fbpx

UGM Buka Lowongan Dosen Tetap untuk 19 Fakultas dengan 258 Formasi

UGM Buka Lowongan Dosen Tetap 19 Fakultas dengan 258 Formasi

Bagi siapa saja yang ingin menjadi dosen, bisa memanfaatkan peluang UGM buka lowongan dosen tetap 19 fakultas dengan 258 formasi. Info lowongan dosen ini tentunya menjadi momentum penting. 

Sehingga bisa mewujudkan mimpi menjadi dosen, apa lagi kesempatan ini adalah dosen tetap. Semakin menarik, bukan? Jika tertarik, simak informasi detail mengenai lowongannya di bawah ini. 

UGM Buka Lowongan Dosen Tetap 

UGM (Universitas Gadjah Mada) kembali membuka lowongan dosen di tahun 2022. Tahun ini diketahui ada 19 fakultas di UGM yang membutuhkan tambahan dosen baru. Total jumlah dosen baru yang dibutuhkan adalah 258 orang. 

Pendaftaran dosen tetap baru oleh UGM dibuka sejak 2 September 2022 kemarin dan ditutup pada 1 Oktober 2022 mendatang pada pukul 23.59 WIB. Pendaftarannya sendiri secara online dan melalui laman http://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/

Pengumuman lowongan dosen tetap di 19 fakultas UGM ini sendiri diumumkan secara resmi melalui Pengumuman Resmi. Yakni Pengumuman Nomor 9375/UN1.P.IV/DSDM/KP.02.01/2022 Tentang Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Universitas Gadjah Mada Tahun 2022.

Jumlah 258 dosen baru tentunya terbilang cukup banyak, yang menunjukan jika UGM tengah buka lowongan dosen tetap 19 fakultas secara besar-besaran. Bagi siapa saja yang memang memiliki cita-cita menjadi dosen bisa mencoba melamar. 

Apalagi, UGM adalah PTN yang tentu perhatian terhadap karir akademik dosen-dosen di bawah naungannya cukup besar. Ditambah ada kepastian terkait gaji yang bisa dikatakan sangat layak. 

Alasan lain kenapa lowongan ini perlu dipertimbangkan adalah karena lowongan ditujukan untuk dosen tetap. Artinya, dosen yang sudah lolos proses seleksi otomatis akan diangkat menjadi dosen tetap yang memiliki NIDN dan jenjang karir akademik. 

Jadi, silahkan dimanfaatkan dengan mengirimkan lamaran. Namun, pastikan sudah mengecek informasi lowongannya seperti apa. Misalnya kebutuhan dosen di fakultas mana saja dan persyaratannya apa saja agar tidak sekedar mengirimkan lamaran lalu ditolak. 

Baca Juga:

Cara Mengetahui NIDN Dosen 

Tips Sertifikasi Dosen 

Cara Menghitung Beban Kerja Dosen 

Dosen Pengampu dan Kategori Dosen Lainnya

Apa Saja Persyaratannya? 

Lowongan dosen tetap di UGM ini terbuka untuk lulusan Magister (S2) dan juga untuk lulusan Doktor (S3). Persyaratannya kemudian dijelaskan terbagi menjadi 3 jenis dimulai dari persyaratan umum, persyaratan khusus Magister, dan persyaratan khusus Doktor. Berikut detailnya: 

1. Persyaratan Umum Lowongan Dosen UGM Tahun 2022 

Berikut adalah persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh semua pelamar di lowongan dosen UGM tahun 2022: 

  • Berkewarganegaraan Indonesia atau warga negara asing yang memenuhi persyaratan perundang-undangan
  • Ijazah terakhir berasal dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri terakreditasi A/Unggul atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;jasmani dan rohani
  • Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (surat keterangan diserahkan apabila sudah dinyatakan diterima)
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat
  • Bersedia menjalani ikatan dinas di Universitas Gadjah Mada dan tidak mengundurkan diri selama lima tahun terhitung mulai tanggal diangkat sebagai calon dosen tetap
  • Tidak memiliki hubungan keluarga (istri, suami, anak, adik, kakak, menantu) dengan dosen dan/atau tenaga kependidikan dalam satu departemen atau program studi yang dilamar
  • Mendapat rekomendasi dari dua orang yang terdiri dari: Dosen dari tempat menempuh pendidikan dan/atau atasan tempat bekerja
  • Satu peserta hanya dapat mendaftar pada satu formasi
  • Persyaratan umum berubah jika diatur khusus dalam persyaratan tambahan.

2. Persyaratan Khusus untuk Kualifikasi Magister (S2) 

Sementara untuk pelamar yang memenuhi kualifikasi pendidikan minimal Magister (S2), berikut beberapa syarat khusus yang wajib dipenuhi selain syarat umum di atas: 

  • Berusia maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2022 untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan Magister/Spesialis 1
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.50 (skala nilai 0-4) khusus lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri
  • Memiliki skor TOEFL resmi ETS dengan nilai minimal 500 (PBT), 173 (CBT), 61 (IBT), atau IELTS minimal 6, atau AcEPT minimal 268; atau memiliki kemampuan bahasa asing yang linier dengan kebutuhan program studi dan termasuk dalam bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa yang setara dengan skor TOEFL 500 (PBT) yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan). Bagi lulusan perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar tidak dipersyaratkan TOEFL (melampirkan surat keterangan)
  • Memiliki nilai Tes Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan):
  1. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) yang diselenggarakan oleh UGM dengan skor minimal 550; atau
  2. Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) yang diselenggarakan oleh UNPAD, UI, UNAIR, BAPPENAS, atau PLTI (HIMPSI) dengan skor minimal 550; atau
  3. Graduate Record Examination (GRE)/ Graduate Management Admission Test (GMAT)/ Scholastic Assessment Test (SAT)/ Cognitive Abilities Test (CogAT)/ Law School Admission Test (LSAT) dengan skor minimal setara dengan skor PAPs/TKDA 550;
  • Persyaratan nomor 3 dan 4 dikecualikan bagi pendaftar yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) atau sedang menempuh program doktoral yang relevan dengan formasi yang dilamar
  • Membuat surat pernyataan kesanggupan apabila diterima dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM segera melanjutkan studi Doktor/Spesialis 2 maksimal tiga tahun sejak diangkat menjadi Dosen Tetap.

3. Persyaratan Khusus untuk Kualifikasi Doktor (S3) 

Sementara untuk pelamar yang memenuhi kualifikasi pendidikan minimal Doktor  (S3), berikut beberapa syarat khusus yang wajib dipenuhi selain syarat umum di atas:

  • Berusia maksimal 50 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2022 untuk pelamar dengan kualifikasi Pendidikan Doktor/Spesialis 2. 
  • Pelamar yang sedang menempuh program S3 tanpa melalui S2 (tidak memiliki ijazah S2) dapat mengikuti proses seleksi dengan ketentuan jika dinyatakan lulus seleksi, baru bisa diangkat menjadi Dosen Tetap setelah lulus S3 maksimal tiga tahun terhitung sejak dinyatakan lulus seleksi.

Tata Cara Pendaftaran 

Bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan umum dan khusus tersebut, maka bisa mengirimkan berkas lamaran. Pengajuan berkas dilakukan secara online, berikut prosedurnya: 

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem informasi di laman http://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/ sistem dibuka pada tanggal 2 September 2022 pukul 16.00 WIB dan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB. 
  2. Melengkapi dan mengunggah file pdf dan jpg/jpeg (khusus untuk pas foto) melalui http://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/

Detail mengenai jenis dokumen dan formatnya bisa mengikuti ketentuan yang tercantum di laman tersebut. Para calon dosen yang mendaftar cukup melengkapi seluruh dokumen tersebut dan menunggu konfirmasi berikutnya. 

Sebab dari pihak UGM sendiri menjelaskan, proses seleksi akan dilakukan beberapa tahap. Dimulai dari tahap administrasi, psikotes, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan sudah mempersiapkan diri dengan baik agar lolos seluruh proses rekrutmen tersebut. 

Artikel Terkait:

Tunjangan PNS di Luar Gaji Pokok, Ini Besarannya

Berapa Gaji dan Tunjangan Profesor? Berikut Detailnya

Mau Tau Gaji Dosen PNS? Simak ini

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja