fbpx

8 Tips Mempersiapkan Serdos 2022

Tips Mempersiapkan Serdos

Setiap dosen tentu perlu mencari tahu daftar tips mempersiapkan serdos 2022. Kenapa? Sebab serdos menjadi momen penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas dirinya sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidupnya. 

Sertifikasi dosen yang kemudian lebih akrab disebut dengan istilah serdos bisa dikatakan sebagai kebijakan pemerintah yang ditujukan kepada dosen di Indonesia. Lewat serdos inilah pemerintah ingin memastikan dosen punya kualitas mumpuni. 

Sebagai bagian dari kebijakan tersebut, pemerintah kemudian mensejahterakan dosen yang sudah bersertifikasi. Yakni dengan memberi tunjangan sertifikasi yang secara aturan nilainya satu kali gaji pokok dan diterima dosen selama masih aktif menjalankan Tri Dharma. 

Supaya bisa diakui kompetensinya sebagai dosen dan mendapatkan tunjangan untuk kesejahteraan hidup dosen dan keluarga. Maka para dosen kemudian perlu mengikuti serdos tersebut. Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan? 

Alasan Mengikuti Serdos

Sebelum mengetahui apa saja tips mempersiapkan serdos 2022, maka bisa memahami dulu alasan kenapa para dosen perlu mengikutinya. Secara mendasar, serdos adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dosen.

Sementara itu, sertifikasi disini merupakan suatu proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen oleh Pemerintah setelah dosen mengikuti beberapa prosedur penilaian sebagaimana diatur dan tertuang dalam UU No. UU 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen serta tertuang dalam PP No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Meskipun harus diakui serdos bukan hal wajib untuk diikuti, apalagi tidak semua dosen memiliki sertifikasi profesi. Namun dengan mengikuti serdos dan dinyatakan lulus maka gerbang karir akademik yang lebih baik terbuka lebar. 

Jadi, ada banyak alasan kenapa dosen perlu mengikuti serdos dan melakukan tips mempersiapkan serdos 2022 dengan sungguh-sungguh. Alasannya sendiri antara lain: 

  • Menjadi dosen yang profesional dan diakui secara nasional, karena kepemilikan sertifikasi menjadi bukti dosen menguasai seluruh kompetensi untuk menjadi dosen yang profesional. 
  • Ikut memajukan kualitas pendidikan nasional, sebab dengan memenuhi kualifikasi memegang sertifikasi dosen maka sudah berkontribusi untuk menjalankan Tri Dharma dengan keterampilan yang mumpuni dan dilanjutkan sampai masa akhir pengabdian (usia pensiun). 
  • Ikut memajukan kampus tempat dosen mengabdi, sebab dosen bersertifikasi adalah salah satu indikator penilaian akreditasi. 
  • Bisa meningkatkan kesejahteraan, karena mendapatkan tunjangan sertifikasi dalam jumlah lumayan. 
  • Bisa mengembangkan karir akademik, sehingga bisa terus berkarya dan juga bisa terus mengembangkan diri sepanjang karir sebagai dosen. 

Baca Juga:

7 Tips Lolos Serdos bagi Dosen Pemula, Mudah Diterapkan!

Perubahan Jadwal Serdos Gelombang 3 2021

Panduan Serdos untuk Dosen DIKTIS

Serdos 2021 Siap Dilaksanakan, Simak Tahapannya!

8 Tips Mempersiapkan Serdos 2022 

Banyaknya alasan yang membuat serdos perlu diikuti oleh para dosen, membuat tips mempersiapkan serdos 2022 perlu diterapkan juga. Apa saja tipsnya? Berikut beberapa diantaranya untuk membantu memperbesar peluang lulus serdos: 

1. Mengikuti TKBI dan TKDA 

Persiapan pertama yang perlu dilakukan oleh dosen adalah terkait pemenuhan syarat mengikuti serdos 2022 itu sendiri. Pertama adalah sudah lulus passing grade untuk TKBI dan juga TKDA. 

TKBI dan TKDA hanya bisa dilakukan di lembaga pelatihan yang ditunjuk dan diakui oleh Kemendikbud Ristek. Jadi, cari tahu dulu semua lembaga dan organisasi yang masuk ke dalam daftar tersebut baru kemudian mendaftar pelatihan. 

Penting untuk punya dua hasil penilaian dari dua jenis tes tersebut agar bisa memenuhi syarat utama ikut serdos. Hal ini perlu dilakukan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kemungkinan perlu tes dua kali atau lebih. 

Selain itu, khusus untuk keperluan serdos maka masa berlaku di sertifikat hasil penilaian TKBI maupun TKDA dikesampingkan. Selama dosen sudah passing grade maka tes di tahun berapapun akan diterima. 

2. Mengikuti Pelatihan PEKERTI dan AA

Tips mempersiapkan serdos 2022 selanjutnya adalah mengikuti pelatihan PEKERTI dan AA yang juga merupakan syarat wajib untuk menjadi peserta serdos. Sama seperti TKBI dan TKDA, pelatihan ini perlu diikuti jauh-jauh hari. 

Sebab jadwalnya tidak dilaksanakan setiap hari dan juga hanya digelar oleh kampus tertentu yang resmi menjadi penyelenggara PEKERTI dan AA. Jadi, silahkan ikut pelatihan ini sejak awal tahun karena biasanya serdos gelombang pertama dimulai di pertengahan tahun atau menjelang pertengahan tahun tersebut. 

3. Menyiapkan PDD UKTPT 

Persiapan berikutnya adalah menyiapkan PDD UKTPT yang di tahun 2020 ke bawah disebut Deskripsi Diri. Jadi di tahun 2021 DD sudah tidak ada dan digantikan dengan PDD UKTPT. Namun pembuatan atau penyusunannya sedikit lebih sulit. 

Jika DD isinya adalah esai yang bentuknya tertulis, pada PDD UKTPT beberapa unsur harus dalam bentuk rekaman. Misalnya rekaman kegiatan mengajar, mengabdi kepada masyarakat, dan lain-lain. Jadi, PDD UKTPT perlu disiapkan sejak dini agar terselesaikan dengan baik. 

4. Update Data Profil di SISTER 

SISTER menjadi aplikasi penting untuk diupdate bagi dosen yang ingin mengembangkan karir. Sehingga untuk mengikuti serdos pun hal ini penting untuk diurus dengan baik sebagai bagian dari tips mempersiapkan serdos 2022. 

Seluruh data diri yang berkaitan dengan pelaksanaan Tri Dharma baik itu penelitian, publikasi, dan sejenisnya perlu di update berkala di SISTER. Aplikasi SISTER ini akan terhubung dengan aplikasi lain berkaitan karir dosen. Sehingga seluruh data dan prestasi Tri Dharma dosen akan diambil di SISTER. 

Baca Juga:

Jadwal Serdos 2021 Sudah Rilis, Catat Tanggal Pentingnya!

Apa Saja Portofolio untuk Ajukan Serdos? Dosen Harus Tahu!

Ini Perbedaan Serdos NIDN dan NIDK

Dosen Muda, Yuk Kenali Kendala Serdos Sejak Dini!

5. Berkomunikasi dan Berkoordinasi dengan Operator 

Tips mempersiapkan serdos 2022 selanjutnya adalah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan operator di kampus. Yakni untuk membantu mengupdate data di SISTER kampus agar sesuai dengan data di SISTER pusat. Kesesuaian ini penting agar dosen bisa lulus serdos 2022 tanpa kendala. 

6. Disiplin Mengerjakan BKD 

Persiapan penting berikutnya adalah berkaitan dengan BKD atau Beban Kerja Dosen yang nanti bermuara di Tri Dharma. Jadi, salah satu syarat untuk bisa mengikuti serdos adalah memenuhi BKD selama 4 semester atau 2 tahun berturut-turut. 

Jadi, dosen perlu rutin menyusun BKD dan melaporkannya sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Hal ini penting agar bisa dengan lancar mendaftarkan diri mengikuti serdos lalu fokus pada kebutuhan lainnya.

7. Menyiapkan Rekaman Penjelasan Proses Pembelajaran 

Sesuai dengan penjelasan tentang PDD UKTPT sebelumnya, maka dosen juga perlu menyiapkan seluruh dokumentasi pelaksanaan Tri Dharma. Khususnya untuk pengajaran dan pendidikan. 

Dimana dosen perlu melampirkan video di PDD UKTPT dengan durasi maksimal 30 menit. Dosen bisa mengunggah video hasil mengajar di zoom untuk kebutuhan satu ini yang dipangkas atau dipercepat menjadi 30 menit saja. 

8. Bergabung dan Aktif di Grup Sertifikasi Dosen 

Tips mempersiapkan serdos 2022 berikutnya adalah bergabung dan aktif di grup sertifikasi dosen, yakni di Telegram. Nama grupnya adalah Sertifikasi Dosen Nasional yangs setiap membernya bisa bertanya dan saling bertukar kiat untuk lulus serdos. 

Dengan melakukan sejumlah persiapan tersebut, maka dosen lebih siap menghadapi serdos Smart 2022. Memang tidak akan berbeda jauh dengan serdos sebelumnya, karena sistem baru sudah dimulai sejak serdos 2021 kemarin. 

Meskipun begitu menjalankan tips mempersiapkan serdos 2022 tetap penting untuk dilakukan. Sebab persiapan yang matang akan membuat segala sesuatu yang dilakukan memberi hasil lebih maksimal dan bahkan nyaris sempurna.

Artikel Terkait:

Ketua Panitia Serdos di Politala Berikan Tips Agar Lulus Serdos

Tips Lolos Serdos Menggunakan SISTER Ala Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti  

Pengalaman Dosen Mengikuti Serdos Berkali-Kali Akhirnya Lulus Juga

Ketahui Penyebab Tidak Lulus Sertifikasi Dosen(Serdos) Sejak Dini

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja