fbpx

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Akreditasi BAN-PT

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Akreditasi BAN-PT

Pada momen tertentu, alumni sebuah perguruan tinggi akan membutuhkan sertifikat akreditasi BAN-PT. Paling sering adalah ketika alumni tersebut sedang mengusahakan mengikuti CPNS untuk menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). 

Salah satu syaratnya adalah mengirimkan atau melampirkan dokumen hasil sertifikasi dari BAN-PT. Terkait akreditasi kampus dan juga akreditasi jurusan, sebab instansi pemerintah secara umum mensyaratkan calon pegawainya berasal dari universitas dengan akreditasi minimal B. 

Baca juga : Inilah Contoh Karya Ilmiah Yang Sederhana Namun Benar

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Akreditasi 

Sejak internet berkembang dengan sangat baik dan juga pesat, kebutuhan sertifikat akreditasi bisa didapatkan dengan lebih mudah. Yakni secara online, pertama tentu saja mengakses situs resmi milik universitas tempat kamu dulu kuliah. 

Tingginya permintaan sertifikat akreditasi BAN-PT membuat setiap universitas menguploadnya di situs resmi. Sehingga memudahkan alumninya untuk mendapatkan sertifikat tersebut tanpa perlu datang langsung ke kampus. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh sertifikat akreditasi di situs resmi universitas tempat kamu dulu kuliah: 

1. Membuka Situs 

Langkah pertama adalah mengakses atau membuka situs resmi dari universitas tempat kamu kuliah. Dijamin hafal diluar kepala, namun bagaimana jika lupa? Tidak perlu cemas, sebab Google memberi solusi praktisnya. 

Cukup mengetik nama lengkap dari kampus tersebut di kolom pencarian. Maka sistem mesin pencari akan menampilkan beberapa alasan situs. Salah satunya adalah situs resmi dari kampus yang dicari tadi, dan tinggal di klik saja. 

2. Mencari Menu Akreditasi 

Setelah berhasil membuka situs resmi universitas, maka langkah selanjutnya adalah mencari menu akreditasi. Kebanyakan universitas menempatkan menu ini di bagian atas, namun beberapa juga meletakkannya di area samping atau bahkan di bagian kaki website atau paling bawah. 

3. Mencari Dokumen Sertifikat yang Dibutuhkan 

Setelah menu akreditasi ditemukan atau didapatkan, maka akan memunculkan data atau dalam bentuk daftar. Silahkan mencari sertifikat akreditasi dari jurusan yang dibutuhkan. 

Bisa juga mengandalkan kolom pencarian jika pihak universitas menyediakannya untuk kemudahan dalam pencarian. Ada kalanya sertifikat dibutuhkan adalah sertifikat akreditasi BAN-PT terbaru, namun bisa juga tahun lulus sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. 

4. Mengunduh Dokumen Sertifikat Akreditasi 

Apabila sertifikat akreditasi BAN-PT yang dicari sudah ditemukan, maka tinggal di klik saja. Supaya gambar dari sertifikat ini muncul dan kemudian ada tombol untuk melakukan pengunduhan atau download. Silahkan di klik. 

Jika belum ada, maka bisa menghubungi pihak kampus dan jika kebetulan lokasinya dekat maka bisa didatangi langsung. Opsional selanjutnya untuk mendapatkan sertifikat akreditasi BAN-PT adalah dengan mengakses situs resmi BAN-PT, yakni di banpt.or.id. 

Opsional lain untuk mendapatkan sertifikat akreditasi secara online adalah mengetik nama kampus dan jurusan serta kata akreditasi di bagian depan. Misalnya: “akreditasi jurusan ilmu gizi universitas gadjah mada”. 

Oleh mesin pencari nantinya akan menampilkan berbagai situs yang masih berhubungan dengan kata kunci tersebut. Silahkan memilih situs resmi atau situs dari universita maupun dari BAN-PT. 

Secara umum di masa CPNS, setiap universitas akan memberi fasilitas untuk mengunduh sertifikat akreditasi BAN-PT secara online di situs yang dimiliki. Sehingga dipastikan situs resmi universitas menjadi tempat terbaik untuk dituju. 

Namun jika belum tersedia, maka bisa mencoba cara lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kebutuhan sertifikat akreditasi BAN-PT sebenarnya tidak hanya untuk CPNS, namun bisa juga untuk melamar kerja dan melengkapi dokumen pengajuan beasiswa. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber :
https://calonmahasiswa.com/
https://sevima.com/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322