fbpx

14 Tips Mengerjakan TKDA dan TKBI untuk Serdos

Tips Mengerjakan TKDA dan TKBI

Sesuai dengan amanat UU, dimana dosen wajib mengikuti sertifikasi dosen maka perlu membekali diri dengan tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos. Kenapa? Sebab kedua jenis tes tersebut dijamin akan dilalui atau diikuti semua dosen yang belum serdos. 

TKDA dan juga TKBI adalah dua jenis tes yang menjadi syarat bagi dosen untuk bisa mengajukan diri mengikuti proses sertifikasi. Kedua jenis tes ini sendiri diselenggarakan oleh lembaga lain yang artinya bukan kampus sendiri. 

Meskipun begitu, lembaga tersebut sudah harus diakui oleh Kemendikbud Ristek sehingga skor yang didapatkan dianggap sah. Meskipun TKDA dan TKBI terdengar tes sederhana, aktualnya banyak yang gagal. Apalagi dengan diterapkannya passing grade

Lalu, bagaimana mengerjakan soal-soal di dalam TKDA maupun TKBI tersebut? Strateginya ternyata tidak susah dan berikut penjelasan lengkapnya. 

Sekilas Tentang TKDA dan TKBI 

Sebelum sampai ke pembahasan tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos, maka pahami dulu jenis tes tersebut. TKDA memiliki kepanjangan Tes Kemampuan Dasar Akademik. 

Tes ini akan menguji kemampuan dosen dalam hal kecerdasan verbal (bahasa lisan dan tulisan), kecerdasan numerik (materi hitung, dan juga kecerdasan figural (materi geometri dan geografi). 

Sedangkan TKBI memiliki kepanjangan Tes Kemampuan Bahasa Inggris, sehingga prinsipnya sama seperti tes TOEFL maupun IELTS. Jika pernah mengikutinya maka sama artinya sudah pernah menjalani TKBI. 

Kedua jenis tes ini menjadi dasar untuk menentukan kemampuan dosen dalam menguasai seluruh kompetensi sebagai pendidik di perguruan tinggi. Sehingga membekali diri dengan tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos sangat penting. 

Sebab selain wajib mengikuti keduanya juga diwajibkan mendapatkan skor minimal sesuai ketentuan passing grade yang telah ditentukan. Jika skor belum memenuhi passing grade otomatis harus mengulang lagi, padahal tes sifatnya berbayar. 

Baca Juga:

7 Tips Lolos Serdos bagi Dosen Pemula, Mudah Diterapkan!

Perubahan Jadwal Serdos Gelombang 3 2021

Panduan Serdos untuk Dosen DIKTIS

Serdos 2021 Siap Dilaksanakan, Simak Tahapannya!

Tips Mengerjakan TKDA dan TKBI untuk Serdos 

Meskipun dikenal susah, namun terbukti banyak dosen di seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkan skor sesuai atau bahkan melebihi passing grade yang ditentukan. Artinya, semua dosen tidak peduli bagaimana punya kesempatan sukses mengerjakannya. 

Supaya memiliki kesiapan yang cukup, berikut beberapa tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos agar bisa segera mengikuti serdos tahun ini: 

1. Tahap Persiapan 

Tips yang pertama adalah dilakukan di tahap persiapan yang terdiri dari beberapa hal yang penting untuk dilakukan dosen. Yaitu: 

a. Membiasakan Diri 

Kunci agar bisa mengerjakan soal-soal TKDA maupun TKBI dengan baik adalah membiasakan diri. Semakin terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris semakin mudah dalam mengerjakan soal TKBI. 

Begitu juga dengan TKDA, semakin sering mengasah kemampuan numerik, verbal, dan juga figural. Maka semakin terasa mudah dalam mengerjakan soal-soal TKDA tersebut. 

Tidak hanya lewat latihan soal namun juga membangun kebiasaan dalam keseharian. Misalnya rutin menonton film berbahasa Inggris untuk membiasakan diri dengan TKBI. Membiasakan mengobrol dan menulis untuk kemampuan TKDA. 

b. Mencari Tips dan Trik Ikut Tes 

Persiapan kedua adalah mencari trik dan tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos. Ada banyak dosen berbagi pengalamannya di blog maupun akun media sosial. Bahkan di grup baik itu WhatsApp maupun Telegram. 

c. Mencari Tipe Soal 

Persiapan berikutnya adalah mencari tipe soal, yang artinya perlu mencari tahu soal-soal seperti apa yang umum diberikan dalam TKDA dan TKBI. Sehingga memiliki gambaran nantinya akan menghadapi soal seperti apa. 

d. Belajar Teknik Mengerjakan Soal 

TKDA dan TKBI biasanya diberi waktu atau durasi pengerjaan yang dibatasi, maka terjadi proses peperangan waktu. Maka dibutuhkan teknik atau strategi dalam mengerjakan soal. Sebaiknya dipelajari jauh-jauh hari. 

e. Melakukan Aktivitas yang Mengasah Otak Kanan 

Persiapan berikutnya adalah melakukan aktivitas yang bisa mengasah otak kanan. Seperti menonton film, mendengarkan lagu, bermain musik, dan bisa juga dengan bermain game. 

f. Survei Lokasi Tes 

Persiapan berikutnya adalah survei ke lokasi tes, apalagi untuk dosen yang tinggal di kota padat sehingga sering terjebak kemacetan. Sehingga bisa menghitung kebutuhan waktu dalam perjalanan untuk menghindari keterlambatan. 

g. Belajar Sedikit Tentang Komputer 

TKDA dan TKBI di masa sekarang sifatnya sudah digital, bahkan di masa pandemi pelaksanaannya adalah secara online. Sehingga tes dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer. 

Jika memakai komputer sendiri dijamin tidak ada masalah. Namun, bagaimana jika komputer yang disediakan penyelenggara? Ada kemungkinan headphone error dan sebagainya. 

Maka sering-seringlah memakai komputer agar sedikit banyak paham tentang komputer. Ketika ada error sudah tahu apa yang sebaiknya dilakukan sehingga bisa fokus mengerjakan soal. 

2. Tahap Pelaksanaan

Tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos selanjutnya adalah di tahap pelaksanaan. Pada tahap ini sering dianggap klise dan tidak terlalu penting, padahal sebenarnya jika diterapkan efeknya sangat positif. 

Berikut adalah beberapa bentuk tips dalam tahap pelaksanaan tes agar lebih siap dan hasil tes bisa maksimal: 

a. Istirahatkan Otak 24 Jam Sebelum Tes 

Sehari sebelum tes ada baiknya mengistirahatkan otak dengan tidak belajar maupun mengerjakan soal-soal TKDA maupun TKBI. Tujuannya agar otak atau pikiran lebih tenang dan besok paginya lebih siap diajak bekerja keras. 

b. Datang 1 Jam Lebih Awal 

Tips berikutnya adalah mencoba datang lebih awal, dianjurkan 1 jam sebelum jadwal tes berlangsung. Kenapa? Alasannya banyak, yang pertama adalah untuk menghindari atau mengantisipasi efek terjebak kemacetan di jalan. 

Kedua, adalah untuk bisa menenangkan diri di tempat tes karena biasanya jika datang mepet atau bahkan terlambat dijamin gugup. Semua hal yang dipelajari sebelumnya bisa hilang begitu saja. 

Alasan ketiga, adalah bisa beradaptasi dengan ruangan tes sehingga bisa mencari ruangan mana dilaksanakannya tes. Supaya tidak salah masuk ruangan dan bisa mengetahui suasananya seperti apa. 

c. Membaca dan Memahami Aturan Selama Tes Berlangsung 

Selanjutnya adalah membaca dan memahami aturan selama tes berlangsung. Biasanya penyelenggara akan memberikan brosur atau dijelaskan secara langsung mengenai hal ini. 

SIlahkan didengarkan dan dipahami dengan baik untuk menjaga ketertiban selama tes berlangsung. Hal ini membantu mengikuti tes dengan baik dan tidak mudah panik, karena sudah mengikuti instruksi. 

d. Teliti Memilih Tempat Duduk 

Beberapa lembaga penyelenggara TKDA dan TKBI membebaskan peserta memilih tempat duduk. Hal ini termasuk fasilitas tambahan yang layak untuk disyukuri, karena bisa memilih tempat duduk terbaik. 

Utamakan tempat duduk yang nyaman dan tenang agar bisa fokus mengerjakan soal-soal. Hindari tempat duduk yang cahayanya berlebihan karena bisa mengurangi tampilan di layar komputer, sehingga tidak begitu jelas terlihat. 

e. Tes Komputer dan Audionya 

Selanjutnya adalah melakukan sedikit tes terhadap perangkat komputer dan perangkat audio yang disediakan pihak penyelenggara. Tujuannya agar bisa memastikan komputer bekerja dengan baik. 

Kemudian untuk audio, penting untuk dipastikan kualitas suaranya jelas dan juga nyaman di telinga. Silahkan gunakan komputer untuk menonton video guna melakukan uji coba. 

Jika ada masalah, misalnya mouse tidak berfungsi baik atau audio terlalu kecil maupun yang lainnya. Segera sampaikan ke pihak panitia penyelenggara. Sehingga setelah tes berlangsung bisa fokus dan mengerjakan dengan maksimal.

Baca Juga:

Jadwal Serdos 2021 Sudah Rilis, Catat Tanggal Pentingnya!

Apa Saja Portofolio untuk Ajukan Serdos? Dosen Harus Tahu!

Ini Perbedaan Serdos NIDN dan NIDK

Dosen Muda, Yuk Kenali Kendala Serdos Sejak Dini!

 

3. Tahap Mengerjakan TKDA 

TKDA adalah tes yang menguji kemampuan dosen atau peserta tes dalam keterampilan numerik, verbal, dan figural. Sebagian besar soal berbentuk hitungan seperti Matematika. 

Kemudian ada juga dalam bentuk deret gambar dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun sebagian besar soal adalah dari Matematika yang mencakup materi aljabar linier, probabilitas, deret angka, ruang bangun, dan lain-lain. 

Silahkan mengerjakan soal dengan cermat sesuai dengan materi yang sudah dipelajari sebelum tes berlangsung. Tidak ada salahnya mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. 

Sehingga bisa menghemat waktu, dan kemudian baru beralih ke soal-soal yang dianggap sulit. Namun, bisa juga dibuat sebaliknya jika merasa lebih nyaman. Yakni mengerjakan soal yang susah lebih dulu. 

Tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos yang dimulai dari soal susah bertujuan untuk mendapatkan jawaban terbaik. Sebab di masa awal tes biasanya otak masih segar dan konsentrasi masih penuh. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Tahap Mengerjakan TKBI 

Tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos berikutnya adalah pada saat mengerjakan soal-soal TKBI. Secara umum soal ada 100 nomor yang terbagi menjadi 50 soal reading dan sisanya adalah soal listening

Khusus untuk soal reading biasanya tidak ada masalah, karena memang soal bisa dibaca berkali-kali. Begitu juga dengan jawabannya sehingga sekali dibaca masih bingung bisa dibaca lagi sampai paham dengan baik. 

Namun lain halnya dengan soal listening yang tidak bisa diulang, apalagi untuk TKBI sendiri listening ini mendengarkan percakapan yang rumit dan cepat. Jika kemampuan bahasa Inggris masih minim dijamin akan mengalami kesulitan. 

Bahkan jika sudah mahir pun ada kalangan kecolongan, sehingga dibutuhkan strategi khusus agar bisa mendapatkan jawaban soal yang tepat dengan cepat. Soal biasanya akan muncul di layar komputer. 

Banyak yang menyarankan untuk membaca jawaban yang disediakan, sehingga bisa ditemukan mana jawaban paling benar setelah membaca soal atau pertanyaan. Jika menemukan soal yang susah, bisa memilih jawaban dengan pola paling berbeda. 

Biasanya jawaban seperti ini adalah jawaban yang benar, meskipun tidak selalu benar. Setidaknya bisa memperbesar peluang memilih jawaban yang benar. 

Kembali ke soal reading, salah satu tantangannya adalah berhadapan dengan teks yang panjang dan biasanya dalam bentuk cerita. Bisa hanya dua paragraf bisa lebih, sehingga sedikit memakan waktu. 

Disarankan untuk membaca kalimat pembuka dan kemudian menuju ke kalimat penutup. Sehingga bisa mengetahui inti dari paragraf panjang di dalam soal, agar bisa menghemat waktu dalam mengerjakan pertanyaan di bawahnya. 

Meskipun ada faktor keberuntungan dalam mengerjakan soal TKDA dan TKBI. Harus diakui, dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Maka bisa memperbesar peluang untuk memenuhi nilai ambang batas atau passing grade

Sehingga jangan pernah menyepelekan kedua tes tersebut maupun tes apapun dengan mengatakan semua karena faktor keberuntungan. Aktualnya, banyak dosen dengan persiapan matang bisa mendapat skor tinggi. 

Sehingga bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya karena tidak harus mengulang tes lebih dari sekali. Silahkan menerapkan berbagai tips mengerjakan TKDA dan TKBI untuk serdos yang dipaparkan di atas. Sehingga bisa memperbesar peluang untuk lulus dengan skor memuaskan. 

Artikel Terkait:

7 Tips Losos Tes TKDA Serdos yang Wajib Diketahui

Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara TKBI/TKDA 2022 dan Tips agar Passing Grade

Daftar Kampus Penyelenggara Resmi TKDA TKBI Serdos 2021

Jadwal TOEP dan TKDA PLTI untuk Periode Maret 2021

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja