fbpx

Manfaat Besar Ikut Terlibat Pengabdian Masyarakat Dosen

Manfaat Besar Ikut Terlibat Pengabdian Masyarakat Dosen

Salah satu tugas dosen yang disebutkan di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian masyarakat dosen di sejumlah daerah. Selama kegiatan pengabdian ini berlangsung biasanya dosen yang bersangkutan akan mengajak sejumlah mahasiswa. 

Khusus untuk kalangan mahasiswa jika mendapat tawaran tersebut maka bisa mengikutinya. Sebab manfaat yang didapatkan sangatlah beragam, sebesar manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat itu sendiri. 

Baca juga : Alasan Perlu Memperhatikan Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Manfaat Ikut Program Pengabdian Masyarakat Dosen 

Ikut bergabung di dalam kepanitian atau peserta program pengabdian masyarakat dosen memberikan sejumlah manfaat berikut ini: 

1. Mengasah Kemampuan Komunikasi 

Bentuk program pengabdian kepada masyarakat bisa sangat beragam, bisa dalam bentuk pelatihan langsung. Bisa pula dalam bentuk pemberian motivasi dan solusi untuk kemudian dipraktekkan. 

Menyampaikan tujuan dari program tersebut tentu dilakukan secara langsung di hadapan masyarakat di daerah target. Proses ini akan mengasah softskill kamu selaku mahasiswa. 

Yakni mengasah keterampilan dalam berkomunikasi atau public speaking. Semakin sering terlibat di dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen maka semakin mengasah keterampilan satu ini, dan manfaatnya sangat besar untuk masa depan. 

2. Memberi Manfaat Langsung kepada Masyarakat 

Jika selama kuliah ini menebar hal positif di tengah masyarakat maka ikut terlibat dalam program pengabdian masyarakat adalah langkah tepat. Sebab di dalam program tersebut kamu akan menyampaikan solusi terhadap masalah yang umum dihadapi masyarakat. 

Misalnya dengan adanya pandemi bisa menurunkan kondisi perekonomian, maka bisa memberi penyuluhan terkait pendirian usaha berbasis digital. Solusi ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat tersebut. 

Entah bermanfaat secara langsung maupun tidak langsung dan juga sekecil apapun manfaat tersebut. Dipastikan kamu sudah menebar kebaikan dan hal positif secara langsung kepada mereka. 

3. Memperluas Jaringan Relasi 

Saat program pengabdian masyarakat dosen berjalan biasanya akan melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari internal kampus sampai lintas fakultas maupun pihak eksternal, seperti perusahaan tertentu yang memiliki visi dan misi serupa. 

Sehingga saat mengikuti program ini kamu bisa mengenal semua pihak yang terlibat di dalamnya. Selama program berjalan kamu akan saling berinteraksi dan mengenal mereka secara detail. 

Mereka inilah yang akan menjadi relasi di masa mendatang, yang akan memberi banyak manfaat. Baik untuk manfaat dalam kegiatan perkuliahan maupun setelah lulus. 

4. Media untuk Belajar Hal Baru 

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dosen kamu juga bisa mempelajari banyak hal baru. Misalnya mengenai tema yang dijadikan solusi atas permasalahan masyarakat setempat. 

Bisa jadi solusi ini juga baru kamu ketahui dan kenal, sehingga bisa menambah pengetahuan. Selain itu bisa mengenal banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat secara langsung, dan akan muncul usaha untuk memberi solusi terbaik. 

Sehingga bisa dipastikan melalui program ini kamu bisa belajar banyak hal baru. Semakin banyak pula keterampilan yang bisa diasah, sehingga sangat bermanfaat. 

5. Menjadi Pribadi yang Sabar dan Simpati

Sebelum ikut terlibat di dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen bisa jadi kamu buta terhadap segala hal yang terjadi di masyarakat. Misalnya mengenai kesulitan ekonomi yang dihadapi karena selama ini selalu bisa mengandalkan pemberian orang tua. 

Mengenal lebih dekat permasalahan tersebut bisa membentuk kamu menjadi pribadi yang sabar dan simpati. Lebih menghargai hidup dan bersyukur atas apa yang selama ini bisa dimiliki dengan mudah maupun yang diraih dengan perjuangan ekstra. 

Meskipun akan melelahkan dan fokus terbagi antara perkuliahan dan program pengabdian masyarakat dosen tersebut. Namun manfaat besar di baliknya tentu membuat program ini layak untuk diikuti. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://www.anakui.com/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322