fbpx

Alasan Perlu Menulis dan Menerbitkan Buku di Penerbit Buku Dosen Terbaik

Alasan Perlu Menulis dan Menerbitkan Buku di Penerbit Buku Dosen Terbaik
sumber gambar : shutterstock.com

Menulis dan Menerbitkan Buku di Penerbit Terbaik – Pemilik profesi dosen tentunya memiliki segudang kesibukan, selain mengajar juga menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya. Salah satunya adalah aktif dalam menulis, baik itu buku ajar, jurnal, maupun karya ilmiah jenis lainnya. 

Setiap karya tulis yang dibuat sebaiknya segera diteruskan kepada penerbit buku dosen agar bisa terpublikasi dengan baik sekaligus sesuai aturan. Menerbitkan atau mempublikasikan buku yang ditulis memberi sejumlah manfaat dan keuntungan bagi dosen yang bersangkutan. 

Baca juga : Manfaat Besar Dari Program Riset Kolaborasi Dosen

Kenapa Dosen Perlu Menulis Buku? 

Menerbitkan buku yang disusun kepada penerbit buku dosen berkualitas memiliki banyak arti penting bagi seorang dosen. Sebab dengan aktif menulis buku, selain mampu menerapkan isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Juga bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari kegiatan tersebut, diantaranya adalah: 

Media Mentransfer Ilmu 

Produktivitas seorang dosen dalam menulis buku atau karya ilmiah akan membantu dosen tersebut membagikan ilmu yang dimiliki kepada lebih banyak orang. Setiap buku yang ditulis merupakan hasil buah pikiran yang tentu bermanfaat untuk banyak orang. 

Menerbitkan karya tulis dosen melalui penerbit buku dosen terpercaya membantu mentransfer ilmu yang dimiliki secara lebih luas. Bisa sampai kepada masyarakat di seluruh Indonesia, sehingga ilmu tersebut lebih bermanfaat. 

Mengasah Kemampuan Menulis 

Dosen di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Penyusunannya diperlukan keahlian agar bisa menghasilkan tulisan yang sesuai kaidah yang berlaku. 

Menulis buku ajar dan jurnal secara aktif akan mengasah keterampilan dalam menulis karya ilmiah lainnya. Sehingga bisa menjadi media latihan, agar bisa menulis dengan baik yang tentunya mudah dipahami pembacanya. 

Sekaligus yang terpenting adalah mengasah keterampilan menulis tanpa unsur plagiat. Sebab plagiarisme termasuk ke dalam tindak kejahatan, yang tentu perlu dihindari oleh para dosen khususnya yang sudah memegang jabatan akademik tinggi seperti Guru Besar. 

Memiliki Jenjang Kepangkatan Akademik 

Produktivitas dalam menulis karya ilmiah atau buku juga akan menjadi jembatan untuk memegang jabatan akademik. Tidak hanya stagnan namun terus merangkak naik, sebab untuk bisa naik jabatan perlu menunjukkan kontribusi kepada dunia pendidikan. 

Aktif menulis menjadi salah satu bukti tersebut, oleh sebab itu pastikan sudah menerbitkan sejumlah judul buku. Supaya lebih berkualitas pilih penerbit buku dosen yang profesional dan juga berpengalaman. 

Memperoleh Tunjangan 

Manfaat berikutnya adalah terkait keuntungan pribadi bagi dosen yang bersangkutan, yakni memperoleh tunjangan. Lebih tepatnya honor menulis dan juga honor royalti, yang tentu menjadi jenis tunjangan yang hanya didapatkan oleh dosen yang aktif menulis dan menerbitkan karya ilmiah atau buku. 

Tunjangan ini bahkan bisa bertahan sampai pensiun, khususnya untuk royalti. Sebab jika cetakan buku terus berjalan dan masih laku sampai tahun ke sekian setelah ditulis dan diterbitkan. Maka royalti ini akan terus mengalir, dan bisa menjadi passive income bagi dosen tersebut. 

Rekomendasi dari kami jika anda mencari penerbit buku terbaik untuk dosen : https://penerbitbukudeepublish.com/

Kiat Memilih Penerbit Buku Dosen 

Aktif menulis dan menggunakan jasa penerbit buku dosen untuk menerbitkan karya tulis yang disusun. Memang menjadi sebuah kegiatan wajib bagi seorang dosen, khususnya yang memang ingin menjadi dosen produktif. 

Supaya proses publikasi buku yang ditulis tidak mengalami kendala apapun, maka penting sekali untuk memilih penerbit terbaik. Berikut kiat-kiatnya: 

1. Memilih yang Berpengalaman 

Kiat pertama dalam memilih penerbit buku dosen adalah mencari yang berpengalaman. Tidak hanya sudah berkecimpung di dunia penerbitan saja, melainkan sudah cukup sering melayani penerbitan buku ajar dan karya tulis dosen jenis lainnya. 

2. Memperhatikan Hasil Terbitannya 

Sebelum menjalin kerjasama, penting sekali untuk memperhatikan kualitas hasil terbitan dari penerbit tersebut. Perhatikan kualitas kertas, desain sampul, desain halaman buku, kinerja editor, dan lain sebagainya. 

3. Mempertimbangkan Alur Penerbitan

Alur penerbitan juga perlu diperhatikan agar tidak kecewa dengan kinerja dari tim penerbit buku dosen yang dipilih. Jika mendesak pilih yang alurnya cepat atau pendek, namun dengan kualitas terjaga. 

4. Mempelajari Perjanjian Kerjasama dengan Penerbit 

Biasanya sebelum menerbitkan buku, para dosen akan menandatangani surat perjanjian dengan pihak penerbit. Baca baik-baik isi perjanjian tersebut untuk menghindari poin kerjasama yang timpang dan merugikan.

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://eventbandung.id/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322