fbpx

Manfaat Sudah Memenuhi Standar Akreditasi Dosen

Manfaat Sudah Memenuhi Standar Akreditasi Dosen

Bagi seorang dosen, memenuhi sejumlah standar akreditasi dosen atau sertifikasi dosen adalah hal penting dan wajib. Jika standar ini sudah dipenuhi maka akan memperoleh sertifikasi dosen, sebagaimana sertifikasi profesi pada umumnya. 

Ada banyak standar yang harus dipenuhi membuat sertifikasi ini belum bisa diraih oleh semua dosen. Perjuangan ketika mendapatkan sertifikasi ini tentunya berbuah manis, sebab sertifikasi yang diberlakukan pemerintah memiliki sejumlah tujuan dan juga manfaat. 

Baca juga : Tren Bisnis Startup Yang Disampaikan Oleh Menristekdikti

Berbagai Manfaat Sertifikasi Dosen 

Berikut adalah sejumlah manfaat yang didapatkan ketika dosen sudah memperoleh sertifikasi atau telah memenuhi standar akreditasi dosen:

1. Melindungi Profesi Dosen 

Pemenuhan terhadap berbagai standar akreditasi dosen bertujuan untuk melindungi profesi dosen itu sendiri. Jadi, sertifikasi dosen memberi manfaat perlindungan terhadap dosen yang sudah berhasil mendapatkannya. 

Dikatakan perlindungan, karena dengan sertifikasi ini maka seorang dosen keberadaannya sudah diakui. Baik oleh negara maupun masyarakat secara luas sebab sudah membuktikan diri mampu memenuhi sejumlah standar untuk menjadi tenaga pendidik di tingkat universitas. 

Bentuk perlindungan lainnya adalah dari segi penerimaan gaji, oleh pemerintah dosen yang telah memenuhi standar akreditasi dosen akan memperoleh tunjangan. Selain itu juga ada tunjangan dari universitas tempat mengajar. 

Sertifikasi ini juga membuka kesempatan lebih besar kepada dosen tersebut untuk mendapatkan kenaikan jabatan akademik. Mulai dari lektor sampai guru besar, sehingga mendapatkan karir yang terjamin dan profesional. 

Penerimaan gaji yang baik akan membantu dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya menerbitkan karya tulis ilmiah yang tentu berasal dari biaya pribadi dosen yang bersangkutan. 

2. Meningkatkan Kualitas Dosen 

Kewajiban untuk memenuhi sejumlah standar akreditasi dosen juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dosen. Standar yang banyak dan terbilang tinggi ini akan memacu semangat dosen dalam berkarya. 

Dari sejak pertama kali mengajar sebagai dosen sampai meraih target yang diinginkan. Baik untuk memperoleh gaji yang sesuai dengan keinginan sampai menduduki jabatan akademik yang diimpikan. 

Selama proses ini dosen akan berkembang, dilihat dari meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga memiliki kompetensi yang tinggi dan bisa memberikan atau mentransfer ilmu yang banyak dan tinggi manfaat pula kepada generasi penerus. 

3. Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia 

Tingginya standar akreditasi dosen membuat setiap dosen perlu berjuang ekstra untuk bisa memenuhinya. Proses pemenuhannya bisa memakan waktu lama karena standar yang butuh karya yang bisa dibuktikan dan jumlahnya lumayan banyak. 

Selama proses pemenuhan standar inilah yang akan menempa seorang dosen untuk meningkatkan ilmu, keterampilan, dan kemampuan. Sehingga mampu menjadi dosen berkualitas sekaligus mampu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. 

Sebab dengan adanya dosen berkualitas maka akan menghasilkan kurikulum pendidikan berkualitas pula. Hasilnya, generasi yang dicetak akan memiliki kualitas tinggi dan tentunya memperbaiki kualitas pendidikan secara keseluruhan. 

4. Meningkatkan Kompetensi Dosen 

Adanya standar akreditasi dosen akan mendorong dosen di seluruh Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang. Sehingga tidak hanya sibuk mengajar namun juga berkarya lewat penelitian, tulisan ilmiah, dan sebagainya. 

Semua ini adalah standar untuk meraih sertifikasi dosen, sehingga adanya sertifikasi sama artinya membantu meningkatkan kompetensi para dosen. Sebab terus berusaha untuk mengipgrade ilmu dan keahlian yang dimiliki. 

Dosen pun menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas namun juga kaya akan pengalaman, ilmu bermanfaat, dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan.  

Proses untuk bisa memenuhi standar akreditasi dosen memang akan memakan waktu lama. Oleh sebab itu, bagi kamu yang terjun menjadi dosen sebaiknya sudah mulai fokus untuk memenuhi standar tersebut. Sehingga memperoleh sertifikasi di usia yang masih sangat produktif. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja