fbpx

Berkenalan dengan Kertas Ukuran A4 Beserta Penggunaannya

Berkenalan dengan Kertas Ukuran A4 Beserta Penggunaannya

Kegiatan menulis tentu akrab dengan kertas, terutama kertas ukuran A4 yang memiliki fungsi atau kegunaan lebih kompleks dibanding ukuran kertas lainnya. Kertas merupakan salah satu bahan olahan dari batang pohon jenis tertentu. 

Kemudian diproses menjadi bubur hingga kemudian terbentuk menjadi lembaran keras, seperti yang kita kenal dan kita gunakan selama ini. Kertas kemudian menjadi kebutuhan penting, khususnya bagi pelajar, mahasiswa, dosen, guru, dan juga para pekerja kantoran. 

Sedikit memahami dan mengenal lebih jauh mengenai kertas ukuran A4 maupun ukuran dan jenis lainnya, tentu memberi pengetahuan dan pengalaman seru. Berikut informasi lengkapnya. 

Baca juga : Tips Menulis Buku Hasil Penelitian
Baca juga : Tips Menulis Buku Ajar Dan Manfaat Yang Didapatkan

Berkenalan dengan Berbagai Jenis Kertas  

Ukuran kertas secara umum menggunakan huruf kapital dan kemudian diikuti oleh angka dengan bilangan tertentu. Jenis kertas yang paling umum digunakan adalah dari jenis A, B, dan juga F. 

Perbedaan kode huruf ini mengarah pada detail ukuran, sehingga masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Setelah dituliskan dalam bentuk huruf maka jenis kertas ini kemudian diikuti oleh angka tertentu. 

Misalnya untuk jenis kertas A, maka akan menjumpai ukuran A4, A3, A5, A6, dan lain sebagainya. Pada dasarnya angka di belakang huruf akan menginformasikan perbedaaan ukuran di masing-masing kertas. 

Semakin kecil angka yang ditulis maka semakin lebar dan besar permukaan kertas tersebut. Misalnya saja antara kertas ukuran A4 dengan kertas A0 maka jauh lebih lebar ukuran A0. Ukuran kertas A4 adalah 21.0 x 29.7 centimeter. 

Sedangkan pada kertas ukuran A0 adalah 84.1 x 118.9 centimeter, sehingga semakin kecil angka yang digunakan maka semakin besar ukuran kertas tersebut. Logikanya adalah angka 0 menunjukan bagian kertas tidak dilipat, ketika dilipat menjadi 2 maka ukurannya A2. 

Sehingga A0 lebih lebar atau lebih besar dibandingkan dengan A2 dan seterusnya. Jadi, secara sederhana angka ini menunjukan berapa kali kertas ukuran A0 dilipat. Selain jenis A, kertas juga ada jenis B dan F namun yang paling umum digunakan adalah jenis A, khususnya A4. 

Kertas jenis B pada umumnya digunakan untuk kebutuhan mencetak poster, lukisan, foto, dan sebagainya. Sehingga saat ingin mencetak poster, sebaiknya memilih kertas jenis B dengan ukuran sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana dengan kertas jenis F? 

Kertas jenis F juga hadir dalam banyak ukuran, sama halnya dengan ukuran A4 maupun jenis B yang dijelaskan sebelumnya. Umumnya kertas ini ditujukan untuk kegiatan perkantoran sehingga paling umum dijumpai di tempat-tempat fotokopi. Paling sering dipakai adalah kertas F4 atau folio. 

Baca juga : Cara Menulis Jurnal Internasional Dengan Baik
Baca juga : Alasan Perlu Menulis Dan Menerbitkan Buku Di Penerbit Buku Dosen Terbaik

Berkenalan dengan Kertas Ukuran A4 dan Penggunaannya 

Diantara sekian jenis kertas yang disebutkan di atas, masyarakat memang lebih sering memakai kertas ukuran A4. Dimana penggunaannya menjadi sangat luas atau beragam dan juga dipakai oleh berbagai kalangan. 

Kertas A4 seperti yang disebutkan sekilas di atas memiliki beberapa spesifikasi, berikut penjelasannya: 

  • Ukuran untuk kertas A4 yang beredar di pasaran disesuaikan dengan standar ISO, yakni 21 x 29.7 cm atau 8.27 x 11.69 inci. 
  • Sedangkan untuk gramasi yakni berat kertas, di pasaran hadir dalam beberapa pilihan dimulai dari 60 GSM atau 60 gram sampai 80 GSM. Pemilihan berat disesuaikan kegunaan, jika dipakai untuk mesin printer maka minimal berat 70 GSM. 
  • Jenis kertas ukuran A4 ada dua, yakni HVS yang berwarna putih bersih dan kedua adalah kertas buram yang berwarna abu-abu. Warna abu-abu ini sering digunakan di tempat usaha fotokopi, meskipun sekarang sudah banyak yang beralih ke HVS. 
  • Dilihat dari segi warna, kertas A4 biasanya ditemukan dalam warna putih, merah, hijau, biru, dan juga kuning. Harga kertas berwarna lebih murah dibanding kertas A4 berwarna putih. 

Dibandingkan dengan jenis dan ukuran lainnya, kertas ukuran A4 adalah yang paling jamak digunakan. Secara umum penggunaan atau fungsi dari kertas jenis ini adalah sebagai berikut: 

1. Digunakan di Lingkungan Kantor 

Penggunaan dan fungsi pertama dari kertas jenis A4 ini adalah untuk segala kegiatan cetak di lingkungan kantor. Kertas ini dipilih karena memiliki spesifikasi yang cocok untuk segala jenis mesin printer. 

Selain itu, ukurannya juga cenderung pas tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, maupun tidak terlalu panjang. Karakter ini membuat kertas A4 mudah untuk diarsipkan baik itu dimasukan ke dalam folder maupun map penyimpanan. 

Tidak heran jika kertas jenis ini paling jamak digunakan di lingkungan kantor untuk keperluan mencetak berbagai dokumen. Mulai dari surat untuk internal maupun eksternal, memo, laporan harian maupun bulanan, dan lain sebagainya. 

2. Kertas untuk Bisnis Fotokopi 

Kegunaan dan fungsi kedua dari kertas jenis ukuran A4 adalah untuk mendukung bisnis fotokopi. Jadi, tidak perlu heran jika bisnis fotokopi di daerah dan kota kamu selama ini memakai kertas HVS maupun kertas buram dari ukuran ini. 

Alasannya sendiri kembali ke karakter kertas A4 yang cocok untuk segala mesin printer, dan juga berlaku untuk mesin fotokopi. Sehingga mencegah mesin fotokopi macet di tengah jalan yang tentu menyebabkan pemilik bisnis ini kehilangan pelanggan. 

Selain dijadikan media untuk fotokopi, kebanyakan bisnis fotokopi juga menjualnya dalam bentuk lembaran. Bahkan untuk jenis dan ukuran kertas apapun sesuai permintaan pasar di dekat tempat bisnis tersebut. 

3. Digunakan untuk Kegiatan Menulis 

Penggunaan berikutnya dari kertas ukuran A4 adalah untuk kegiatan tulis menulis. Baik itu dilakukan oleh kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Alasannya adalah karena sebagian besar tugas dari guru dan dosen diminta ditulis maupun dicetak di kertas ukuran ini. 

Selain itu, karena kertas ukuran ini juga sepertinya dirancang untuk keperluan tulis menulis. Sebab ukurannya pas ketika diletakan diatas meja kerja dan meja belajar, tanpa resiko ada bagian yang terlipat dan susah dijangkau. 

Selain itu, kebanyakan penulis buku atau pengarang juga akan mencetak hasil tulisannya dari softcopy ke hardcopy menggunakan kertas ukuran A4. Sehingga sangat sering dan lumrah digunakan untuk kegiatan menulis. 

4. Cocok untuk Kegiatan Menggambar 

Selain penggunaan di atas, kertas A4 baik itu HVS maupun buram juga sangat cocok untuk kegiatan menggambar. Terutama kertas jenis HVS yang memiliki tampilan warna putih yang bersih, sehingga proses menggambar bisa lebih detail. 

Permukaan kertas umumnya juga halus namun tidak begitu licin sehingga cocok untuk memoleskan pensil gambar. Kertas ukuran dan jenis ini kemudian juga sering dipilih masyarakat untuk membuat sketsa, sebab ukurannya pas tidak kecil tidak juga besar. 

Kertas dengan segala jenis dan ukuran di masyarakat memang memberi fasilitas untuk melakukan pekerjaan apapun yang perlu dituangkan dalam bentuk hardcopy. Jenis yang paling sering digunakan adalah kertas, ukuran A4 Dengan segala kelebihannya. 

Kamu pun dijamin sangat akrab dengan kertas jenis ini, baik ketika masih sekolah, kuliah, maupun ketika masuk di dunia kerja. Supaya mendukung kenyamanan aktivitas apapun dengan kertas ukuran A4, silahkan memilih farmasi terbaik dan dari merek terbaik juga. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Share ke sosial media
Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132