitas membaca buku asing tersebut bisa dihentikan sejenak. Ambil istirahat dengan berbaring, minum air putih, menonton televisi, dan sebagainya. Jika lelah sudah hilang maka aktivitas membaca bisa dilanjutkan. 

Aktivitas membaca berbagai buku dan novel berbahasa Inggris memang akan terasa seru dan menyenangkan. Sekaligus memberi manfaat yang berlimpah, selain menyenangkan diri dengan hobi membaca tersebut 

Hanya saja, jika masih pemula tentu akan mudah kehilangan konsentrasi dan minat karena susah memahami isi buku tersebut. Oleh sebab itu, lakukan beberapa tips membaca buku berbahasa Inggris di atas agar menikmati prosesnya dengan baik. 

Baca artikel lain tentang membaca dan bahasa inggris berikut ini :

  1. Ternyata, Membaca Dan Bahasa Inggris Jadi Kendala Utama Dosen Dan Mahasiswa Di Indonesia
  2. Dosen FKIP UMK Undang Siswa Dan Guru SD Untuk Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan
  3. Persiapan Serdos 2020, Lembaga Bahasa UBSI Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Dosen

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322