fbpx

Prestasi Dosen Inilah yang Pantas Dosen-Dosen Indonesia Raih

prestasi dosen
prestasi dosen

Prestasi dosen, untuk meraihnya perlu memperhatikan dulu apa saja sebetulnya yang menjadi kewajiban dan beban kerja dosen.

Prestasi dosen? Kalau siswa atau mahasiswa yang berprestasi mungkin sudah banyak dan sering membagikan kisah-kisah tentang hal tersebut. Bagaimana kalau dengan dosen yang berprestasi? Yah, mungkin dosen berprestasi juga bukan merupakan istilah yang asing atau jarang didengar. Namun, istilah dosen berprestasi juga merupakan hal yang cukup penting dan mampu menimbulkan pengaruh yang sangat besar. Dosen yang dimaksud tentu mereka yang berprestasi di lingkup kampus maupun nasional, terlebih lagi internasional. Tentu, mahasiswa akan lebih termotivasi apabila melihat dosennya adalah seseorang yang punya prestasi dosen yang membanggakan. Mungkin juga akan menimbulkan rasa bangga terhadap kampus dan almamaternya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh dosen agar mampu menorehkan prestasi dosen yang sebenarnya dibutuhkan untuk memotivasi para mahasiswanya tidak hanya untuk membanggakan negara saja.

 

1. Melalui Penelitian

Salah satu hal yang mampu dilakukan dosen adalah dengan melakukan sebuah penilitian. Penelitian yang dilakukan haruslah sebuah penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain. Sesuatu yang diteliti haruslah dilakukan secara sistematis dan cenderung menggunakan analisis-analisis. Tentu seorang dosen yang berprestasi baik dalam lingkup kampus maupun nasional terlebih lagi berprestasi dalam tingkat internasional. Tentu, sebagai seorang mahasiswa akan lebih terdorong dan termotivasi apabila melihat dosennya adalah seseorang yang hebat dan mampu menorehkan prestasi dosen yang membanggakan. Mungkin juga akan menimbulkan rasa bangga terhadap kampus dan almamaternya.

Penelitian yang unik dan memiliki bobot secara ilmiah, mampu membuat teori-teori tentang sebuah solusi permasalahan, serta mampu memanfaatkan sebuah masalah menjadi sebuah peluang untuk dilakukannya penelitian yang pada akhirnya mampu menghasilkan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tentu semakin bermanfaat penelitian tersebut maka akan semakin dihargai. Apalagi kalau penelitian tersebut merupakan penelitian yang inovatif dan mampu bersaing dan dipertimbangkan oleh bangsa-bangsa yang lainnya secara internasional.

 

2. Menciptakan Produk yang Unggul

Dalam menciptakan produk yang unggul tentu yang paling diperhatikan adalah aspek kegunaan pada produk tersebut. Seperti halnya seorang dosen yang berasal dari UGM Teuku Faisal Fathani, S.T., M.T., Ph.D., Beliau mampu mengembangkan teknologi system pemantauan dan peringatan dini bencana longsor berbasis masyarakat. Nama dari alatnya tersebut adalah GAMA-EWS, yang mampu mendeteksi longsor secara dini. Tentu seorang dosen yang berprestasi baik dalam lingkup kampus maupun nasional terlebih lagi berprestasi dalam tingkat internasional. Tentu, sebagai seorang mahasiswa akan lebih terdorong dan termotivasi apabila melihat dosennya adalah seseorang yang hebat dan mampu menorehkan prestasi dosen yang membanggakan. Mungkin juga akan menimbulkan rasa bangga terhadap kampus dan almamaternya.

Tentu, beliau mampu melihat masalah sebagai sebuah peluang sehingga mampu diciptakan produk atau alat yang unggul dan kegunaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di rawan longsor. Namun, memang dalam menciptakan sebuah produk atau alat yang unggul juga berdasarkan bidang keilmuan dari dosen tersebut. Bisa saja alat tersebut akan diakui oleh secara internasional karena memang layak untuk dikembangkan. Dan pastilah akan mendapatkan penghargaan tersendiri karena telah membuat alat yang berguna serta menimbulkan kebanggaan untuk bangsa Indonesia.

 

3. Menjadi Delegasi Bangsa

Mungkin akan lebih membanggakan lagi apabila dosen mampu Go International, banyak hal yang dapat dilakukan untuk dosen mampu Go International, berbagai even diselenggarakan dalam lingkup internasional, seperti seminar internasional atau diskusi internasional. Seperti acara Asian EFL Journal, dua orang dosen yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Parepare menjadi pembicara dalam acara Asian EFL Journal tersebut. Dosen tersebut memaparkan tentang “Improving Reading Comprehension of the Eight Year Student of Junior Highschool of Pareparedan “Applying Model United Nation Simulation In Teaching Speaking to Senior Highschool in Indonesia”.

Asian EFL Journal, International TESOL Conference merupakan rangkaian acara konferensi Bahasa Inggris. Fokusnya adalah mendorong agar penggunaan Bahasa inggris sebagai Bahasa kedua atau Bahasa asing yang digunakan di berbagai negara. Ada juga International Conference on Economics, Social Science and Languages. Tentu seorang dosen yang berprestasi baik dalam lingkup kampus maupun nasional terlebih lagi berprestasi dalam tingkat internasional. Tentu, sebagai seorang mahasiswa akan lebih terdorong dan termotivasi apabila melihat dosennya adalah seseorang yang hebat dan mampu menorehkan prestasi dosen yang membanggakan. Mungkin juga akan menimbulkan rasa bangga terhadap kampus dan almamaternya.

Forum tersebut adalah ajang ilmiah yang melibatkan peniliti, ilmuwan, pelajar dan pihak industri. Di forum ini, perwakulan dari berbagai negara dapat saling bertukar informasi, pengalaman, ide dan hasil penelitian yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Dalam forum International Conference on Economics, Social Science and Languages ini dua orang dosen dari ESQ Business School mampu menjadi pembicara utama yang membawakan hasil penilitian yang mengukur kondisi budaya institusi di Indonesia.

 

4. Bermanfaat bagi orang lain

Menjadi dosen yang bermanfaat juga mampu memberikan dorongan atau motivasi tersendiri untuk para mahasiswanya. Dosen memiliki kehidupan sosial yang baik. Dosen juga memberi manfaat untuk orang lain serta menjadi tokoh yang dihargai masyarakat. Hal itu juga akan membuat para mahasiswanya semakin menghormatinya. Dari pengalaman sosial tersebut, dosen bisa memotivasi mahasiswanya. Karena motivasi sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas belajar bagi seseorang. Terlebih lagi jika mahasiswa tersebut memiliki cita-cita yang tinggi untuk bangsanya.

Menjadi seorang dosen yang berprestasi mampu memberikan sebuah motovasi tersendiri bagi para mahasiswanya. Bisa saja para mahasiswa tersebut termotivasi lalu mampu bersaing secara internasional. Apalagi jika membawa nama bangsa Indonesia.

Namun, berprestasi juga tidak harus secara international yang pada akkhirnya malah disibukkan dengan banyak hal, sehingga waktunya dengan mahasiswa berkurang banyak. Walaupun memilki prestasi dosen yang tinggi di kancah international akan lebih baik apabila dosen tersebut mampu memberikan wawasan dan motivasinya kepada para mahasiswanya.

Menjadi dosen adalah sebuah panutan bagi para mahasiswanya. Semakin baik panutannya, semakin baik pula orang yang manut kepadanya. Dengan menunjukkan prestasi dosen dan membanggak bangsa pasti secara tidak langsung memotivasi para mahasiswanya untuk menjadi orang yang berprestasi. Hal tersebut juga menjadikan mahasiswa yang makin bangga dengan almamaternya karena memiliki dosen yang patut untuk dibangga-banggakan atas prestasi dosen bagi bangsa Indonesia.

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja