NIDK: Cara Memeriksa Registrasi Pendidik di Perguruan Tinggi

nidk

NIDK | Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan peraturan menteri nomor 2 tahun 2016. Permen tersebut berisi perubahan atas peraturan nomor 26 tahun 2015 tentang registrasi pendidik pada perguruan tinggi. Adanya identitas pendidik baik dosen, instruktur atau tutor di perguruan tinggi ini diperlukan untuk lebih memudahkan dalam kegiatan pembinaan.

Identitas dosen yang berupa NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus) atau  NUP (Nomor urut Pendidik)  diberikan kepada dosen yang sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Untuk memperoleh Nomor Identitas dosen ada kualifikasi yang harus dipenuhi. Sesuai dengan permenristekdikti nomor 2 tahun 2016, Kualifikasi dan Komposisi Dosen NIDN dan NIDK adalah sebagai berikut.

  1. Lulusan program magister/ magister terapan untuk mengajar di Program diploma dan sarjana/ sarjana terapan.
  2. Lulusan program doctor/ doctor terapan untuk mengajar di program magister/ magister terapan dan program doctor/ doctor terapan.
  3. Lulusan program profesi atau magister/ magister terapan dengan pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun untuk mengajar di program profesi.
  4. Lulusan program subspesialis atau program doctor/ doctor terapan dengan pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun untuk mengajar di program spesialis/ subspesialis.

Persaratan untuk memperoleh NIDN

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Surat keputusan pengangkatan sebagai Dosen
  3. Surat perjanjian kerja sebagai dosen penuh waktu
  4. Ijazah minimum program magister untuk mengajar di program diploma atau program sarjana/ sarjana terapan,, ijazah program doctor untuk mengajar di program magister/ magister terapan dan program doctor/ doctor terapan. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri dibuktikan dengan keputusan penyetaraan yang diterbitkan oleh Dikti.
  5. Surat keterangan dari pemimpin perguruan tinggi yang menyatakan bahwa dosen tersebut aktif melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit minimum tipe C
  7. Surat keterangan bebas narkotika dari rumah sakit
  8. Surat pernyataan dari pemimpin perguruan tinggi yang menyatakan bahwa informasi yang ada dalam dokumen yang diusulkan adalah benar
  9. Pas photo ukuran 4 x 6.

Persyaratan untuk memperoleh NIDK

  1. Kartu identitas
  2. Keputusan pengangkatan sebagai dosen yang diangkat pemimpin perguruan tinggi atau ketua yayasan berdasarkan perjanjian kerja
  3. Surat perjanjian kerja sebagai dosen yang ditandatangani oleh dosen dan pemimpin perguruan tinggi dan bermaterai cukup
  4. Ijazah minimum program magister untuk mengajar di program diploma atau program sarjana/ sarjana terapan,, ijazah program doctor untuk mengajar di program magister/ magister terapan dan program doktor/ doktor terapan. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri dibuktikan dengan keputusan penyetaraan yang diterbitkan oleh Dikti.
  5. Sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit minimum tipe C
  6. Surat keterangan bebas narkotika dari rumah sakit
  7. Surat ijin dari pimpinan instansi induknya (Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Staf TNI, Kepala Polri, Kepala Daerah, Direktur Utama) atau yang diberikan kewenangan oleh pimpinan tersebut, jika yang bersangkutan masih sebagai pegawai atau karyawan aktif.
  8. Surat keterangan mengajar dan jadwal mengajar dari pemimpin perguruan tinggi paling sedikit 4 sks dalam 1 semester per tahun.
  9. Surat pernyataan dari pemimpin perguruan tinggi yang menyatakan bahwa informasi yang ada dalam dokumen yang diusulkan adalah benar
  10. Pas photo ukuran 4 x 6
  11. Bagi dosen berkewarganegaraan asing melampirkan (a) Izin kerja di Indonesia dari pemerintah Indonesia, (b) surat keterangan jabatan akademik paling rendah associate professor dari instansi yang berwenang di negara asal, dan (c) bukti 3 publikasi internasional dalam jurnal internasional bereputasi.

Cara Memeriksa NIDK

Untuk memeriksa status dosen, NIDN, dan NIDK anda bisa mengunjungi laman PDDIKTI di http://forlap.dikti.go.id/ .

 

Sumber :

http://forlap.dikti.go.id/files/download/MTU~

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *