fbpx

Pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2022/2023

Stipendium Hungaricum Scholarship

Stipendium Hungaricum Scholarship. Pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2022/2023 telah resmi dibuka, dan pendaftaran dilakukan secara online. Bagi siapa saja yang ingin kuliah di Hungaria atau mungkin kuliah selain di negara sendiri. Bisa mencoba mengikuti program beasiswa satu ini. 

Lalu, apa saja cakupan beasiswanya? Kemudian, apa saja persyaratannya dan bagaimana pendaftarannya? Bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Apa Itu Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme? 

Bagi beberapa orang, program beasiswa bertajuk Stipendium Hungaricum Scholarship Programme masih terdengar asing. Jadi, Stipendium Hungaricum Scholarship Programme merupakan program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Hungaria. 

Penyelenggaraan program ini adalah kerjasama antara Kementerian Hungaria dengan kementerian pendidikan di sejumlah negara. Indonesia termasuk di dalamnya. Sehingga lewat program beasiswa ini warga negara Indonesia punya kesempatan kuliah gratis di Hungaria. 

Program beasiswa ini diketahui dikelola oleh Tempus Public Foundation dan sudah ada di Indonesia sejak tahun 2013 lalu sampai sekarang. Tujuan utama dari pelaksanaan program beasiswa ini adalah mendukung internasionalisasi pendidikan di negara Hungaria. 

Selain itu, juga bertujuan untuk menunjukan pendidikan di Hungaria bisa bersaing dengan kualitas pendidikan di berbagai negara maju di dunia. Ditambah, lewat program ini juga pemerintah Hungaria ingin membangun hubungan internasional dengan sejumlah negara di dunia. 

Nama Hungaria mungkin belum seterkenal Inggris, Australia, atau mungkin negara maju yang sudah dikenal punya mutu pendidikan jempolan. Namun, Hungaria ternyata punya jaminan kualitas pendidikannya bagus dan bersaing. 

Apalagi, sejarah pendidikan di Hungaria sudah mulai terlihat mencetak banyak prestasi akademik sejak tahun 1367. Sejak saat itu, ada banyak mahasiswa dan dosen di Hungaria yang berhasil meraih penghargaan akademik. Termasuk juga nobel di dalamnya. Sehingga sudah banyak mahasiswa internasional menempuh pendidikan tinggi di Hungaria.

Sampai tahun ini, total mahasiswa internasional di Hungaria ada lebih dari 20.000 mahasiswa. Setiap mahasiswa mengambil program studi yang mereka minati, dan paling banyak adalah memilih program studi Kedokteran. 

Baca Juga:

Syarat Dosen Pembimbing

Jenjang Jabatan Akademik 

Seberapa Penting Mendapatkan Gelar Doktor?

Apa itu PPPK? Ini Perbedaannya dengan Tahun Sebelumnya

Cakupan Beasiswa 

Berhubung pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2022/2023 sudah resmi dibuka. Maka sebaiknya tidak melewatkan kesempatan ini, karena tidak setiap hari ada dan tidak setiap hari juga pendaftarannya dibuka. Supaya lebih semangat mendaftarkan diri dan memenuhi serangkaian persyaratan. 

Ketahui juga apa saja cakupan dari Stipendium Hungaricum Scholarship Programme, karena diketahui beasiswa ini termasuk beasiswa penuh. Artinya, cakupan beasiswanya tidak hanya untuk biaya pendidikan namun juga untuk biaya hidup penerima. Berikut detail cakupannya: 

  • Biaya kuliah atau biaya pendidikan, sehingga selama kuliah di Hungaria tidak perlu keluar biaya untuk membayar uang ke kampus. 
  • Mendapatkan tunjangan bulanan yang bisa digunakan untuk membiayai kehidupan selama di Hungaria. Adapun besaran tunjangan bulanan yang diterima adalah HUF 43.700 (setara dengan EUR 120) bagi para penerima beasiswa di level non-degree, sarjana, pascasarjana, dan one-tier master. HUF 140,000 (setara dengan EUR 450) selama 4 semester pertama dan HUF 180,000 (setara dengan EUR 580) selama 4 semester kedua bagi para beasiswa di level doktoral,
  • Biaya akomodasi, penerima beasiswa bisa memilih untuk tinggal di asrama kampus tanpa keluar biaya alias gratis. Bisa juga memilih tinggal di luar asrama yang disediakan dana akomodasi sebesar HUF 40.000 per bulan. 
  • Asuransi kesehatan sebesar HUF 100.000 per tahun. 

Persyaratan yang Harus Dipersiapkan 

Sama seperti beasiswa pada umumnya, para peserta yang ikut seleksi diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat administrasi. Pada Program Stipendium Hungaricum Scholarship terdapat syarat-syarat sebagai berikut: 

  1. Form pendaftaran online, didapatkan dari situs resmi Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yang disebutkan diatas. 
  2. Menyusun Motivation Letter yang memiliki ketentuan mulai dari jenis huruf, jenis atau ukuran kertas, dan sebagainya. Detail persyaratan bisa mengunjungi situs resmi Stipendium Hungaricum. 
  3. Sertifikat bahasa (seperti ITP, IELTS, IBT, dan sertifikat bahasa yang diakui lainnya). 
  4. Ijazah dan terjemahannya. 
  5. Transkrip Nilai dan terjemahannya. 
  6. Surat sehat (contoh bisa diunduh di situs resmi Stipendium Hungaricum). 
  7. KTP dan juga salinan paspor. 
  8. Statement of Application (bisa diunduh di situs resmi Stipendium Hungaricum). 
  9. Research Plan (khusus untuk program Doktor – S3). 
  10. Surat rekomendasi (khusus untuk program Doktor – S3). 
  11. Statement of Supervisor (khusus untuk program Doktor – S3). 
  12. Portofolio (khusus untuk jurusan seni). 

Selain syarat administrasi di atas, para peserta juga diwajibkan untuk memenuhi syarat umum. Syarat umum pada Pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2022/2023 adalah: 

  • Mahasiswa internasional dari sejumlah negara, dan Indonesia termasuk di dalamnya. 
  • Telah mendaftar di perguruan tinggi dan memilih program studi yang ditawarkan di dalam Stipendium Hungaricum Scholarship Programme. 
  • Memenuhi syarat kemampuan bahasa asing, yakni bahasa Inggris dan juga bahasa Hungaria. Ketentuan ini ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi di Hungaria, beberapa meminta penguasaan dua bahasa tersebut. Beberapa lagi cukup dengan bahasa Inggris. 

Persyaratan yang ada bisa dicoba diurus dan dipenuhi jauh-jauh hari. Sebab tidak semua syarat administrasi bisa didapatkan dalam kurun waktu satu hari saja. Beberapa perlu menunggu beberapa hari. Oleh sebab itu penting untuk mengurus semua persyaratan administrasi jauh sebelum masa pendaftaran ditutup. 

Kapan Waktu Pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme? 

Melalui penjelasan di atas, apakah mulai tertarik untuk mengikuti pendaftaran Stipendium Hungaricum Scholarship Programme Tahun 2022/2023? Jika iya, maka pendaftaran sudah resmi dibuka dari awal November 2021 dan ditutup pada tanggal 15 Januari 2022 (waktu Hungaria). 

Beasiswa ini sendiri bisa diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan studi ke Hungaria. Jenjang yang bisa diikuti dimulai dari jenjang S1, S2, sampai S3 untuk beberapa jurusan. Informasi jurusan bagi mahasiswa asal Indonesia bisa berkunjung ke website resmi Stipendium Hungaricum Scholarship Programme. 

Pendaftaran untuk beasiswa ke Hungaria ini dilakukan secara online, yakni melalui laman https://apply.stipendiumhungaricum.hu/ 

Kabar baiknya lagi, para peserta calon penerima beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme tidak hanya bisa memilih satu jurusan saja. Melainkan berhak untuk memilih dua jurusan yang berbeda untuk memperbesar peluang lolos seleksi. Selain itu, bisa memilih dua jurusan berbeda di kampus yang sama atau kampus yang berlainan. 

Berhubung syarat umum untuk bisa mendaftar salah satunya adalah sudah mendaftar di salah satu kampus di Hungaria dan memilih program studi. Maka bisa mengunjungi situs resmi Stipendium Hungaricum. Kemudian mencari tahu, mahasiswa Indonesia bisa masuk ke kampus mana saja dan ke jurusan apa saja. 

Jika sudah, maka bisa memilih kampus mana yang dirasa paling sesuai sekaligus memilih program studi yang sesuai juga. Jika semua persyaratan sudah lengkap, silahkan melakukan pendaftaran sebelum ditutup pada 15 Januari 2022 mendatang. Manfaatkan masa pendaftaran ini agar bisa mendapatkan beasiswa penuh di Hungaria. 

Artikel Terkait:

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja