fbpx

10 Tips Bisa Bahasa Inggris, Mudah Banget, Lho!

tips bisa bahasa Inggris

Berburu tips bisa bahasa Inggris dengan baik dan benar mungkin akan kamu butuhkan saat mempelajari bahasa internasional satu ini. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa punya kemampuan bahasa Inggris yang baik bukan hal yang penting. Namun, akan menjadi berbeda bagi beberapa lagi yang lainnya. 

Meskipun kefasihan dalam bahasa Inggris tidak menjamin bisa memiliki karir cemerlang dan hidup lebih baik. Perlu diakui bahwa dengan kemampuan ini setidaknya seseorang punya pilihan lebih beragam. Mulai dari pilihan karir yang lebih banyak dan pilihan tempat berkarir yang lebih luas, karena bisa nyaman bekerja di negara lain. 

Kabarnya, belajar bahasa Inggris akan lebih mudah saat dilakukan di luar negeri. Khususnya negara yang memang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa ibu atau bahasa keseharian. Namun, tak harus demikian. Ada banyak cara bisa ditempuh untuk menguasainya dan tidak harus hijrah sampai lintas negara. 

Tips Bisa Bahasa Inggris dengan Mudah 

Bahasa adalah sesuatu yang digunakan untuk berkomunikasi bersama orang sekitar. Bahasa di dunia memiliki jenis yang sangat beragam, bahkan di Indonesia sendiri yang namanya bahasa ada banyak variannya. Mengingat di berbagai daerah sering memiliki bahasa daerah yang sifatnya khas. 

Bahasa Indonesia kemudian menjadi bahasa nasional yang dipakai untuk berkomunikasi dimanapun dan kapanpun di tanah air. Sementara itu, saat melakukan komunikasi dengan orang luar memang membutuhkan keterampilan bahasa Inggris yang baik. Sebab bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. 

Artinya dimanapun negara yang kamu datangi, kamu tidak perlu menguasai bahasa ibu di negara tersebut. Cukup satu bahasa saja, yakni bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris perlu ditingkatkan sejak dini sebab siapa tahu di masa mendatang bisa berkarir di negara lain. 

Ada banyak tips bisa bahasa Inggris yang bisa diterapkan untuk bisa menguasainya tanpa perlu jauh-jauh ke negara lain. Berikut beberapa tips yang dijamin mudah untuk diterapkan: 

1. Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle 

Punya kemampuan  bahasa Inggris yang baik terbilang penting untuk memperluas kesempatan berkarir setelah menyelesaikan pendidikan. Supaya bisa terasah sepertinya kamu bisa mencoba beberapa tips yang sifatnya gratis. Sehingga tidak perlu mengeluarkan modal namun tetap menghasilkan. 

Salah satu tipsnya adalah menonton film maupun drama yang menggunakan bahasa Inggris. Usahakan tanpa menggunakan subtitle atau teks terjemahan yang biasanya melintas di bagian bawah layar yang dipakai menonton. Teks terjemahan ini memang sangat membantu memahami maksud dari ucapan para tokoh. 

Hanya saja terlalu sering memakainya justru membuat kemampuan bahasa Inggris stagnan bahkan bisa semakin tumpul. Jadi, non aktifkan subtitle tersebut agar terbiasa mendengar kata-kata dengan bahasa Inggris. Secara perlahan akan mengingat bentuk kata tersebut dan bisa dicari artinya. 

Jadi, sediakan kamus di dekat tempat kamu menonton film tersebut atau instal aplikasi kamus di smartphone. Setiap ada kata baru yang belum kamu pahami bisa dicari dulu artinya. Perlahan dijamin akan mengingat dan tanda sadar jumlah kosakata yang dikuasai meningkat. Sehingga semakin fasih dalam bahasa Inggris. 

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cepat

2. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris dan Menyalin Liriknya 

Tips bisa bahasa Inggris yang juga mudah berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris. Lagu dengan bahasa Inggris dijamin mudah didapatkan atau ditemukan, apalagi sejak internet berkembang. Ada banyak aplikasi musik bisa diinstal di smartphone untuk mendengarkan banyak lagu barat. 

Selain itu, bisa juga mendengarkan lagu barat dari kanal Youtube. Lagu barat juga membantu memperbanyak kosakata yang bisa dikenal. Silahkan menghafalkan liriknya dan menuliskannya di kertas atau aplikasi khusus untuk membuat catatan. Setiap kata yang tidak mudah dipahami bisa dicari dulu artinya. 

Pelan namun pasti ada lebih banyak kata bisa dimengerti dan dipahami bagaimana menggunakannya. Meskipun belajar bahasa Inggris dari lagu kurang tepat karena biasanya susunannya tidak selalu sesuai dengan grammar. Namun tetap bisa dicoba untuk menambah kosakata dan nanti bisa dikembangkan sendiri. 

Selama ada banyak kosakata dihafal maka akan semakin mudah memakainya berkomunikasi. Cara ini membantu melatih keterampilan menggunakan bahasa Inggris secara langsung. Sehingga tidak akan rugi mencoba tips satu ini. 

3. Sering Membawa Kamus 

Upaya atau tips bisa bahasa Inggris berikutnya untuk mengasah skill bahasa asing ini adalah dengan sering membawa kamus. Kamus berisi banyak kosakata lengkap dengan artinya, dan bahkan dengan imbuhan khas bahasa Inggris. Sehingga bisa menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris. 

Kamus bisa dibuka setiap kali mengingat kata tertentu yang belum dipahami artinya. Selain itu bisa dipakai untuk mencari arti kata yang ditemukan saat membaca poster di jalan, membaca pengumuman di kampus, membaca kalimat iklan di website, dan lain sebagainya. 

Jika dirasa bepergian bersama kamus yang tepat tidak memberi rasa nyaman sama sekali. Maka bisa beralih ke kamus digital, yakni dengan menginstal aplikasi kamus bahasa Inggris. Tersedia di toko aplikasi seperti PlayStore maupun AppStore bagi pengguna iPhone. 

Kamus digital tentu lebih praktis dan ringkas, saat dibutuhkan tinggal klik ikon aplikasi di layar smartphone. Maka kata yang ingin diartikan bisa langsung ditemukan artinya. Perlahan amu akan hafal banyak kosakata dan semakin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. 

Baca Juga: 10 Tips Membaca Buku Bahasa Inggris agar Mudah Dipahami

4. Susun Kamus Sendiri Berisi Kosakata 

Selanjutnya dalam daftar tips bisa bahasa Inggris adalah menyusun kamus sendiri. MIsalnya saja pada saat menonton film bahasa Inggris dan menemukan kata yang masih asing. Maka bisa ditulis apa adanya, kemudian dicari bentuk susunan hurufnya seperti apa dan apa artinya. 

Susun semua kata yang sulit dan baru dikenal ini di dalam buku kecil dan tulis artinya jika sudah ditemukan. Selain itu, bisa juga kamus pribadi ini digunakan untuk menghafal banyak kosakata baru. Misalnya saja menyusun daftar kosakata yang umum dipakai dalam keseharian, dihafalkan, dan kemudian digunakan. 

Cara ini sederhana dan ternyata sangat efektif meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara otodidak. Sehingga bisa dicoba untuk bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Siapa tahu dengan kemampuan ini maka bisa mendapatkan kesempatan berkarir di perusahaan besar di luar negeri. 

5. Rajin Menggunakan Bahasa Inggris 

Selanjutnya, kamu bisa mencoba tips bisa bahasa Inggris dengan rajin menggunakannya. Semakin sering menggunakan bahasa Inggris semakin mudah menguasainya. Ada banyak cara bisa dicoba untuk menggunakannya dalam keseharian. 

Dimulai dari membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa Inggris saat bertemu teman yang juga belajar atau punya kemampuan bahasa Inggris lebih baik. Namun, bagaimana jika tidak memiliki teman yang bisa diajak berbahasa Inggris? Maka kamu bisa lari ke internet. 

Sebab kamu bisa masuk ke dalam sebuah forum online dan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara. Kolom komentar di dalam forum tersebut dijamin memakai bahasa Inggris. Silahkan bergabung dan kemudian ikut berkomentar menggunakan bahasa Inggris. 

Sampaikan permintaan maaf jika bahasa Inggris kamu belum bagus, supaya bisa dibantu oleh member forum untuk belajar lebih banyak lagi. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti akun-akun dari luar negeri yang postingannya memakai bahasa Inggris. Membaca apa yang diposting dan mengartikannya lalu ikut berkomentar bisa menjadi sarana latihan. 

Baca Juga: Ternyata, Membaca dan Bahasa Inggris Jadi Kendala Utama Dosen dan Mahasiswa di Indonesia

6. Bicara Bahasa Inggris di Depan Cermin 

Latihan dengan bahasa Inggris juga bisa dilakukan sendiri, dan salah satu tips bisa bahasa Inggris dengan cara ini adalah berlatih di depan cermin. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Berbicara dengan bahasa Inggris di depan cermin ternyata membantu melatih kepercayaan diri menggunakan bahasa tersebut. 

Hal ini penting, sebab jika mengucapkan kata apapun dalam bahasa Inggris dan kamu tidak percaya diri saat melakukannya. Maka rentan menyebutkan kata yang keliru dan bisa jadi memiliki arti yang berbeda. Menghindarinya, kamu perlu melatih kemampuan tersebut di depan cermin agar lebih percaya diri. 

Jika sudah percaya diri maka intonasi saat mengucapkan kata bahasa Inggris menjadi lebih tegas dan jelas. Selain itu otak akan memproses informasi dari memori kosakata yang diingat dengan lebih mudah. Tanpa disadari oleh lawan bicara kamu akan dinilai sudah fasih dalam bahasa Inggris. 

7. Belajar Lewat Youtube dan Podcast Berbahasa Inggris 

Belajar bahasa Inggris secara otodidak juga bisa memanfaatkan podcast dan juga video-video di Youtube. Youtube menawarkan banyak vlogger dan Youtuber yang memberi edukasi tentang bagaimana mempelajari bahasa Inggris. Aksesnya tentu gratis, hanya perlu modal kuota saja. 

Selain itu, Youtube juga menjadi media untuk menonton video musik berbahasa Inggris, film berbahasa Inggris, dan lain sebagainya. Semua ini tentu bisa digunakan sebagai sarana untuk mengasah keterampilan bahasa Inggris. Sehingga menjadi bagian dari daftar tips bisa bahasa Inggris selain poin yang lainnya. 

Podcast juga demikian, zaman sekarang dijamin anak muda akrab dengan yang namanya podcast. Biasanya berisi rekaman suara yang mengangkat tema komedi, cerita horor, cerita romantis, dan lain sebagainya. Sering mendengarkan podcast membantu mengasah keterampilan bahasa Inggri dan memperbanyak perbendaharaan kata. 

Sehingga tidak ada salahnya mendengarkan podcast secara rutin untuk mencari bahan pembelajaran. Podcast sendiri bisa ditemukan di Youtube, Spotify, dan juga di Apple Podcast untuk kamu yang menggunakan produk dari Apple. Manfaatkan fasilitas yang dimiliki agar kemampuan bahasa Inggris terus meningkat. 

8. Membaca Tulisan Berbahasa Inggris 

Tips bisa bahasa Inggris lain yang juga terbilang mudah untuk diterapkan adalah sering membaca tulisan berbahasa Inggris. Membaca berbagai jenis tulisan dengan bahasa internasional ini ternyata juga efektif mengasah keterampilan untuk menguasainya. Sebab bisa menambah perbendaharaan kata. 

Selain itu bisa menambah wawasan mengenai grammar, karena tulisan bahasa Inggris di dalam website maupun buku umumnya sesuai ketentuan penulisan. Tambahan lainnya adalah bisa membantu mempergunakan kosakata dengan baik, yakni mampu menyusunnya dengan baik. 

Mulai dari penggunaannya secara lisan maupun dalam bentuk tulisan. Silahkan dimulai dengan mencari tulisan bahasa Inggris yang mudah untuk dibaca dan dipahami. Tidak masalah jika memulainya dari buku untuk anak-anak, yang berisi kalimat pendek karena akan menjadi langkah awal yang baik. 

Tulisan bahasa Inggris sendiri bisa didapatkan dari banyak sumber literatur. Mulai dari buku, artikel di koran atau surat kabar dan majalah, artikel online di internet, dan lain sebagainya. Semakin sering membaca maka semakin mudah untuk menguasai bahasa Inggris tersebut, sehingga patut untuk dicoba. 

Baca Juga: Dosen FKIP UMK Undang Siswa dan Guru SD untuk Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

9. Menggunakan Aplikasi Berbahasa Inggris

Tips bisa bahasa Inggris selanjutnya adalah menggunakan aplikasi di smartphone yang memakai bahasa Inggris. Jadi, pada saat menginstal aplikasi ada baiknya mencari yang menggunakan bahasa Inggris. Atau tersedia pengaturan bahasa Inggris di dalamnya untuk beralih dari bahasa asli. 

Cara ini juga terbilang efektif yang kemudian sangat tepat untuk dicoba. Alasannya adalah karena bisa membantu mengenal lebih banyak kosakata dan memudahkan proses mengingatnya. Sebab aplikasi dijamin sering digunakan, bahkan lebih sering dibandingkan aktivitas lainnya. 

Sehingga orang-orang yang ingin bahasa Inggrisnya lebih lancar sebaiknya mengatur bahasa di aplikasi dengan bahasa Inggris tersebut. Supaya perbendaharaan kata lebih meningkat sekaligus paham susunan kata yang kadang berada di dalam kalimat yang sulit, supaya terbiasa dan menjadi cepat paham. 

10. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris 

Terakhir, adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Cara ini memang tidak gratis seperti aneka tips bisa bahasa Inggris yang sudah dipaparkan sebelumnya. Namun terbilang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa Inggris. 

Ada banyak keunggulan ditawarkan dari kursus bahasa Inggris. Dimulai dari adanya dampingan mentor berpengalaman dan memang fasih bahasa Inggris. Dampingan mentor ini penting untuk memastikan kamu belajar bahasa Inggris dengan benar sejak awal. Mulai dari masalah kosakata, pengucapannya, dan bentuknya dalam kalimat. 

Keuntungan lainnya, adalah bisa mempelajari bahasa Inggris secara sistematis. Dimulai dari materi atau pembahasan yang sederhana dan mudah lalu berlanjut ke tingkat tertentu dan semakin lama semakin sulit. Mempelajari sesuatu secara sistematis tentu jauh lebih efektif. 

Ibarat akan berlari, maka seorang anak dijamin belajar berdiri dulu. Saat kakinya sudah kuat maka belajar berjalan. Setelah mahir berjalan baru kemudian belajar berlari, dan setelah itu mengikuti proses untuk menjadi pelari profesional. 

Jadi, tips satu ini sangat bisa dipertimbangkan khususnya untuk kamu yang tidak ingin belajar secara sia-sia. Sebab ada kalanya sudah susah payah belajar bahasa Inggris secara otodidak. Ternyata sumber pembelajaran tidak kredibel dan apa yang dipelajari selama ini ternyata salah kaprah. 

Supaya nyaman, silahkan memilih tempat kursus bahasa Inggris terbaik. Dimana mentornya memberi rasa nyaman dan memang ahli dalam bahasa Inggris. Sekaligus dari segi biaya terbilang rasional dengan kemampuan finansial. Jangan sampai kursus tersendat di tengah jalan karena keterbatasan biaya. 

Tak kalah penting di dalam tips bisa bahasa Inggris satu ini adalah memilih tempat kursus yang memang terpercaya. Utamakan yang sudah punya jam terbang tinggi karena dijamin akan profesional dalam memberi materi. Selain itu ada jaminan memperoleh sertifikat sebagai bukti kalau kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

Dari penjelasan di atas tentu bisa diketahui bahwa ada banyak cara bisa ditempuh untuk menguasai bahasa Inggris. Silahkan memilih tips atau cara yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan dan kamu menyukainya. Sebab belajar bahasa Inggris harus kontinyu sampai bisa. 

Kalau kamu sendiri tidak suka dengan metode yang digunakan, maka akan memperlambat proses penguasaan bahasa asing tersebut. Jadi, selalu utamakan cara yang dianggap paling nyaman dan tentunya yang terbukti efektif. Sehingga seiring berjalannya waktu kemampuan bahasa Inggris terus meningkat. 

Kemampuan bahasa Inggris yang baik bisa membuka banyak peluang karir. Misalnya bekerja di perusahaan multinasional, bekerja di luar negeri, berkarir menjadi penerjemah, menekuni profesi sebagai penulis bahasa Inggris yang bayarannya lebih tinggi, menjadi guide tour, dan lain sebagainya. 

Penulis: duniadosen.com/Pujiati

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja