fbpx

Kiat Sukses Serdos dengan Sister

serdos sister dosen
ilustrasi

Kiat Sukses Serdos dengan Sister – Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan.

Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen, dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER. Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian PT dan Kemenristekdikti untuk PTN dan LLDIKTI untuk PTS. Setelah divalidasi, data-data di dalam SISTER akan memutakhirkan database PD-Dikti.

SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

Bagaimana cara mengakses SISTER

Sister terdiri dari Frontend yang di instalasi pada masing-masing PT/LLDIKTI dan backend yang terpasang pada Ditjen SDID Kemenristekdikti. Untuk mengakses Frontend Sister secara default adalah http://sister.nama-domain-kampus.ac.id missal http://sister.its.ac.id. Untuk mengakses backend Sister dapat mengunjungi laman http://sister.ristekdikti.go.id.

Bagaimana melakukan instalasi SISTER di PT

Silahkan mengunjungi laman http://s.id/installersister atau http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2017/12/21/installer -applikasi-sister-system-informasi-sumber-daya-terintergrasi/ untuk mendownload installer dan melihat panduan instalasi. Kebutuhan minimal tersebut akan meningkat seiring dengan jumlah dosen dan volume aktivitasnya di masing-masing perguruan tinggi yang terpasang aplikasi Front End SISTER. Perguruan tinggi yang mempunyai 200 dosen dengan frekuensi aktivitas sedang akan membutuhkan sedikitnya memori 12 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB.

Bagaimana memperoleh Akun SISTER

Dosen yang dapat menggunakan Portofolio Dosen dalam Sister harus memenuhi persyaratan yakni tercatat sebagai dosen tetap dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) dengan memiliki NIDN / NIDK / NUP

Langkah-langkah melakukan pendaftaran:

  1. Buka laman (website) SISTER sesuai dengan alamat perguruan tinggi masing-masing
  2. Buka halaman registrasi dengan cara memilih menu “Daftar di sini” untuk memulai pendaftaran
  3. Isikan NIDN dan alamat email untuk memulai pendaftaran. Klik tombol “Register”. Sistem akan secara otomatis mengirimkan link (tautan) aktivasi ke email yang digunakan ketika mendaftar.
  4. Buka email yang digunakan untuk mendaftar SISTER.
  5. Lakukan aktivasi dengan cara mengklik link (tautan) yang ada pada email.
  6. Setelah diaktivasi, akun sudah dapat digunakan untuk login ke laman SISTER

Bagaimana jika lupa password SISTER

Buka laman frontend Sister PT http://sister.nama-domain- kampus.ac.id misal http://sister.its.ac.id . Klik pada menu “Lupa Password”, kemudian masukkan akun/email Sister anda dan klik Submit. Jika alamat email/akun anda terdaftar maka aka nada notifikasi Email terkirim!, Buka email anda untuk mereset password. *Jika tidak ada pada folder inbox, silahkan periksa pada folder spam.

Pengisian data berbasis portofolio dosen

Sister menggunakan pendekatan berbasis portofolio, dimana kegiatan/aktivitas dosen cukup diisikan sekali saja dan bisa digunakan oleh dosen untuk berbagai proses bisnis seperti Serdos, PAK dan BKD. Pada Portofolio terdapat berbagai menu mulai dari Profil, Kualifikasi, Kompetensi, Pelaksanaan Pendidikan, Pelaksanaan Penelitian, Pelaksanaan Pengabdian, Penunjang, dan Reward. Dosen wajib mengisi dan mengupdate data pada portofolio sesegera mungkin agar saat menggunakan layanan seperti Serdos, PAK dan BKD sudah mendapatkan data yang terbaru.

Mengecek eligibility serdos pada SISTER

Pada halaman Layanan Serdos di aplikasi SISTER, dosen bisa melihat status apakah sudah eligible untuk mengikuti Serdos atau belum. Dengan cara login ke akun miliknya di SISTER yang telah terinstal di Perguruan Tingginya, lalu masuk ke halaman Layanan Serdos. Jika dosen tersebut eligible, maka akan tampil seperti pada.

Gambar 1 di bawah ini.

Figure 1. Status Eligible masuk daftar eligible D1

Apabila dosen yang bersangkutan tidak masuk sebagai data eligible (D1), maka akan muncul alasan/data yang kurang dari syarat yang telah ditentukan untuk eligibiltas Serdos seperti pada Gambar 2 berikut ini.

Figure 2 Status Eligible tidak masuk daftar eligible D1 beserta alasan data yang belum mencukupi eligibilitas Serdos

Namun, jika dosen yang bersangkutan telah tersertifikasi maka akan tampilkan keterangan bahwa telah tersertifikasi yang di mana data sertifikasinya bisa dilihat pada halaman Kompetensi > Sertifikasi.

Redaksi

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322