fbpx

Cara Cek Plagiarisme untuk Jurnal dan Skripsi Secara Online

Cara Cek Plagiarisme untuk Jurnal dan Skripsi Secara Online

Sepertinya sejak dulu hingga sekarang penemuan plagiarisme di dalam karya tulis ilmiah masih saja terjadi. Sehingga para dosen yang memberi tugas kepada mahasiswanya untuk menulis karya ilmiah, penting sekali untuk paham bagaimana mengecek plagiat. 

Mengecek plagiarisme dewasa ini semakin mudah, sebab semakin banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan satu ini. Sebagian besar disajikan secara online yang bisa diakses sesuai kebutuhan. 

Paham bagaimana mengecek plagiat tidak hanya diwajibkan bagi kalangan dosen maupun tenaga pengajar lainnya. Melainkan juga perlu dipahami oleh mahasiswa yang menyusun sebuah karya ilmiah. Berikut detail informasinya. 

Apa Itu Plagiarisme? 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 17 Tahun 2010, definisi atau pengertian dari plagiarisme adalah perbuatan yang secara sengaja maupun tidak disengaja untuk memperoleh kredit dari sebuah karya ilmiah. Baik untuk mengutip sebagian maupun keseluruhan dari karya ilmiah yang disusun oleh pihak lain. 

Ketika mengambil kredit sebagian maupun secara keseluruhan namun tidak mencantumkan kredit, untuk menyebut asal dari kredit tersebut. Maka sudah termasuk ke dalam perbuatan plagiarisme, yang tentunya sangat dilarang dalam dunia kepenulisan. 

Pada dasarnya untuk menghindari plagiat adalah dengan melakukan rewrite dari karya ilmiah berkualitas dan terpercaya dengan bahasa sendiri. Namun jika mengutip sama persis maka bisa mencantumkan kredit atau asal dari kutipan yang diambil tersebut. 

Ada kalanya meskipun sudah menggunakan bahasa sendiri tanpa mengkopi secara utuh dari karya ilmiah lain, plagiarisme masih terdeteksi. Hal ini dapat terjadi karena bisa tanpa sengaja struktur kalimat yang ditulis sama persis dengan karya ilmiah lain yang sudah dipublikasikan. 

Sehingga baik bagi penulis, editor, dan sebagainya yang terlibat di dalam penyusunan karya ilmiah. Harus paham bagaimana mengecek plagiarisme, sehingga bisa memastikan karya ilmiah yang dibuat memang bersih dari unsur plagiat tersebut. 

Apalagi tindakan plagiat masuk ke dalam tindak kejahatan, sebab termasuk ke dalam tindakan pemalsuan dan juga penipuan. Yakni terhadap hak cipta, etika, dan juga moral. Maka penting sekali untuk menghindarinya, dengan melakukan pengecekan sebagai evaluasi tahap akhir. 

Baca juga : Syarat Umum Dan Tips Cepat Raih Gelar Ph.D

Cara Mengecek Plagiarisme Secara Online 

Mengecek plagiarisme tidak lagi susah, Anda tidak perlu hafal di luar kepala setiap kalimat dari semua karya ilmiah yang terpublikasi. Ada beberapa tools yang menyediakan layanan pengecekan secara online. 

Beberapa penyedia layanan cek plagiarisme memang sifatnya berbayar, namun ada juga yang bisa digunakan tanpa perlu merogoh kocek alias gratis. Hanya saja untuk hasil pengecekan, memang lebih detail yang versi berbayar. Apabila memang diperlukan, tidak ada salahnya mempertimbangkan fasilitas berbayar tersebut. 

Berikut adalah sejumlah tools untuk membantu mengecek plagiat secara online:

1. Unicheck 

Tools pertama yang bisa digunakan untuk mengecek plagiat di karya ilmiah seperti jurnal maupun skripsi adalah Unicheck. Unicheck mengklaim bahwa layanan cek plagiat yang disediakan sudah digunakan oleh 1.100 akademisi di dunia. 

Cara kerjanya adalah dengan meletakan atau mengkopi teks karya ilmiah yang akan dicek di kotakan yang sudah disediakan di halaman Unicheck. Kemudian bisa memulai proses scanning untuk mendeteksi ada tidaknya plagiat di karya ilmiah tersebut. 

Akurasi pengecekan bisa sampai 99 persen jika memakai versi berbayar dan dapat mengecek sampai 15 miliar halaman dan dokumen di Google dan juga Bing. Hanya saja untuk fasilitas lebih ini perlu membayar dulu sebesar 15 dollar AS per bulan. 

2. Plagiarism Detector 

Berikutnya adalah Plagiarism Detector dengan cara kerja sama persis dengan Unicheck. Layanan yang disediakan sifatnya gratis meskipun pengecekan hanya untuk 1.000 karakter saja. 

Situs plagiarisme ini mengklaim mampu melakukan pengecekan secara mendalam sehingga memberi hasil akurat. Apabila ingin mengecek dengan akurasi lebih dalam lagi dan tanpa batasan karakter, bisa memilih versi berbayar dengan biaya 80 dollar AS per bulan. 

3. Smallseotools 

Berikutnya adalah situs Smallseotools yang mengklaim bisa mendeteksi plagiat secara akurat dan memberikan rekomendasi untuk mengubah frasa menjadi bebas plagiat. 

Selain itu, situs ini bisa mengecek plagiarisme untuk berbagai jenis format file. Baik itu .doc, .txt, .rtf, .pdf, dan lain sebagainya. Tersedia pula fasilitas Report yang bisa digunakan untuk melaporkan penyusun karya ilmiah lain yang ketahuan menduplikasi karya ilmiah yang dibuat.

Sebenarnya masih banyak situs yang menyediakan layanan pengecekan plagiarisme untuk berbagai jenis karya tulis. Silahkan dimanfaatkan untuk menghindari praktek plagiat baik yang disengaja maupun tidak. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber :
https://www.kajianpustaka.com/
https://www.cnnindonesia.com/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322