fbpx

Tips Dosen Produktif Penelitian dan Publikasi

Tips Produktif Penelitian

Laode Muhamad Fathun, S.IP., M.H.I., selain menjadi dosen di jurusan Hubungan Internasional di Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jakarta ia juga menjadi peneliti, reviewer dan editor dibeberapa jurnal nasional. Dari pengalamannya mengelola jurnal, dosen yang akrab disapa Fathun ini membagikan tips dosen  produktif penelitian dan publikasi.

Fathun saat ini juga aktif menjadi Kepala Lab Diplomasi FISIP UPN veteran Jakarta dan Pemimpin Redaksi Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional tersebut mengatakan, dosen sebaiknya selalu menyiapkan rencana proposal penelitian minimal satu tahun sekali, terlebih jika memperoleh dana hibah penelitian dari Kemenristek-BRIN.

Karena pada hakikatnya, ketika dosen melakukan penelitian yang merupakan tugas yang tercantum dalam tridharma perguruan tinggi tersebut bukan sekadar untuk menunaikan kewajibannya sebagai dosen. Namun, tentang bagaimana memberikan sumbangsih dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam masyarakat.

Point Penting Dosen Produktif Penelitian dan Publikasi

Yang perlu ditekankan adalah point penting dosen lakukan penelitian adalah membuat road map atau peta jalan penelitian. Hal ini penting dilakukan karena sering menjadi pertimbangan tim reviewer. Road map itu akan menunjukkan gambaran, arah serta target penelitian yang ingin dicapai sepanjang karir professional.

Tunjukkan bidang-bidang utama kepakaran dan memberikan gambaran bidang yang sudah, sedang, dan yang akan diteliti. Dapat menjawab pertanyaan ingin menjadi ahli di bidang apa, menjawab kebutuhan masyarakat.

Tips Dosen Produktif Penelitian dan Publikasi

Berikut tips dari Fathun yang berpengalaman menjadi peneliti, di antaranya sebagai peneliti Tamu Kementrian Pertahanan tahun 2017 dan menjadi peneliti terbaik IQRA 2018:

Pastikan Anda Memiliki Kepakaran

Pada poin ini akan memacu Anda untuk selalu mengupdate bidang kepakaran Anda baik konteks teori, isu dan metodologi.

Mencari Info Pembukaan Riset Ilmiah

Menggiatkan diri mencari informasi pembukaan riset ilmiah, baik institusi dalam maupun luar negeri. Selain itu dari sisi publikasi mencari jurnal-jurnal yang membuka peluang call for paper.

Pastikan Memiliki Draft Riset

Memastikan bahwa Anda punya draft riset atau publikasi setiap semester, sehingga ketika ada peluang-peluang di atas Anda bisa mengambilnya.

Perluas Kolega

Sebagai dosen yang ingin tetap produktif penelitian dan publikasi dibutuhkan jaringan kolega atau relasi yang memiliki minat yang sama untuk berkolaborasi. Salah satu caranya bergabung dengan grup-grup atau asosiasi dosen yang satu rumpun bidang ilmu, tergabung dalam komunitas dosen, dll.

Harus Produktif

Menjadi dosen muda di era milenial harus produktif, informatif, dan memiliki kemampuan teknologi. Dosen harus punya motivasi, target, dan etika untuk tetap tetap kompetitif.

Sebagai Tanggungjawab dan Komitmen Dosen

Menurut Fathun, sebagai dosen penelitian dan publikasi adalah tugas wajib seseorang yang berkomitmen berprofesi dosen. Melakuan penelitian dan publikasi tersebut juga sebagai wujud kepakaran dosen, kemampuan teknologi, serta kemampuan emosional. Begitu juga sebagai tantangan agar terus bersemangat.

Dosen yang memperoleh predikat Dosen HI Terbaik tahun 2019 ini pun telah melakukan banyak penelitian di bidang keilmuannya yaitu Hubungan Internasional. Di antaranya penelitian tentang diplomasi dan negosiasi, kebijakan luar negeri dan keamanan maritim, dll yang bisa dicek di Google Scholar, IQRA, dan PPI Tiongkok.

Selain di Google Scholar, luaran hasil penelitiannya juga Fathun tuliskan dalam sebuah buku yaitu Indonesia dan Keamanan Kontemporer di Asia Tenggara tahun 2018 dan Belt Road Inisiative dan Posisi Indonesia tahun 2019 serta beberapa buku dalam proses editing.

Penutup

Demikian artikel tips dosen tetap produktif penelitian dan publikasi dari Fathun, dosen HI UPN Veteran Jakarta. Semoga bermanfaat. Duniadosen.com Bersama Akademia Berkarya untuk Bangsa! (duniadosen.com/titisayuw)

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322