fbpx

Surat Pemberitahuan Perpanjangan Pendaftaran Program Anugerah Academic Leaders 2022

Surat Pemberitahuan Perpanjangan Pendaftaran Program Anugerah Academic Leaders 2022

Dosen yang berprestasi dan kemudian memiliki tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi. Memiliki kesempatan untuk menerima penghargaan dalam Program Anugerah Academic Leaders. 

Kabar baiknya, Dikti Ristek mengumumkan mengenai perpanjangan pendaftaran program Anugerah Academic Leaders 2022. Sehingga bagi para dosen yang memenuhi syarat dan belum sempat mendaftar bisa mencoba mendaftar selama masa perpanjangan tersebut. 

Surat Pemberitahuan Perpanjangan pendaftaran Program Anugerah Academic Leaders 2022 

Melalui surat edaran dengan nomor 4304/E4/DV.05.03/2022 tanggal 9 Oktober 2022 yang ditujukan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kemendikbud Ristek dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d. XVI. 

Diumumkan bahwa pendaftaran untuk Program Anugerah Academic Leaders 2022 diperpanjang.. Program yang berjalan di tahun 2022 dibuka untuk dua kategori, yakni untuk dosen yang sekaligus menjadi rektor. Kemudian dosen tanpa tugas tambahan. 

Keduanya kemudian diperpanjang pendaftarannya yang semula maksimal pendaftaran sampai 7 Oktober 2022. Kemudian diperpanjang sampai 16 Oktober 2022 sesuai dengan yang disebutkan di dalam surat edaran tersebut. Berikut detailnya: 

Kategori Semula Menjadi Link Pendaftaran 
Anugerah Rektor Academic Leaders7 Oktober 2022 16 Oktober 2022 https://formulir.kemdikbud.go.id/view.php?id=23914730 
Anugerah Dosen sebagai Academic Leaders7 Oktober 2022 16 Oktober 2022https://kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.id/v2 

Adanya surat pemberitahuan perpanjangan pendaftaran Program Anugerah Academic Leaders 2022 tentu menjadi kabar baik. Sebab dengan perpanjangan ini para dosen yang sudah memenuhi persyaratan masih punya kesempatan untuk mendaftar. 

Sehingga bisa mengikuti proses penilaian sesuai ketentuan dan kemudian punya kesempatan untuk menerima penghargaan tersebut. Jika memang menerima penghargaan maka artinya mendapatkan apresiasi. 

Penghargaan ini sekaligus menjadi bentuk prestasi dosen, sebab yang mengikuti Program Anugerah Academic Leaders tentu banyak. Bisa terpilih sebagai pemenang sudah tentu menjadi dosen terbaik dari yang terbaik. 

Kemudian menjadi motivasi agar terus meningkatkan kinerja di masa mendatang. Supaya bisa menginspirasi dosen lain, khususnya dosen muda agar bisa mengikuti jejak menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga:

Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi

Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi

Skema Pembiayaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Terbaru

Skema Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT)

Skema Penelitian Pascasarjana dan Jenisnya (PPS)

Tentang program Academic Leaders 

Anugerah Academic Leaders adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek untuk memberi apresiasi atas kinerja dan kreativitas para dosen yang mendukung pelaksanan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Program ini sendiri sudah berjalan sejak tahun 2020 dan kemudian sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19. Baru kemudian di tahun 2022 program kembali dijalankan kembali untuk memberi apresiasi kepada para dosen berprestasi. 

Lewat program ini pula, pemerintah bersama Kemendikbud Ristek ingin mencapai sejumlah tujuan. Diantaranya adalah: 

  • Memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU).
  • Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersial, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Setiap dosen kemudian bisa berpartisipasi di dalam program Anugerah Academic Leaders. Sebab program ini terbuka untuk dosen di PTS maupun PTN, sekaligus untuk dosen PNS maupun dosen non PNS. 

Penghargaan kemudian dibagi menjadi beberapa kategori yang membantu menjaring lebih banyak dosen untuk meraih penghargaan. Lewat program ini diharapkan dosen di Indonesia bisa terus mengembangkan diri dan menorehkan lebih banyak prestasi. 

Kategori dan Persyaratan Program 

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, program Anugerah Academic Leaders 2022 dibuka untuk semua kalangan dosen. Supaya lebih banyak dosen berpartisipasi dan memperoleh penghargaan maka dibagi menjadi dua kategori. Yaitu: 

1. Rektor Academic Leaders 

Kategori yang pertama adalah Rektor Academic Leaders. Sesuai dengan namanya, dalam kategori ini ditujukan untuk para dosen dengan tugas tambahan memimpin perguruan tinggi tempatnya mengabdi. Yakni selaku rektor. 

Seluruh rektor di Indonesia kemudian bisa berpartisipasi di dalam program tersebut dan memiliki kesempatan menerima penghargaan. Sehingga menjadi bukti sudah menjadi rektor yang kreatif, inovatif, dan berprestasi. 

Penghargaan yang diterima bisa menjadi motivasi untuk diri sendiri agar lebih semangat berkarya. Sekaligus memotivasi dosen lain untuk melakukan hal serupa sehingga Indonesia memiliki banyak rektor berprestasi yang memajukan pendidikan. 

2. Dosen sebagai Academic Leaders 

Kategori yang kedua adalah Dosen sebagai Academic Leaders sehingga di dalam kategori ini bisa diikuti oleh dosen tanpa tugas tambahan. Dosen yang berprestasi, memenuhi persyaratan, dan tidak sedang memangku jabatan struktural. 

Kemudian bisa berpartisipasi mendaftar di dalam program satu ini. Sehingga Anugerah Academic Leaders tidak hanya ditujukan kepada dosen yang memiliki jabatan struktural tapi juga tanpa jabatan struktural. 

Selain kategori tersebut, program Anugerah Academic Leaders juga dibagi menjadi beberapa kategori sesuai bidang keilmuan yang ditekuni masing-masing dosen. Berikut detailnya: 

  • Bidang ilmu Sain dan Teknologi 
  • Bidang ilmu Sosial Humaniora 
  • Bidang ilmu Seni dan Budaya. 

Lewat pembagian kategori ini, setiap dosen di bidang keilmuan masing-masing bisa berpartisipasi. Sehingga memperbesar kesempatan untuk menerima penghargaan sesuai bidang yang selama ini ditekuni. 

Meskipun bisa diikuti oleh semua dosen di Indonesia, akan tetapi dosen yang mendaftar diwajibkan untuk memenuhi sejumlah persyaratan. Berikut adalah daftar persyaratan yang sudah ditetapkan: 

  • Berasal dari Perguruan Tinggi (Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi) dibawah Kemdikbud Ristek. 
  • Memiliki NIDN/NIDK.
  • Akreditasi institusi minimal B atau Sangat Baik oleh BAN-PT.
  • Pendidikan minimal S3 dengan jabatan akademik minimal Lektor Kepala. 
  • Memiliki rekam jejak menonjol dan membanggakan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, termasuk kontribusi nyata dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. 
  • Memiliki keterlibatan langsung dalam membina dosen muda dan/atau mahasiswa untuk menghasilkan karya inovatif dalam bidangnya. 
  • Karya-karya inovatifnya sering dijadikan rujukan rekan sejawatnya dan/atau diimplementasikan oleh masyarakat, pemerintah dan sektor swasta (industri), serta mendapat pengakuan atau anugerah baik pada tingkat nasional maupun internasional. 
  • Setiap perguruan tinggi negeri hanya mengirimkan satu orang calon peserta untuk masing-masing bidang ilmu yang dibuktikan dengan surat pengantar dari Pimpinan Perguruan Tinggi. 
  • Untuk dosen perguruan tinggi swasta, LLDIKTI diminta mengirim satu orang calon peserta yang terseleksi dari setiap bidang ilmu yang dibuktikan dengan surat pengantar dari LLDIKTI.
  • Belum pernah menerima Anugerah Dosen sebagai Academic Leader untuk kategori yang sama. 

Bagi para dosen yang memenuhi kualifikasi atau persyaratan yang dijelaskan di atas. Maka bisa segera mendaftarkan diri di dalam program Anugerah Academic Leaders. Apalagi proses pendaftarannya diperpanjang. 

Sesuai dengan surat pemberitahuan perpanjangan pendaftaran Program Anugerah Academic Leaders 2022 yang sudah dijelaskan. Pendaftaran ini ditutup pada 16 Oktober 2022 mendatang. Dosen masih ada kesempatan untuk melengkapi dokumen pendaftaran. 

A

rtikel Terkait:

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan Tinggi Vokasi

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2022

8 Ruang Lingkup Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2022

Skema Pembiayaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Terbaru

Ketentuan Umum Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja