fbpx

Syarat Umum dan Tips Cepat Raih Gelar Ph.D

Syarat Umum dan Tips Cepat Raih Gelar Ph.D

Menempuh pendidikan memang sebaiknya sebanyak-banyaknya dan setinggi-tingginya, terutama untuk pendidikan formal. Jika memang kondisi memungkinkan tidak keliru jika mengupayakan pencapaian gelar Ph.D di luar negeri. Ada banyak tips cepat raih gelar Ph.D dan kebanyakan adalah bagaimana mempersiapkan diri dengan baik untuk meraihnya. Sebab ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sebelum gelar ini resmi diberikan kepada seseorang. 

Baca juga : Seberapa Penting Mendapatkan Gelar Doktor?

Syarat Umum Mendapatkan Gelar Ph.D

Berbagai tips cepat raih gelar Ph.D tentu diperlukan, karena untuk meraih gelar ini diketahui memerlukan waktu lama. Itupun ada kemungkinan gelar Ph.D sulit untuk didapatkan meskipun sudah masuk ke perguruan tinggi luar negeri di jenjang tersebut. 

Hal ini tidak terlepas dari persyaratan yang cukup kompleks untuk meraih gelar Ph.D tadi, dan memang dibutuhkan kerja keras. Berikut adalah syarat umum yang perlu dipenuhi agar bisa mendapatkan gelar Ph.D tersebut: 

  • Mempublikasikan jurnal internasional, beberapa perguruan tinggi mewajibkan minimal 1 jurnal namun beberapa lagi bisa lebih dari satu bahkan bisa tiga atau lebih. 
  • Submit Thesis, sehingga thesis yang disusun sebaiknya segera diserahkan ke bagian akademik dari fakultas masing-masing. 
  • Lulus dari Ph.D Defense (Sidang Tertutup), bisa dikatakan tahap ini adalah tahap pengujian dan biasanya dalam bentuk wawancara yang dilakukan oleh 3 profesor maupun lebih selama 1 jam atau sesuai kondisi dan kebutuhan. 
  • Menjalani sidang terbuka, yakni dengan melakukan presentasi di hadapan beberapa dosen dari fakultas yang sama untuk kemudian melakukan kegiatan tanya jawab. 
  • Wisuda, bisa dikatakan sebagai proses dan syarat akhir untuk bisa mendapatkan gelar Ph.D. Salah satu tips cepat raih gelar Ph.D adalah segera menjalani sidang agar bisa segera wisuda, sehingga perlu fokus saat mengerjakan thesis. 

Tips Cepat Meraih Gelar Ph.D 

Syarat-syarat di atas memang cukup kompleks, dan bisa jadi proses selama menjalaninya memakan waktu yang terbilang lumayan. Lalu, bagaimana agar bisa melewati semua proses dan syarat tersebut? Berikut sejumlah tips cepat raih gelar Ph.D yang bisa diterapkan:

1. Mengatur Waktu dengan Baik 

Meraih gelar Ph.D tidak cukup hanya kuliah santai, namun butuh kerja keras dengan pengaturan waktu yang baik. Memperbanyak jam belajar baik belajar secara mandiri maupun dengan kelompok. 

Selain itu perlu disiplin dalam mengatur kegiatan, sehingga setiap tugas dan materi bisa diselesaikan dengan baik. Sekaligus dikuasai untuk mencegah nilai jelek yang membuat Anda perlu mundur ke belakang karena harus mengulang. 

2. Semangat Belajar

Dalam daftar tips cepat raih gelar Ph.D membaca buku menjadi bagian penting di dalamnya. Semakin banyak buku yang dibaca semakin banyak ilmu dan pengetahuan didapatkan. 

Semua ilmu ini akan bermanfaat di ruang perkuliahan sehingga bisa membantu mendongkrak nilai. Seterusnya akan membantu proses kelulusan S3 menjadi lebih cepat. Oleh sebab itu jangan malas membaca supaya bisa segera mendapat gelar Ph.D tadi. 

3. Belajar Bekerja dalam Tim 

Selama proses pembelajaran akan banyak melakukan penelitian, apalagi ada kewajiban mempublikasikan jurnal internasional. Dipastikan akan lebih sering bekerjasama dalam tim baik saat melakukan penelitian maupun pembelajaran konvensional. 

Jadi, biasanya diri sejak awal untuk bersosialisasi sehingga banyak mahasiswa lain yang dikenal dan bisa diajak sebagai tim. Maupun Anda ditawari untuk menjadi bagian dari tim yang mereka bentuk. Langkah ini akan mempercepat penelitian dan penerbitan karya ilmiah di jurnal internasional. 

4. Menguasai Jurusan yang Dipilih 

Jika Anda menguasai jurusan yang dipilih maka akan semakin mudah untuk lulus dengan cepat. Oleh sebab itu sebagai tips cepat raih gelar Ph.D penting untuk memilih jurusan dengan tepat, yakni yang sesuai keahlian dan minat. 

5. Memiliki Motivasi 

Anda juga butuh penyemangat atau motivasi untuk fokus dalam mengerjakan tugas kuliah, penelitian, termasuk thesis. Oleh sebab itu memiliki motivasi yang jelas dan fokus mengejar atau mewujudkan motivasi tersebut. 

6. Memperbaiki Kualitas Bahasa 

Pastikan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris maupun bahasa dari negara dimana Anda melanjutkan studi S3. Sebab literatur dan sumber pembelajaran lain termasuk dosen pengajar pasti memakai bahasa asing. Pastikan untuk dikuasai agar lebih mudah mempelajari semua sumber pembelajaran tersebut. 

Melalui sejumlah tips cepat raih gelar Ph.D di atas tentunya bisa membantu Anda untuk bisa segera menyelesaikan studi S3 yang diambil. Kuncinya memang ada pada diri Anda sendiri, sehingga perlu fokus dan selalu termotivasi. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

sumber: 
https://news.okezone.com
https://nazroel.id

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322