fbpx

Kelebihan Pembelajaran Daring di Masa Seperti Sekarang

Kelebihan Pembelajaran Daring di Masa Seperti Sekarang

Kegiatan pembelajaran daring tentu menjadi sangat familiar di masa sekarang, sebab sudah diterapkan sejak pandemi merebak. Penerapan dari pembelajaran secara online ini menyentuh seluruh tingkat pendidikan di Indonesia dan bahkan dunia. 

Mulai dari anak SD sampai dengan mahasiswa demi keselamatan terhadap Covid-19 mengikuti pembelajaran online tersebut. Meskipun selama perjalanan penerapannya ada banyak sekali keluhan dan komplain. 

Perlu diakui bahwa pembelajaran daring atau online ini memiliki sejumlah kelebihan yang tentu sangat tepat diterapkan di tengah pandemi seperti sekarang. Apa saja kelebihan tersebut? 

Baca juga : Kiat Mendapatkan Informasi Lowongan Dosen Terpercaya

Berbagai Kelebihan Pembelajaran Daring 

Penerapan pembelajaran online di lingkungan sekolah dan universitas memiliki sejumlah kelebihan menarik berikut ini: 

1. Meningkatkan Keselamatan dan Keamanan 

Pandemi Covid-19 bukanlah sebuah wabah biasa, sebab tidak membutuhkan waktu tahunan untuk meluas hingga melintasi benua dan terjadi di seluruh dunia. Jumlah korban yang berjatuhan tidak hanya satu dua atau seribu dua ribu, melainkan sudah jutaan. 

Penularan dan penyebaran Covid-19 yang sangat cepat memaksa semua orang membatasi interaksi sosial. Sehingga bisa dikatakan bahwa dengan menerapkan pembelajaran daring maka akan memberi peningkatan keamanan dan keselamatan. 

Sebab tidak menuntut pendidik dan peserta didik bertatap muka secara langsung sehingga resiko terjadi penularan sangat kecil bahkan nyaris tidak ada. Hal ini akan membantu menurunkan peningkatan jumlah kasus baru. 

2. Tidak Mengenal Batasan 

Dengan diterapkannya pembelajaran secara daring maka memberikan kemudahan menjalankan pembelajaran tanpa khawatir ada batasan. Sebab setiap dosen dan mahasiswa bisa mengikuti kelas tanpa harus keluar rumah. 

Mahasiswa yang selama ini menjadi anak kost bisa memutuskan untuk pulang selama kampus masih ditutup. Sehingga bisa merasa aman dan nyaman selama kuliah sebab berada di dalam rumah masing-masing. 

Kondisi ini dapat terjadi karena pembelajaran daring bisa dilakukan jarak jauh dan tidak memiliki batasan geografis. Sebab mengandalkan internet yang menjadi penghubung paling canggih dan praktis saat ini. 

3. Biaya Pembelajaran Lebih Efisien

Dilihat dari segi biaya pada dasarnya pembelajaran secara daring lebih efisien, sebab memangkas sejumlah biaya. Misalnya biaya transportasi dari rumah ke kampus, biaya parkir, biaya perawatan infrastruktur, biaya pembelian buku cetak, dan sebagainya. 

Hanya saja memang semua biaya terfokus di kuota internet yang pada dasarnya bisa dihemat. Misalnya dengan mencari paket internet termurah, kemudian dari pihak kampus juga lebih sering memberi materi lewat softcopy yang bisa dibaca, dan tidak harus dalam bentuk video. Sebab kebutuhan kuota untuk streaming dan webinar lewat Zoom cukup tinggi. 

4. Sesuai dengan Perkembangan Teknologi Terkini 

Penerapan dari pembelajaran daring pada dasarnya sudah mulai dilakukan di sejumlah negara. Selain itu jauh sebelum pandemi beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga sudah mulai menerapkannya, meskipun dengan model blended learning

Hal ini menunjukan bahwa dengan pembelajaran secara daring otomatis membuat dunia pendidikan di Indonesia beradaptasi terhadap perkembangan teknologi. Sebab bisa memanfaatkan sejumlah teknologi untuk mengadakan kegiatan perkuliahan secara efektif. Sehingga, pembelajaran dengans sitem ini sesuai untuk masa sekarang. 

5. Lebih Menyenangkan 

Pada dasarnya dengan menerapkan pembelajaran daring secara tepat akan menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Sebab baik dosen maupun mahasiswa bisa memanfaatkan sejumlah media untuk melakukan presentasi. 

Selain itu, semua pihak juga menjadi lebih kreatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menarik. Misalnya dosen berusaha agar terjalin interaksi, sementara mahasiswa lebih kreatif dalam mengerjakan tugas dari dosen. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://www.studilmu.com/

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja