fbpx

6 Rekomendasi Prodi untuk Lebih Mengenal Indonesia

6 Rekomendasi Prodi untuk Lebih Mengenal Indonesia
sumber foto : shutterstock.com

Indonesia memiliki banyak pilihan program studi (Prodi) yang pemilihannya tentu bisa disesuaikan dengan berbagai pertimbangan. Misalnya minat, bakat, maupun terkait ketersediaan jurusan dari kampus terdekat atau yang difavoritkan sejak lama. 

Namun untuk calon mahasiswa yang ingin mengenal Indonesia lebih dalam karena memiliki rasa cinta yang besar terhadap tanah air. Maka ada beberapa rekomendasi prodi yang sesuai dengan karakter ini. Apa saja prodi tersebut? Simak daftar rekomendasinya di bawah ini. 

Baca juga : 5 Tips Magang Dari Rumah Selama Pandemi Untuk Kalangan Mahasiswa

Rekomendasi Prodi untuk Lebih Mendalami Indonesia 

Berikut adalah sejumlah prodi yang bisa dipertimbangkan oleh para calon mahasiswa yang sangat mencintai Indonesia dan ingin mengenalnya lebih dalam: 

1. Sastra Indonesia 

Bagi calon mahasiswa yang mencintai tanah air dan seluruh budaya di nusantara tentunya perlu menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Salah satu program studi yang cocok untuk kebutuhan ini adalah Sastra Indonesia. 

Melalui prodi Sastra Indonesia seorang mahasiswa akan lebih mengetahui struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu di prodi ini mahasiswa juga akan belajar bagaimana menyusun karya sastra. Sehingga bisa menjadi media untuk mengenal perkembangan pemikiran, budaya, dan politik di tanah air. 

2. Ilmu Sejarah

Mengenal Indonesia secara lebih mendetail dan mendalam juga bisa dengan mengambil jurusan Ilmu Sejarah saat kuliah. Sebab dengan jurusan atau prodi ini maka seorang mahasiswa bisa mengetahui sejarah bangsa dengan sangat baik. 

Mengenal Indonesia memang sangat tepat jika dimulai dengan mengenal sejarahnya seperti apa. Jadi silahkan mengambil jurusan Ilmu Sejarah khususnya untuk sejarah Indonesia. 

Selama ini jika menyebut kata sejarah Indonesia maka akan langsung terpikirkan mengenai perjuangan bangsa menghadapi penjajah. Padahal isi dari sejarah Indonesia juga berkaitan dengan perkembangan di bidang budaya dan politik. 

Semua ini akan dikenal dan dipelajari secara lebih mendalam melalui Ilmu Sejarah. Dipastikan mahasiswa bisa semakin tahu mengenai Indonesia jauh sebelum mahasiswa tersebut lahir. 

3. Sastra Jawa atau Sunda dan Minangkabau 

Rekomendasi berikutnya adalah prodi Sastra Jawa bisa pula mengambil Sastra Sunda maupun Sastra Minangkabau. Prodi ini sangat sesuai untuk calon mahasiswa yang tertarik untuk melestarikan budaya Indonesia. 

Yakni dimulai dengan mempelajari tentang bahasa dan juga sastra daerah, lalu dimana jurusan atau prodi ini bisa diambil? Khusus untuk yang tertarik dengan Sastra Jawa maka bisa kuliah di UI atau UGM. 

Sedangkan untuk Sastra Sunda bisa kuliah di Unpad dan juga di UPI. Sastra Minangkabau bisa didapatkan di Universitas Andalas, dan satu lagi ada Sastra Bali yang bisa dipelajari di Universitas Udayana. 

4. Ilmu Politik 

Ilmu Politik juga menjadi jurusan yang tepat untuk anak muda yang ingin mengenal Indonesia di perguruan tinggi. Lewat prodi ini mahasiswa tidak hanya belajar mengenai ilmu di dunia politik. 

Melainkan juga mengenai sejarah perkembangan politik yang terjadi di Indonesia. Tidak hanya sebatas di dunia politik, prodi ini juga menyampaikan mengenai ilmu ekonomi dan perkembangan masyarakat di Indonesia. 

5. Seni Karawitan 

Apa yang terlintas dalam pikiran saat menyebut istilah karawitan? Dijamin akan langsung memikirkan kegiatan seni musik tradisional atau bermain gamelan di Jawa. Tidak salah memang, karena di prodi ini mahasiswa akan belajar mengenai jenis-jenis alat musik tradisional dan cara memainkannya. 

6. Hubungan Internasional 

Ketika memiliki impian menjadi delegasi untuk Indonesia di kancah internasional, maka sangat tepat jika mengambil prodi Hubungan Internasional selama kuliah. Lewat prodi ini mahasiswa akan diajari mengenai pandangan politik di luar negeri, sehingga setelah lulus bisa menjadi delegasi yang mengangkat martabat bangsa. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://edukasi.kompas.com

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322