fbpx

UNIB Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2018

UNIB Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2018
Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Universitas Bengkulu (UNIB), Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc. sebagai Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB bersama Wakil Ketua PPID UNIB, Alimansyah, SIP, M.PA saat menghadiri undangan Komisi Informasi Pusat dan menerima penghargaan kategori Badan Publik Perguruan Tinggi yang diserahkan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (5/11) lalu. (Sumber: www.unib.ac.id)

Bengkulu – Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Universitas Bengkulu (UNIB), Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc. sebagai Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menghadiri undangan Komisi Informasi Pusat (KIP). Selain itu, Sigit juga mewakili UNIB menerima penghargaan kategori Badan Publik Perguruan Tinggi (BP PTN) ”Cukup Informatif” peringkat ke -7 Nasional Keterbukaan Informasi Publik KIP RI. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (5/11) lalu.

Dilansir dari www.unib.ac.id Wakil Ketua PPID UNIB, Alimansyah, SIP, M.PA yang ikut menghadiri acara penganugerahaan tersebut mengatakan, penghargaan serupa pernah diraih UNIB pada 2016 lalu yang menduduki rangking 6. Tahun ini metodologi dan evaluasi (monev) pemeringkatan dilakukan KIP RI berbeda dari tahun sebelumnya. Jumlah badan publik yang di monev juga bertambah banyak. ”Kita cukup bangga, karena UNIB masih bertahan di 10 besar, yaitu peringkat ke 7 untuk kategori BP PTN “Cukup Informatif”,” ujarnya.

Diketahui, untuk BP PTN, KIP melakukan monev terhadap 134 PTN se Indonesia. Namun hanya 94 PTN atau 7,15% yang mengembalikan kuesioner dan mengikuti berbagai tahapan pemeringkatan. Untuk BP PTN kategori “Cukup Informatif” dengan nilai antara 60 sampai 79,9 diraih 18 PTN termasuk UNIB.

Terhadap kuesioner KIP RI melakukan pemeringkatan dengan indikator, di antaranya pengembangan website yang terkait dengan PPID, pengumuman informasi publik sehingga informasi publik dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Selanjutnya, terhadap BP yang berpartisipasi dengan mengembalikan kuesioner, KIP RI menambahkan penilaian terhadap indikator Pelayanan Informasi Publik dan Penyediaan Informasi Publik yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan Presentasi Badan Publik untuk menilai terhadap komitmen, koordinasi, dan inovasi dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik.

UNIB Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2018

Maksud dan tujuan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yang dilaukan KIP RI yaitu untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik. Selain itu, juga pelaksanaan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Sehingga tujuan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan informasi publik yang berkualitas kepada masyarakat terlaksana dengan baik.

Alimansyah menambahkan, penghargaan kategori “Cukup Informatif” yang diterima UNIB merupakan capaian membanggakan. Penghargaan ini adalah bentuk keseriusan UNIB dalam mengelola informasi secara luas dan terbuka.

”Ke depan, PPID UNIB akan melihat aspek mana saja yang perlu dipertahankan dan yang kurang akan diperbaiki. Agar peringkat UNIB dalam hal Keterbukaan Informasi Publik lebih baik lagi. Selamat untuk UNIB, semoga ke depan lebih baik lagi.,” pungkasnya.

 

Redaksi

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja