fbpx

Peluncuran Laman PAK dan Selancar PAK Mobile oleh Ditjen Dikti Ristek

Selancar PAK Mobile

Selancar PAK Mobile. Meningkatkan pelayanan yang lebih prima dan untuk meningkatkan tata kelola transformasi sumber daya manusia di pendidikan tinggi. Maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) meluncurkan Laman PAK (Penilaian Angka Kredit) dan Selancar (Sistem Pelacakan Secara Mandiri) PAK Mobile. 

Keduanya menjadi salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh Ditjen Dikti Ristek untuk membantu menyederhanakan tugas administrasi dosen. Sehingga proses administrasi lebih efektif dan efisien. Sosialisasi mengenai peluncuran dan penggunaan keduanya dilakukan secara daring lewat aplikasi Zoom pada Kamis (19/08/2021). 

Mendorong Produktivitas Pelaksanaan Tri Dharma 

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Menjelaskan bahwa peluncuran Laman PAK dan Selancar PAK Mobile adalah untuk memfasilitasi semua dosen di Indonesia untuk tetap atau meningkatkan produktivitasnya. Khususnya dalam melaksanakan isi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Dijelaskan oleh beliau, bahwa produktivitas merupakan kunci untuk bisa mendorong perbaikan kualitas SDM, teknologi, dan aspek apapun dalam kehidupan. Tanpa produktivitas yang memadai maka segala tugas akan sulit untuk dilakukan. Prestasi akademik maupun non akademik akan sulit ditorehkan. 

Memahami betul bahwa dosen berhadapan dengan banyak sekali tugas yang tiada henti sekaligus sering mengeluhkan mengenai banyaknya pekerjaan administrasi. Maka proses administrasi oleh Kementerian terus dicoba untuk dibuat efektif dan efisien. Salah satu solusinya adalah menciptakan sistem yang basisnya online sehingga lebih praktis, efisien, efektif, dan mengurangi redudansi. 

Satu aplikasi dengan aplikasi lain di pendidikan tinggi sebelumnya sering melakukan re-entry data. Misalnya saja di aplikasi untuk kenaikan jabatan dosen diwajibkan mengunggah data diri dosen, demikian juga dengan aplikasi lain misalnya untuk tujuan sertifikasi dosen, dan lain sebagainya. 

Setiap aplikasi harus memasukan data yang sama dengan aplikasi lain, sehingga menambah pekerjaan dosen untuk mengunggah dokumen persyaratan administrasi. Proses panjang dan berulang-ulang di banyak aplikasi tentu membuang banyak waktu alias kurang efisien. 

Maka semua disederhanakan, melalui Laman PAK dan Selancar PAK Mobile proses unggah data hanya akan dilakukan sekali oleh dosen. Sebab antara satu aplikasi dengan aplikasi lain akan dibuat saling berhubungan. Data akan saling tersinkronisasi sehingga proses unggah data tidak perlu lagi dilakukan berulang kali.

Baca Juga: 

Cara Membuat Akun dan Mengecek Status PAK

Cara Pengajuan Usulan Kenaikan Jabatan Dosen Melalui SISTER

Transparansi yang Lebih Terjamin 

Adanya perubahan sistem ke model digital juga disampaikan oleh Bapak Nizam sebagai upaya untuk meningkatkan transparansi. Dimana setiap dosen dan semua pihak yang berhubungan dengan suatu proses bisa terus mengikuti progres atau perkembangannya. Misalnya saja saat dosen mengajukan sertifikasi dosen. 

Maka proses sertifikasi mulai dari pembuatan portofolio dosen sampai penerbitan sertifikasi dosen oleh pihak terkait bisa terus dipantau secara realtime. Dosen pun bisa tahu progres sertifikasi ini sudah sampai mana. Begitu pula dengan urusan atau kepentingan lain, bisa dipantau perkembangannya sudah sampai di tahap mana. 

Pembaharuan Tampilan Laman PAK 

Peluncuran Laman PAK menyajikan transformasi dari segi tampilan website yang lebih menarik dan juga kaya informasi. Perubahan tampilan ini akan memudahkan para dosen untuk mengurus kegiatan administrasi secara online dengan lebih mudah. Terbantu dengan fitur-fitur yang dibuat lengkap dan mudah ditemukan. 

Laman PAK sendiri bisa dikunjungi di https://pak.kemdikbud.go.id yang tentunya bisa diakses kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet. Lewat layanan berbasis website ini diharapkan para dosen lebih mudah mengurus semua pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) maupun urusan administrasi lainnya. 

Kemudian akan disinkronkan dengan aplikasi lain yang dipakai oleh dosen dan pihak-pihak terkait untuk mengurus keperluan lainnya. Misalnya untuk keperluan kenaikan jabatan akademik, mengikuti atau mendaftar sertifikasi dosen, dan lain sebagainya. 

Laman PAK juga dibuat lebih informatif dengan menyajikan berbagai menu di bagian halaman utama. Para dosen bisa mengakses informasi terkini terkait PAK, bagaimana menggunakan laman PAK, panduan untuk PAK, adanya surat edaran, panduan menggunakan aplikasi Selancar PAK, dan lain sebagainya. 

Semua informasi yang diberikan oleh berbagai pihak dari kementerian bisa diakses dosen secara langsung atau realtime di Laman PAK. Sehingga bisa mendapatkan informasi terkini sekaligus melacak perkembangan atau progres dari sebuah program yang diikuti dosen. Misalnya kenaikan jabatan akademik yang sudah disampaikan sebelumnya. 

Baca Juga:

Syarat Dosen Pembimbing Skripsi 

Seluk Beluk Penyusunan Anggaran Penelitian Dosen

Roadmap Penelitian Dosen

Melacak Status Bisa Dilakukan di Telepon Seluler 

Tak hanya meluncurkan Laman PAK, pada acara tersebut juga diluncurkan Selancar PAK Mobile. Sehingga para dosen selaku pihak Pengusul bisa melacak status perkembangan pengajuan di PAK lewat telepon seluler atau smartphone. 

Dosen cukup menginstal aplikasi Seluler PAK Mobile melalui Play Store maupun App Store dan tanpa keluar biaya. Kemudian melakukan registrasi dengan memasukan data yang sesuai sebagaimana proses pendaftaran akun di Laman PAK. Jika sudah registrasi maka bisa mengakses semua menu di dalam aplikasi tersebut. 

Jika dulunya proses pengecekan status atau melacak status pengajuan harus lewat browser di perangkat komputer maupun smartphone. Maka dengan diluncurkannya Selancar PAK Mobile, prosesnya menjadi lebih mudah. Yakni cukup klik ikon aplikasi di layar smartphone, maka sudah bisa melihat langsung progresnya sudah sampai mana. 

Meskipun begitu, dengan adanya perubahan pada Laman PAK maka melacak status juga bisa dilakukan di laman tersebut. Semua data yang ditampilkan akan sama persis dengan data yang ditampilkan di versi aplikasi. Sehingga dosen bisa memilih hendak melacak pengajuannya di mana, sekaligus disesuaikan dengan kondisi. 

Jika sedang membuka komputer maka proses pelacakan bisa dilakukan lewat browser dengan mengakses Laman PAK. Sebaliknya, jika tidak sedang di depan komputer misalnya ketika di jalan atau dimanapun. Maka untuk mengecek progres pengajuan bisa lewat smartphone yang dikantongi saat bepergian. 

Pada acara sosialisasi ini sendiri pada dasarnya pihak Ditjen Dikti Ristek meluncurkan empat perangkat. Dimulai dari Laman PAK, Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan juga API Portofolio. Semuanya sudah berbasis online dan saling terhubung satu sama lain. 

Peluncuran empat perangkat ini kemudian menunjukan komitmen besar dari pemerintah melalui Kemendikbud Ristek untuk mengembangkan sistem tata kelola sumber daya di perguruan tinggi seluruh wilayah Indonesia. Jika sebelumnya mengandalkan sistem yang masih manual dan sistem online yang berjalan belum optimal. 

Sebab dosen masih harus mengunggah beberapa dokumen sampai beberapa kali di aplikasi berbeda. Maka kini sudah dibuat saling terhubung, sehingga dosen hanya bekerja sekali dan tidak perlu mengulang pekerjaan yang sama. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Nizam perubahan ke arah digital ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dosen. 

Meminimalkan beban administrasi dosen karena semua aplikasi sudah dibuat terhubung satu sama lain. Dosen kemudian bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab lain. Pelaksanaan Tri Dharma kemudian akan lebih optimal. Di masa mendatang, perubahan ke arah lebih baik akan terus dilakukan. 

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja