fbpx

Pendaftaran Beasiswa DAAD-SEARCA untuk Tahun Akademik 2022/2023

Pendaftaran Beasiswa DAAD-SEARCA

Pendaftaran Beasiswa DAAD-SEARCA. Siapa yang ingin kuliah S2 atau S3 di luar negeri? Jika ingin mencoba menempuh pendidikan tinggi di negara Jerman. Maka saat ini sedang dibuka pendaftaran Beasiswa DAAD-SEARCA untuk Tahun Akademik 2022/2023. Beasiswa satu ini menjadi salah satu jembatan untuk bisa kuliah pascasarjana di Jerman. 

Jerman diketahui sebagai salah satu negara dengan sejarah panjang di bidang pendidikan dan sudah ada banyak prestasi akademik tingkat dunia ditorehkan disini. Tidak heran jika beasiswa di negara ini tinggi peminat. 

Bak gayung bersambut, masyarakat Indonesia khususnya kalangan akademik (seperti dosen) yang ingin kuliah ke Jerman kemudian punya kesempatan lewat program DAAD-SEARCA. Lalu, apa saja cakupannya dan apa saja persyaratan untuk ikut mendaftar? 

Apa Itu Beasiswa DAAD-SEARCA? 

Program Beasiswa DAAD-SEARCA Tahun Akademik 2022/2023 sama seperti beasiswa di tahun-tahun sebelumnya. Merupakan beasiswa pascasarjana di Jerman yang menjadi hasil kerjasama antara DAAD (German  Academic  Exchange  Service) dan juga SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture). 

Beasiswa ini mencakup jenjang S2 dan juga S3 pada program studi tertentu dan menggaet kerjasama di bidang pendidikan antara negara Jerman dengan negara-negara pilihan di kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satunya, dan beasiswa DAAD-SEARCA sendiri secara rutin dibuka pendaftarannya setiap setahun sekali. 

Beasiswa DAAD-SEARCA sendiri hadir dengan dua bentuk skema, pertama dalam bentuk In Country Scholarship Programmer. Kemudian yang kedua dalam bentuk In Region Scholarship Programme. Sumber pendanaan dari program beasiswa ini diketahui berasal dari Kementerian Federal untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. 

Pada tahun lalu, yakni di tahun akademik 2020/2021 beasiswa dari negara Jerman ini menyediakan total 21 kursi bagi mahasiswa di Indonesia. Tahun ini jumlah kursi atau kuota penerima beasiswa bergengsi dari Jerman ini bertambah. Yakni mencapai 90 kursi. 

Pilihan bidang studi yang bisa diambil cukup beragam, dan tentunya untuk jenjang S2 dan S3. Pilihan bidang studi tersebut antara lain: 

  • Mathematics and Science (M.Sc. and PhD)
  • Biology (M.Sc. and PhD)
  • Engineering (M.Sc. and PhD)
  • Geography (M.Sc. and PhD)
  • Social and Political Sciences (M.Sc. and PhD)
  • Development Communication
  • Agricultural Economics (M.Sc. and PhD)
  • Agro-industry (M.Sc. and PhD)
  • Agriculture (M.Sc. and PhD)
  • Agricultural Technology (M.Sc. and PhD)
  • Statistics (M.Sc. and PhD)
  • Food Science and Technology (M.Sc. and PhD)
  • Forest Products and Paper Science (M.Sc. and PhD)
  • Biological Science (M.Sc. and PhD)
  • Veterinary Medicine (M.Sc. and PhD)
  • Animal Science (M.Sc. and PhD)
  • Economics and Management (M.Sc. and PhD)
  • Fisheries and Marine Science (M.Sc. and PhD)
  • Forestry (M.Sc. and PhD)
  • Management of Natural Resources and Environment (M.Sc. and PhD)
  • Human Ecology (M.Sc. and PhD)

Pendaftaran Beasiswa DAAD-SEARCA untuk Tahun Akademik 2022/2023

Sebagaimana yang disampaikan di awal, program beasiswa dari negara Jerman ini pendaftarannya sudah resmi dibuka. Hal ini sesuai dengan pengumuman yang disampaikan di laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Beasiswa ini ditujukan untuk seluruh pegawai lembaga akademik. 

Seperti dosen, dan diutamakan untuk dosen tetap atau pegawai tetap di perguruan tinggi yang bersangkutan. Adapun persyaratan umum untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa ini adalah: 

  1. DAAD-SEARCA In-Country/In-Region Scholarship Programme AY 2022-2023 terbuka untuk warga negara negara anggota SEAMEO yang merupakan pegawai lembaga akademik atau peneliti atau instansi pemerintah (prioritas diberikan kepada pegawai tetap).
  2. Batas maksimal usia pelamar pada saat mendaftar yaitu 35 tahun untuk program Magister dan 40 tahun untuk program Doktor.
  3. Pendidikan terakhir sudah diselesaikan maksimal 6 tahun lalu pada saat melamar.
  4. Tema penelitian terkait dengan fokus umum SEARCA, yaitu Mempercepat Transformasi Melalui Inovasi Pertanian. Selain itu, topik penelitian prioritas harus termasuk dalam area prioritas:
  1. Model Bisnis Agri untuk Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan; 
  2. Sistem Pertanian Berkelanjutan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam; 
  3. Ketahanan Pangan dan Gizi; 
  4. Kepemimpinan Transformasional untuk Pembangunan Pertanian dan Pedesaan; 
  5. Gender dan Keterlibatan Pemuda dalam Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Peningkatan Pembangunan Pertanian dan Pedesaan menuju Ketahanan Iklim; 
  6. Aplikasi Eco Health/One Health untuk Pembangunan Pertanian dan Pedesaan.

Baca Juga:

Syarat Dosen Pembimbing

Jenjang Jabatan Akademik 

Seberapa Penting Mendapatkan Gelar Doktor?

Apa itu PPPK? Ini Perbedaannya dengan Tahun Sebelumnya

Sedangkan untuk persyaratan administrasi mencakup beberapa dokumen berikut ini: 

  1. Form pendaftaran DAAD-SEARCA, bisa diunduh di laman resminya yaitu di https://www.searca.org/daad-scholarship
  2. Bukti pendaftaran ke universitas tujuan di Jerman. 
  3. Surat rekomendasi dari dosen universitas (satu surat untuk MS; dua surat untuk PhD)
  4. Ijazah dan transkrip akademik dari gelar yang telah diselesaikan (transkrip sarjana untuk pelamar MS dan transkrip sarjana dan magister untuk pelamar PhD)
  5. Surat motivasi (sebutkan penelitian yang direncanakan di Jerman, jika ada)
  6. SK pekerjaan
  7. Deskripsi singkat tentang penelitian yang akan dilakukan pelamar untuk tesis / disertasi. Topik penelitian harus sejalan dengan tujuan rencana lima tahun SEARCA
  8. Copy halaman bio dari paspor
  9. Curriculum vitae bertanda tangan (menggunakan formulir spesimen Eropa di http://europass.cedefop.europa.eu)
  10. Surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan pelamar dalam kondisi sehat fisik dan mental serta layak melakukan studi pascasarjana
  11. Dukungan resmi dari pimpinan kerja
  12. Rencana studi
  13. Hasil TOEFL iBT (80) atau hasil IELTS (6.0)
  14. Bagi kandidat PhD, ajukan juga dokumen tambahan berikut:
  • Deklarasi penerimaan dari supervisor akademik
  • Proposal PhD yang terperinci dan tepat, termasuk rincian pekerjaan dan jadwal waktu (sebutkan penelitian yang direncanakan di Jerman, jika ada)
  • Satu halaman abstrak proposal (harap sertakan nama dan judul proposal)

Bagaimana Skema Pendaftarannya? 

Pendaftaran untuk beasiswa DAAD-SEARCA tidak dilakukan secara online. Para peminat diharapkan datang ke kampus yang sudah masuk dalam daftar konsorsium, detail daftar kampus mana saja bisa dicek di laman https://www.searca.org/daad-scholarship

Jadi, pelamar mendaftarkan diri dulu di SEARCA yakni melalui universitas yang masuk daftar konsorsium yang disebutkan tadi. Setelah sampai di kampus maka tinggal menyesuaikan prosedurnya. Sebab setiap kampus memiliki skema berbeda untuk membantu pelamar melakukan proses pendaftaran. 

Jika sudah mendaftar, maka pelamar kemudian diminta untuk mengirimkan bukti pendaftaran atau mungkin ada dokumen tambahan sesuai ketentuan kampus yang bersangkutan. 

Baru kemudian mendaftar ke tahap kedua, dan pada tahap kedua ini dilakukan secara online. Biasanya para pelamar akan menerima notifikasi lewat email atau perlu rutin mengecek situs resmi penyelenggaraan beasiswa DAAD-SEARCA. Pada tahap kedua inilah, nantinya akan diminta mengirimkan dokumen persyaratan seperti yang disebutkan diatas. 

Bagi dosen yang sudah berstatus sebagai dosen tetap dan memiliki tesis maupun disertasi dengan tema sesuai program beasiswa DAAD-SEARCA. Maka bisa mencoba peruntungan untuk mendapatkan beasiswa pascasarjana ini. Sebab selain mendapatkan dana pendidikan juga mendapatkan biaya hidup selama 1 tahun masa perkuliahan. 

Artikel Terkait:

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja