fbpx

[UPDATE] Daftar Pelatihan Pekerti-AA 2023

[UPDATE] Info Pelatihan Pekerti-AA 2023

Bagi dosen yang hendak mengikuti sertifikasi dosen alias serdos, tentu wajib update info pelatihan Pekerti-AA 2023. Sebab kedua jenis pelatihan ini sifatnya wajib dan menjadi syarat mutlak untuk bisa mengikuti proses sertifikasi dosen. 

Mengikuti keduanya tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, sebab dari pihak Kemdikbud sendiri sudah menetapkan sejumlah kriteria. Selain itu juga sudah diumumkan pihak mana saja yang layak menjadi penyelenggara. Berikut informasi lengkapnya. 

Pelatihan Pekerti-AA

Update info pelatihan Pekerti-AA 2023 memang penting, akan tetapi memahami keduanya dengan baik juga tidak kalah penting. Pekerti maupun AA merupakan sebuah program pelatihan dari pemerintah melalui Kemdikbud yang ditujukan untuk dosen di Indonesia. 

Pekerti memiliki kepanjangan Pelatihan Teknik Instruksional, yaitu program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen secara profesional dalam menjalankan jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis dan pengajaran.

Harapannya, dosen yang mengikuti Pekerti bisa menjadi dosen profesional saat menjalankan tugasnya. Sesuai dengan hak dan kewajiban di dalam jabatan fungsional maupun melaksanakan aktivitas tri dharma. 

Sementara pelatihan AA (Applied Approach) merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

Bagi dosen yang ingin mencari info pelatihan Pekerti-AA 2023 maka bisa mendahulukan pelatihan AA. Kenapa? Sebab pelatihan ini memfokuskan pada peningkatan kompetensi pedagogik dan merupakan kompetensi dasar yang wajib dikuasai dosen. 

Baru kemudian bisa mengikuti Pekerti yang merupakan pelatihan lanjutan. Pekerti bisa membantu dosen memahami arti penting mengembangkan karir akademik lewat jabatan fungsional. Sekaligus bisa berkomitmen melaksanakan aktivitas tri dharma selama masa pengabdian. 

Pentingnya Pelatihan Pekerti-AA 

Update info pelatihan Pekerti-AA 2023 dan juga mengikutinya secara langsung tentu menjadi hal penting bagi dosen. Program pelatihan ini sendiri diselenggarakan pemerintah dengan tujuan mengembangkan kompetensi dosen. 

Apalagi dengan adanya kebijakan baru bertajuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dosen diharapkan punya kompetensi yang cukup untuk bisa melaksanakan kebijakan baru tersebut di perguruan tinggi. 

Keikutsertaan dosen dalam dua pelatihan ini akan membantu dosen melaksanakan aktivitas tri dharma dengan lebih baik. Sehingga bisa menjadi pendidik dan pengajar yang mumpuni untuk bisa mencetak generasi penerus bangsa berkualitas. 

Oleh sebab itu, bagi dosen yang memang belum mengikuti salah satu maupun keduanya. Silahkan segera mempersiapkan diri, sebab bagaimanapun juga sifatnya wajib apalagi bagi dosen yang belum bersertifikasi. 

Baca Juga :

Pelatihan Pekerti-AA: Apa Pentingnya untuk Dosen?

Promo HUT 13 Deepublish

Pengumuman Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pelatihan Instruktur PEKERTI dan AA 2022

Kenaikan Jabatan Fungsional Pertama ke Asisten Ahli

Informasi Terbaru Pelatihan Pekerti-AA 2023 

Pekerti maupun AA menjadi dua jenis program pelatihan yang sangat penting untuk diikuti oleh seluruh dosen di Indonesia, baik yang mengabdi di PTN maupun PTS. Program pelatihan ini sendiri berjalan sejak beberapa tahun lalu. 

Pada tahun 2021, sertifikat Pekerti maupun AA menjadi syarat administrasi bagi dosen muda untuk bisa mengikuti sertifikasi dosen. Hal ini menunjukan arti penting pelatihan ini untuk diikuti dan dipahami sekaligus diterapkan dosen ketika mengabdi. 

Info pelatihan Pekerti-AA 2023 tentu menjadi sesuatu yang banyak dicari oleh dosen, khususnya dosen muda. Maupun oleh dosen yang memang belum mengikuti pelatihan tersebut. 

Kedua jenis pelatihan ini diselenggarakan oleh instansi berbeda di waktu berbeda juga. Jadwal penyelenggaraan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi yang sudah ditetapkan menjadi penyelenggara resmi oleh Kemdikbud. 

Penyelenggaraan Pekerti maupun AA di sejumlah instansi pendidikan atau perguruan tinggi, di tahun 2023 mayoritas digelar secara online. Hal ini memungkinkan para dosen di daerah dan wilayah manapun untuk bisa ikut pelatihan tanpa perlu datang ke lokasi penyelenggara. 

Selain itu, bisa menjadi solusi tetap bisa ikut pelatihan tanpa khawatir mengalami resiko terpapar Covid-19 yang saat ini kasus positifnya masih ada. Jadi, para dosen di PTN dan PTS lebih leluasa memilih tempat penyelenggara. 

Daftar Penyelenggara

Sebagaimana yang dijelaskan di awal, mengikuti pelatihan Pekerti maupun AA tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Pada tahun 2021 lalu, ada 57 perguruan tinggi di tanah air yang dipercaya menjadi penyelenggara resmi. 

Tahun 2023, kemudian ada tambahan beberapa perguruan tinggi lagi yang mayoritas mengadakan pelatihan secara daring. Jika mencari info pelatihan Pekerti-AA 2023 maka akan mendapati beberapa perguruan tinggi berikut informasi pelatihan Pekerti-AA tahun 2023 (edisi Bulan Januari-Februari) ini : 

1. Universitas Airlangga (Unair)

Penyelenggara pertama dari Pekerti-AA di tahun 2023 adalah Universitas Airlangga (Unair). Unair resmi membuka pendaftaran Pekerti Batch 10 yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Jadwal pelaksanaan direncanakan dimulai pada 27 Februari 2023 sampai 3 Maret 2023 mendatang. Pendaftaran dilakukan online melalui laman  https://diklat.ditipp.ac.id. Info lebih lanjut bisa menghubungi kontak  081333199904 atau ke 082123852541. 

Pelatihan Pekerti-AA 2023 di Unair

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS diketahui juga menjadi penyelenggara Pekerti dan di tahun 2023 sudah masuk Gelombang 19. Pelatihan rencananya diselenggarakan pada 6-16 Maret 2023 mendatang secara daring. 

Biaya pendaftaran Rp 2.000.000 per peserta, dengan tatap muka sebanyak 64 jam dan tugas mandiri selama 20 jam. Info lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain sebagainya bisa menghubungi Dr. Laili Etika Rahmawati (+6282241511300). 

Pelatihan Pekerti-AA 2023 di UMS

3. Universitas Hasanudin (Unhas) 

Berikutnya adalah Universitas Hasanudin atau Unhas yang diketahui menyelenggarakan Pekerti di tahun 2023. Tahun ini, Pekerti yang digelar dijadwalkan akan dilakukan dari 30 Januari – 4 Februari 2023 mendatang. 

Pendaftaran sudah dibuka dari 14 Desember 2022 lalu dan rencananya akan ditutup pada 26 Januari 2023 mendatang.  Pelatihan ini sendiri dari pihak Unhas minimal untuk 25 peserta, dan jadwal bisa diubah jika jumlah peserta belum memenuhi. 

Info lebih lanjut mengenai Pekerti yang diselenggarakan, pendaftaran, besaran biaya, dan lain sebagainya bisa menghubungi Widya Asnita (085256155955) dan Muhammad Ahmad (081343567318). 

4. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Terakhir ada Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diketahui menyelenggarakan Pekerti maupun AA di tahun 2023. Pelatihan ini dilakukan selama 14 hari dengan biaya sekitar Rp 1.500.000 per peserta. 

Registrasi atau pendaftaran pelatihan dilakukan secara online, yakni di laman Pendaftaran Pakerti-AA di UNM.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0813-4257-3538 (a.n. Prof. Dr. Sudding, MS) Pusat Pekerti, Applied Approach, Continuing Education dan Lesson Study. Bisa juga mengunjungi laman LP2MP UNM.

Bagi para dosen yang belum mengikuti program pelatihan wajib tersebut, maka bisa mendaftar di salah satu kampus yang menjadi penyelenggara sesuai penjelasan di atas. Silahkan update info pelatihan Pekerti-AA 2023 di kampus pilihan agar bisa ikut sesuai jadwal. 

Artikel Terkait :

7 Tips Persiapan Kenaikan Jabatan Fungsional bagi Dosen Pemula

Kenaikan Jabatan Fungsional Pertama ke Lektor, Simak Syarat-Syaratnya!

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja