fbpx

Tips untuk Menyusun Tesis dengan Cepat

Tips untuk Menyusun Tesis dengan Cepat

Apabila kamu memiliki cita-cita untuk menyelesaikan S2 atau program magister maka perlu mempersiapkan penyusunan tesis. Karya ilmiah satu ini merupakan syarat wajib untuk bisa menyelesaikan program magister. 

Proses penyusunannya memang tidak mudah sebagaimana ketika menyusun skripsi, dan seringkali menjadi batu sandungan bagi calon magister untuk menyelesaikan program pendidikan pascasarjana. 

Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana agar bisa selesai lebih cepat? Berikut beberapa informasi yang bisa membantu penyusunannya. 

Baca juga : Cara Menulis Jurnal Internasional Dengan Baik

Alasan Mengambil S2 

Sebelum membahas tesis lebih dalam, pertama perlu dibahas dulu mengenai program magister yang disebut pula dengan istilah pascasarjana. Tidak dapat dipungkiri menyelesaikan pendidikan sampai tingkat S2 adalah harapan banyak orang. 

Alasan yang menjadi motivasi pengambilan jenjang pendidikan tinggi ini sangat beragam. Ada yang bertujuan untuk menunjang kenaikan pangkat atau jabatan, mendapatkan prestise supaya nama dan gelar yang dimiliki lebih panjang, memiliki alternatif berprofesi sebagai dosen, dan bisa pula karena meningkatkan kompetensi intelektual. 

Alasan terakhir merupakan alasan terbaik, namun bukan berarti lulusan S2 hanya memiliki alasan tersebut. Beberapa memiliki alasan yang lebih realistis, dan sah saja dilakukan karena pada akhirnya mahasiswa pascasarjana akan menempuh perjalanan panjang dan sulit. 

Ilmu pengetahuan dan proses perkuliahan sampai penyusunan tesis akan memberi bekal keahlian dan keterampilan yang beragam. Pasalnya, ketika masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi maka semakin tebal buku yang dibaca dan semakin banyak kasus yang dibahas, sekaligus semakin cerdas dan berpikir kritis. 

Tips Menyelesaikan Tesis dengan Cepat 

Penyusunan tesis bisa dikatakan sebagai perjuangan akhir untuk mendapatkan gelar magister. Kebanyakan mahasiswa S2 ditempuh oleh mahasiswa yang sudah aktif bekerja, meskipun tetap ada yang belum bekerja karena langsung lanjut S2 setelah lulus S1. 

Kesibukan di pekerjaan dan tugas penyusunan karya ilmiah tersebut membuat fokus terpecah. Penyusunan karya ilmiah ini pun tidak bisa dikatakan mudah sehingga cenderung memakan waktu yang lama. Mencegahnya, maka bisa melakukan tips-tips berikut: 

1. Memiliki Target 

Membantu kamu menyelesaikan penyusunan tesis dengan cepat bisa dimulai dengan menyusun target. Hidup dengan target membantu untuk mengatur waktu secara efisien dan sungguh-sungguh dalam mencapai target tersebut. 

Saat menyusun karya ilmiah ini pastikan sudah punya target setelah lulus program magister. Hal ini penting untuk mendorong keinginan kuat menyelesaikan penyusunannya secepat mungkin. 

2. Mencari Tema Penelitian 

Tema penelitian tentu tidak akan datang dengan sendirinya di depan mata, perlu dicari dan dieksekusi. Jadi, luangkan waktu satu pekan atau lebih untuk mencari tema penelitian. Utamakan yang sedang hangat diperbincangkan dan masih berhubungan dengan bidang ilmu yang diambil.

3. Disiplin Menyusun Naskah 

Setelah tema penelitian tesis didapatkan dan dipilih maka langkah berikutnya adalah konsisten menyusun naskahnya. Utamakan penyusunan bagian-bagian atau bab-bab yang dirasa mudah dulu, misalnya bab 1 dulu. Sepekan kemudian ke bab berikutnya dan begitu seterusnya. 

4. Dikerjakan Secara Profesional 

Menyusun tesis memang perlu menumbuhkan jiwa profesional, yakni dengan menganggapnya sebagai sebuah tugas dari tempat kerja. Sehingga benar-benar meluangkan waktu untuk menyusunnya, selain itu tidak akan menunda waktu. 

Kamu juga bisa menyediakan waktu khusus setiap harinya, misalnya 7 jam sehari untuk fokus mengerjakan naskah tesis. Cara ini akan membantu kamu menyelesaikan semua bagian karya ilmiah ini dan bisa selesai tepat waktu. 

Punya komitmen tinggi untuk lulus program magister tepat waktu atau lebih cepat sangat penting. Maka miliki target kedepan akan melakukan hal apa dan ingin mencapai prestasi apa. Sebagai dorongan untuk menyelesaikan tesis secepatnya. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322