fbpx

Tips Mengajar Daring dari Dosen di Unrika

Tips Mengajar Daring
(Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T berada di sebelah kanan)

Tips mengajar daring dari dosen di unrika – Dosen dan guru di masa pandemi memang menghadapi tantangan besar, yakni berbagai tantangan selama mengajar daring (dalam jaringan). Sehingga setiap tenaga pendidik pun perlu menyiasati tantangan tersebut, agar proses belajar dan mengajar secara daring tetap lancar. 

Memahami berbagai tantangan mengajar daring, Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T yang merupakan salah satu dosen di Universitas Riau Kepulauan mencoba berbagi tips. 

Baca juga : Meraih Keberkahan Hidup Dunia Akhirat Dengan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Berkenalan dengan Sosok Suryo Hartanto 

Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T diketahui merupakan salah satu dosen di universitas tertua dan terbaik di Batam, Kepulauan Riau. Yakni di Universitas Riau Kepulauan yang mengambil bidang ilmu Pendidikan Teknik dan Kejuruan (Pendidikan Vokasi). 

Beliau pertama kali menjadi dosen di universitas ini pada 14 Oktober 2010, dan memberikannya pengalaman mengajar selama satu dekade lebih. Jauh sebelum menjadi dosen, dosen yang akrab disapa Suryo ini pernah bekerja di industri manufakturing. 

Selain itu di tahun yang sama ketika menjadi dosen, yakni di tahun 2010 dirinya juga aktif mengajar di SMK Al-Azhar Batam. Berusaha untuk fokus menekuni profesi dosen maka dirinya melepaskan status guru di SMK tersebut di tahun 2013. 

Dr. Suryo selama menjadi dosen telah melakukan sejumlah penelitian, salah satunya penelitian tentang pendidikan vokasi baik di pendidikan tinggi atau menengah. Penelitian ini sendiri didanai oleh Kemendikbud, setelah mendapatkan hibah multi tahun di 2018-2020, 2019-2021. 

Prestasinya sebagai dosen pun tidak perlu diragukan, dirinya pernah menerima Dosen Berprestasi tingkat FKIP Unrika 2020 dan juga Dosen Berprestasi tingkat LLDikti Wilayah X  di tahun 2009. 

Tips Mengajar Mahasiswa Selama Pandemi 

Aktif mengajar selama satu dekade lebih dan meraih banyak prestasi, dirinya kemudian berbagi tips untuk menghadapi kelas daring yang penuh tantangan. Dr. Suryo menyampaikan bahwa dirinya selalu mencoba membangun interaksi sesering mungkin selama di kelas daring. 

Selain itu, dirinya juga menghubungi mahasiswa diluar jam kelas selayaknya teman sejawat untuk berbagi pandangan terkait kelas daring. Sehingga dirinya bisa langsung tahu dan mengambil upaya manakala mahasiswanya ada yang menghadapi kesulitan. 

Dirinya juga terus berupaya untuk mengajar dengan banyak cara, penugasan kelompok, melakukan pertemuan daring, dan sebagainya. Saat ini universitas tempatnya mengajar menerapkan metode full daring. Harapan Dr. Suryo adalah tidak full daring terus, perlu dikombinasikan dengan metode tatap muka agar lebih mematangkan pemahaman mahasiswa. 

Aktif Menulis Buku 

Selain disibukan dengan kegiatan mengajar sebagai dosen, Dr. Suryo juga aktif menulis buku. Diakuinya sampai saat ini sudah ada 5 judul buku yang diterbitkan dan dibantu oleh Deepublish. 

Pemilihan Deepublish sendiri menurut beliau karena disinilah dirinya bisa mendapatkan layanan yang cepat, mudah, murah, dan dibantu untuk pemasaran. Apalagi Deepublish menggunakan berbagai jenis media pemasaran yang membantu meningkatkan jumlah pembaca. 

Sebagai dosen dengan tujuan hidup meraih keberkahan dunia dan akhirat dengan berbagi ilmu bermanfaat. Deepublish sudah membantu dirinya meraih tujuan tersebut, dimana ilmu yang dikuasai olehnya dan dituangkan ke dalam buku. Sudah diterbitkan dan dibaca lebih banyak orang. 

Dirinya juga menyampaikan saran kepada tim Deepublish untuk mempercepat proses editing dan juga proofreading. Selain itu, menurutnya layanan di Deepublish sudah sangat memuaskan dan membantu para dosen untuk mempublikasikan buku yang sudah ditulisnya. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Narasumber : Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T
Editor : Wahyudha Wibisono

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322