fbpx

Pak Sudirman: Ide dan Kreativitas Harus Dituangkan dalam Tulisan

Pak Sudirman Ide dan Kreativitas Harus Dituangkan dalam Tulisan
Foto : Dr. Sudirman Syam, ST, MT

Bagi Anda yang sedang menekuni profesi dosen, maka penting sekali untuk rajin mencari sumber inspirasi. Yakni dengan mengenal lebih banyak profil dosen produktif agar bisa mengikuti jejak mereka. Salah satu sosok dosen yang menginspirasi adalah Sudirman Syam yang merupakan salah satu dosen di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berikut profil lengkapnya. 

Baca juga : Tips Mengajar Daring Dari Dosen Di Unrika

Mengenal Sosok Sudirman Syam 

Sudirman Syam memiliki nama lengkap Dr. Sudirman Syam, ST, MT dan saat ini tercatat sebagai dosen untuk bidang ilmu Teknik Elektro. Yakni di Undana Kupang, dan mulai aktif menjadi dosen sejak tahun 1999. 

Dosen yang disapa dengan nama Pak Dirman ini terlahir dari seorang ayah yang berprofesi sebagai guru. Mungkin karena terbiasa dididik langsung oleh seorang guru keinginannya untuk menjadi tenaga pengajar cukup tinggi. 

Sehingga setelah lulus kuliah dirinya merasa tertarik untuk menjadi seorang dosen. Ditambah lagi dirinya juga merasa profesi dosen adalah profesi yang sangat mulia. Sebab bisa berbagi ilmu dengan mahasiswa yang bermanfaat untuk mahasiswa tersebut dan masyarakat luas. 

Pada tahun 1999 Undana Kupang membuka rekrutmen untuk dosen baru di Fakultas Sains dan Teknik Elektro untuk dosen Teknik Elektro. Mengingat Pak Dirman sendiri merupakan lulusan dari bidang ilmu tersebut maka dirinya mencoba mengirimkan aplikasi lamaran. 

Setelah menjalani serangkaian tes baik tertulis maupun wawancara, akhirnya dirinya dinyatakan diterima. Sejak tahun 1999 sampai sekarang dirinya tercatat sebagai dosen Undana dan sedang dalam proses mencapai target menjadi Guru Besar atau profesor di kampus tersebut. 

Dosen Merupakan Profesi Mulia 

Terlahir dari keluarga yang memiliki background di dunia pendidikan membuat semangat Pak Dirman untuk mengajar sangat tinggi. Selain itu di mata beliau menjadi dosen adalah merupakan usaha untuk menekuni profesi yang mulia. 

Sebab profesi ini akan membagikan ilmu bermanfaat kepada banyak mahasiswa setiap tahunnya. Mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus yang akan mengamalkan ilmu yang sudah ditransfer tadi ke berbagai bidang. 

Selain itu, dengan mengamalkan isi Tri Dharma Perguruan Tinggi seorang dosen memiliki banyak tugas mulia. Tidak hanya memberikan ilmu bermanfaat kepada mahasiswa, namun juga aktif melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sekaligus mencari solusi suatu permasalahan. 

Ditambah dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dan kegiatan sosial lain. Supaya ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki seorang dosen bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah di tengah masyarakat. 

Dirinya pun aktif menulis buku, sebab memiliki motto bahwa ide dan kreativitas harus dituangkan di dalam tulisan dan tidak hanya disimpan di dalam otak. Tahun 2020 dirinya sudah berhasil menulis dan menerbitkan 3 judul buku, target di tahun 2021 mendatang dirinya mampu menulis 2 judul buku. 

Alasan Memilih Penerbit Deepublish 

Bisa terus produktif menulis dan menerbitkan buku merupakan harapan sekaligus target Pak Dirman untuk jangka panjang. Sebab beliau percaya bahwa setiap ide dan kreativitas yang dituangkan di dalam tulisan akan lebih bermanfaat secara luas, karena bisa dibaca khalayak banyak. 

Proses penerbitan buku yang ditulisnya dilakukan di Deepublish yang menyediakan layanan profesional dan memberikan diskon sekaligus royalti. Sehingga membantu para dosen untuk menerbitkan buku pendidikan yang menyasar mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum lewat layanannya yang cepat dan profesional. 

Pak Dirman berharap Deepublish mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Sekaligus memberikan informasi kepada para dosen mengenai detail biaya, agar bisa membantu mereka menyiapkan anggaran yang sesuai sejak awal.

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Narasumber : Dr. Sudirman Syam, ST, MT
Editor : Wahyudha Wibisono

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja