fbpx

8 Hal yang Menjadi Persiapan PPPK Dosen, Wajib Dilakukan Jauh-Jauh Hari

persiapan PPPK Dosen

Sebagai dosen honorer atau mungkin lulusan S2 dan S3 yang ingin menjadi dosen, tidak ada salahnya mencoba peruntungan mengikuti seleksi PPPK dosen. Meskipun persaingan sangat ketat, dengan persiapan PPPK dosen yang matang kesempatan lolos bisa lebih besar. 

Persiapan yang baik memang bisa menyempurnakan hasil, oleh sebab itu jangan sampai melewatkan poin satu ini. Sebab seleksi untuk PPPK formasi dosen memang tidak bisa disepelekan. Mengingat banyak kandidat potensial yang berakhir gagal. 

Pentingnya Persiapan Sebelum Ikut PPPK 

Menyusun persiapan PPPK dosen tentu sangat penting bagi para calon dosen yang tertarik untuk mengikuti seleksinya. Sebab PPPK sendiri diketahui diminati oleh banyak orang, dan terutama untuk formasi dosen. Kenapa? 

Sebab, banyak orang tertarik untuk menjadi dosen dan dengan mengawali karir sebagai PPPK dosen maka bisa dikatakan lebih beruntung. Dibanding mengawali karir sebagai dosen honorer dengan gaji yang tidak bisa dikatakan layak. 

Hanya saja, persaingan dalam seleksi PPPK dosen memang luar biasa ketat. Hal ini terjadi karena kuota formasi dengan jumlah pelamar terpaut terlalu jauh. Oleh sebab penting untuk menyusun persiapan PPPK dosen. Alasannya antara lain: 

1. Lebih Paham Proses Seleksi 

Persiapan membantu dosen yang hendak mengikuti seleksi PPPK memahami proses seleksinya seperti apa. Sebab akan muncul keinginan untuk mempelajari apa itu PPPK, syaratnya, dan tahapan tesnya. 

Sehingga bisa memiliki waktu untuk bersiap menghadapinya. Bandingkan dengan mereka yang tidak melakukan persiapan dan cenderung menyepelekan seleksi PPPK. Bisa jadi malah dibuat kaget dan hasil pengerjaannya tidak maksimal. 

Baca Juga:

Jenjang Karir Dosen PNS

Skema Usulan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

Apa itu Inpassing Dosen?

Inpassing Dosen Non PNS

2. Membantu Memiliki Kesiapan Mental 

Harus diakui, ketika mengikuti ujian PPPK di hari H dijamin akan muncul perasaan gugup dan kalut. Apalagi setelah sadar peminatnya banyak dan akan bersaing dengan ribuan orang dengan berbagai latar belakang. 

Namun, dengan persiapan yang matang maka akan membantu membangun kesiapan mental. Setidaknya dari awal sudah tahu persaingannya ketat dan sudah memaksimalkan usaha secara personal. Sehingga tidak lagi gugup dan takut. 

Promo HUT 13 Deepublish

3. Memberi Kemudahan Mengerjakan Soal Ujian 

Dengan persiapan PPPK dosen yang sudah dilakukan maka dijamin akan lebih mudah dalam mengerjakan soal ujian. Alasannya sederhana, karena selama masa persiapan tersebut sudah rutin latihan mengerjakan soal. Sehingga tahu pola dan bagaimana menyelesaikannya. 

4. Sudah Terbiasa dengan Suasana Ujian 

Harus diakui ketika mengerjakan soal-soal seleksi PPPK memang akan mendapati suasana yang sangat khas. Suasana ini menimbulkan ketegangan tersendiri sehingga cukup susah untuk fokus pada soal milik sendiri. 

Mencegahnya, penting untuk melakukan persiapan sejak dini. Supaya bisa rutin mengerjakan soal-soal PPPK baik secara mandiri maupun lewat try out. Sehingga sudah terbiasa dengans ausana ujian dan bisa mengontrol perasaan gugup. 

5. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik 

Arti penting berikutnya dari melakukan persiapan menghadapi PPPK dosen adalah membantu memiliki manajemen waktu yang baik. Yakni manajemen waktu dalam mengerjakan soal ujian PPPK tersebut. 

Kenapa hal ini penting? Pasalnya, para peserta ujian PPPK memiliki waktu terbatas dalam mengerjakan soal. Misalnya ada waktu 60 menit untuk mengerjakan 65 soal, maka perlu manajemen waktu yang baik agar semua soal berhasil dikerjakan dan didapatkan jawaban yang tepat. 

Ragam Persiapan PPPK Dosen 

Setelah memahami arti pentingnya persiapan PPPK dosen, maka usahakan tidak mengabaikan hal satu ini. Sebab persiapan memang bisa menyempurnakan hasil, sehingga sangat penting untuk dilakukan. 

Lalu, apa saja persiapan yang sebaiknya dilakukan dosen dan calon dosen untuk menghadapi seleksi PPPK tersebut? Berikut beberapa diantaranya: 

1. Memahami Apa Itu PPPK Dosen 

Persiapan pertama bagi para dosen atau calon dosen yang hendak mengikuti PPPK adalah mempelajari PPPK itu sendiri. Memahami apa itu PPPK membantu para dosen untuk mempersiapkan diri lebih lanut. 

Sebab bisa dipahami betul apa itu PPPK, syaratnya apa saja, kemungkinan jika lolos seleksi akan bagaimana, fasilitas apa saja, dan lain sebagainya. Sehingga bisa menguatkan keyakinan untuk ikut seleksi dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

Baca Juga:

Syarat Dosen Tetap Yayasan 

Cara Mengetahui NIDN Dosen

Panduan Serdos Dosen DIKTIS 

2. Mempersiapkan Berkas Persyaratan 

Persiapan yang kedua adalah menyiapkan seluruh berkas persyaratan, yang sudah harus siap sebelum melakukan pendaftaran. Biasanya pendaftaran PPPK untuk seluruh formasi diberi jeda waktu beberapa hari. 

Meskipun begitu semakin cepat melakukan pendaftaran semakin baik untuk mengantisipasi kemungkinan situs error dan gagal mendaftar. Jadi, cari tahu dokumen persyaratannya apa saja dan disiapkan jauh-jauh hari. Pada hari H pendaftaran tinggal unggah dan duduk manis menunggu pengumuman. 

3. Mempelajari Tahapan Seleksi PPPK Dosen 

Persiapan PPPK dosen sebaiknya juga mencakup proses mempelajari tahapan seleksinya apa saja. Misalnya tahapan tes nya apa saja dan mengenai apa. Ada banyak sumber bisa dituju untuk mengetahui hal ini sehingga bisa menyiapkan diri menghadapi tahapan ujian tersebut. 

4. Belajar Teori dan Praktek Mengerjakan Soal 

Jangan lupa untuk belajar, sebab soal ujian PPPK untuk formasi dosen biasanya mencakup beberapa jenis soal. Nyaris mirip dengan tes untuk CPNS hanya saja ada tambahan tahap wawancara. Jadi, dosen perlu meluangkan waktu untuk belajar. 

Selain belajar teori, pastikan juga sudah praktek dengan mengerjakan soal atau latihan soal. Tidak ada salahnya berinvestasi membeli buku cetak maupun ebook berisi bank soal tes PPPK dosen, sehingga bisa dijadikan media latihan soal mandiri. 

5. Rajin Ikut Try Out 

Menjelang seleksi PPPK untuk formasi dosen maupun yang lainnya, biasanya akan dijumpai banyak lembaga yang mengadakan try out. Kebanyakan membuka penawaran dari media sosial, ada yang gratis dan ada yang berbayar. 

Silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan kondisi. Try out tepat untuk diikuti karena selain bagian dari latihan soal, juga memberi simulasi untuk menghadapi bentuk soal dan suasana sama persis dengan ujian PPPK. 

6. Bergabung di Grup Diskusi PPPK 

Persiapan PPPK dosen juga bisa diisi dengan bergabung dalam grup diskusi, baik melalui WhatsApp maupun Telegram. Namun bisa juga bergabung dalam forum online untuk berbagai tips dan trik maupun bank soal seleksi PPPK. 

7. Pertimbangkan Ikut Bimbingan Belajar 

Jika memungkinkan dan merasa butuh, ada baiknya mengikuti program bimbingan belajar khusus untuk mengikuti seleksi PPPK Dosen. Lewat bimbingan ini para calon dosen bisa mendapatkan arahan dari mentor terpercaya, sehingga lebih siap ikut ujian dan hasilnya pun maksimal. 

8. Menyiapkan Perlengkapan untuk Ujian 

Persiapan yang terakhir adalah menyiapkan seluruh perlengkapan untuk ikut ujian. Mulai dari print out kartu ujian, alat tulis, sampai pakaian. Sebab biasanya untuk ujian PPPK diwajibkan memakai atasan putih dan bawahan hitam serta sepatu formal. 

Pastikan semua sudah disiapkan, sehingga di hari H tinggal berangkat ke lokasi. Jika ujian dilaksanakan di luar kota, pastikan sudah memesan moda transportasi jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket atau kursi. 

Bagi para dosen yang memang memiliki keinginan menjadi PPPK Dosen, djamin akan melakukan berbagai persiapan di atas. Jadi, jika saingan lain sudah menerapkan persiapan PPPK dosen tersebut maka jangan mau ketinggalan agar kesempatan lolos meningkat. 

Artikel Terkait:

Mengenal 7 Perbedaan CPNS dan PPPK

Apa itu PPPK? Ini Perbedaan dengan Tahun Sebelumnya

Perbedaan Dosen PNS dan PPPK, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja