fbpx

Tipe Dosen Kayak Gini yang Bikin Mahasiswa Rajin Kuliah

Tipe Dosen
Tipe Dosen

Image dosen di mata mahasiswa-mahasiswa kayak kamu mungkin kebanyakan akan sama, yaitu membosankan, killer, dan tua. Tapi tunggu dulu, sebenernya nggak semua dosen kayak gitu kok. Banyak juga tipe dosen yang gaya mengajarnya asyik dan sama sekali tidak seperti penggambaran dosen pada umumnya.

Kalian percaya nggak sih? kalo dosen bisa menjadi salah satu penentu keberhasilan akademis mahasiswanya. Karena jika mahasiswa merasa asyik dalam kegiatan belajar mengajar bersama dosennya otomatis materi itu akan mudah untuk diterima mahasiswa. Jika materi sudah dapat masuk dengan mudah, maka prestasi akademis mahasiswa pun akan meningkat.

Hal itu tentu saja akan berbanding terbalik kan dengan dosen yang membosankan dan hana selalu memberi tugas kepda mahasiswanya. Bukannya kalian dapat memahami materi dengan baik tetapi kalian akan semakin malas untuk kuliah kan? Ya walaupun sebagian besar dosen akan masuk dalam kategori yang kedua ini tapi ada juga kok dosen-dosen yang masuk dalam kategori asyik.

Inilah dia tipe-tipe dosen idaman yang bikin mahasiswanya rajin kuliah.

 

1. Cara mengajar yang asyik dan tidak monoton

Para mahasiswa tentu saja sudah bosan dengan cara belajar yang monoton dengan mendengarkan pengajar di depan kelas dan menjelaskan dengan papan tulisnya. Karena kalian-kalian mahasiswa udah mengalami sistem belajar mengajar kayak gitu dari sejak kalian sekolah SD hingga SMA.

Mahasiswa jaman sekarang ini tentu saja mengharapkan ada sesuatu yang berbeda dalam sistem mengajar di bangku kuliah ini. Ekspektasi kalian akan terwujud jika kalian menemui dosen yang memiliki cara mengajar yang asyik dan tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya.

Walaupun mata kuliah yang bahkan dari namanya saja sudah terdengar susah di mata kalian akan terasa mudah karena dosen bisa menyampaikan dengan cara yang asyik dan tidak membosankan. Caranya mungkin dengan berdiskusi santai. Terkadang juga memberikan penjelasan teori yang berhubungan dengan isu yang sedang up to date. Sehingga mahasiswa akan merasa ada interaksi yang sante tapi serius dengan dosennya. Dengan cara itu lah mahasiswa dapat menerima materi itu dengan mudah.

 

2. Dosen yang Punya Wawasan Luas dan Pikiran Berkembang

Tentu aja sebagai mahasiswa mengingkan mendapatkan pengetahuan yang luas . Yang tidak biasa-biasa saja yang bisa kalian dapat dari hanya membaca buku atau menonton televisi. Kalian ingin mendapatkan pengerahuan yang tidak terbatas.

Beruntunglah para mahasiswa yang memiliki dosan dengan wawasan luas dan pikiran berkembang. Karena beliau bukan hanya akan memberimu ilmu berdasarkan mata kuliah yang ia ajarkan saja lho. Tetapi ia juga pasti akan membagikan pengalaman-pengalaman menariknya. Bahkan info terbaru yang ia tau yang tidak bisa kamu dapat dari manapun lagi.

 

3. Dosen yang Bisa Menempatkan Mahasiswa Sebagai Rekannya

Kamu juga pasti sering kan merasa ada kecanggungan antara kamu dengan mahasiswamu. Boro-boro ingin menanyakan materi yang tidak mereka mengerti, untuk sekedar bicara saja mahasiswa terkadang sudah merasa canggung dan takut. Nah hal itu lah yang terkadang menjadi hambatan jarak yang cukup berarti antara dosen dan mahasiswanya.

Hambatan tersebut juga bisa membuat mahasiswa tidak enjoy dalam menjalankan aktivitas belajarnya di kelas bersama gurunya. Sehingga sekarang sudah ada banyak dosen yang mampu menempatkan mahasiswa sebagai rekannya. Jadi hambatan rasa canggung tadi akan terhapuskan dan perkuliahan pun akan terasa lebih santai dan nyaman.

Sebagai contoh misalnya dosen tersebut bisa berkomunikasi dengan mahasiswa menggunakan bahasa yang santai dan mudah dimengerti. Saat di kelas pun dosen nggak otoriter terhadap kamu dan teman-temanmu. Karena beliau memposisikan kamu sebagai rekannya , maka pendapat dan masukan dari kamu dan teman mahasiswa lainnya pun akan ia perhatikan.

 

4. Dosen yang Enggak Pelit Nilai

Yaa tanpa dipungkiri nilai menurut mahasiswa merupakan sesuatu yang penting juga kan dalam kuliah. Walaupun sebenernya nilai bukan sesutu yang mutlak menjadi penentu kesuksesan mereka nanti. Tapi kalo nilai mata kuliah jelek tentu aja bakal pengaruh dalam ipk atau indeks prestasi kumulatif mereka kan . kalo ipk kalian jelek maka mahasiswa akan merasa malu.

Ada banyak mahasiswa yang sangat anti sama dosen yang pelitnya nggak ketulungan. Tentu saja kalian termasuk para mahasiswa itu kan ? kalian pasti akan merasa sebel dan males ketika kalian udah rajin berangkat kuliah dan mengerjakan tugas tapi ketika nilai udah keluar kalian hanya mendapat nilai B atau bahkan C.

Tipe dosen prefeksionis yang tidak memudahkan mahasiswanya mendapatkan nilai A ini tentu aja banyak. Tapi dosen idaman mahasiswa tentu aja dosen yang nggak pelit ngasih nilai. Maksudnya dosen tersebut mampu mengapresiasi penuh usaha kalan dalam mengikuti mata kuliah yang ia ampu.

Dengan apresiasi penuh itu pula kalian akan merasa terdorong untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi kan ? Karena kalian bakal ngerasa kalo hasil usaha kalian nggak sia-sia.

 

5. Tipe Dosen yang Mampu Memahami Mahasiwanya

Tugas dan ujian adalah dua hal yang cukup bisa bikin pusing mahasiswa termasuk kamu juga kan ? Apalagi kalo tugas dan ujian itu berdatangan pada waktu yang bersamaan. Biasanya juga semakin numpuk tugas dan ujian itumaka mahasiswa akan merasa semakin berat untuk menyelesaikannya.

Yang bisa membuat mahasiswa tambah sebel adalah ketika punya dosen yang tidak bisa memahami mereka . Dosen tipe seperti ini biasanya tidak akan memikirkan apakah tugas ini akan memberatkan mahasiswanya atau tidak. Apakah ujian ini akan terlalu sulit untuk mahasiswanya atau tidak . Yang dosen ini pikirkan adalah mahasiswa harus mampu menyelesaikan tugas tepat pada waktunya dan mampu melaksanakan ujian dengan baik.

Beruntungnya mahasiswa yang bisa terhindar dari tipe dosen seperti itu. Karena tipe dosen idaman mereka pastinya adalah yang mampu memahami mahasiswa. Sebelum beliau meberikan tugas maka beliau akan memikirkan apakah itu cukup mampu dikerjakan oleh mahasiswanya atau tidak. Tempo pemberian tugas tersebut juga tidak berbarengan dengan tugas-tugas lain atau ujian lain. Sehingga kalian akan dapat maksimal dalam mengerjakan setiap tugas maupun ujian yang ada.

Nah itu tadi adalah tipe-tipe dosen idaman yang bikin mahasiswa nggak males untuk berangkat kuliah. Tipe dosen manakah yang menjadi favorit kamu semuanya ? Walaupun dosen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan mahasiswa dalam kuliah teapi faktor yang tidak kalah pentingnya adalah faktor dalam diri mereka sendiri.

Saat mahasiswa sudah memiliki niat yang kuat dan teguh dalam berkuliah maka kamu pasti akan tetap bersungguh-sungguh apapun kondisnya. Karena niat awal ssat kalian masuk kuliah harus tetap kalian peggang sampai lulus nanti . Jangan sampai niat dan semangat kuliah mereka hanya berhenti di tengah jalan.

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja