fbpx

11 Universitas Terbaik di Indonesia yang Masuk Universitas Terbaik se-Asia

universitas terbaik di Indonesia
Universitas Indonesia merupakan universitas terbaik di Indonesia

Universitas terbaik di Indonesia ada empat yang saat ini menjadi pusat perhatian masyarakat. Berikut keempat universitas berdasarkan yang dilansir oleh International calleges & Universities. Setidaknya keempat universitas ini, di tahun 2016 masih menjadi tujuan pelajar yang baru lulus.

Berikut adalah daftar universitas berdasarkan peringkatnya. Pertama, Institut Teknologi Bandung (ITB). Kedua,Perguruan Tinggi yang paling terkenal di Yogyakarta. Di mana lagi selain Universitas Gadjah Mada (UGM). Ketiga, dari kedua universitas di atas, ada universitas yang familiar kita dengar. Yaitu Universitas Indonesia (UI). keempat, Universitas Sebelas Maret, Solo.

Berbeda berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds pada tahun 2016 menentukan ada 11 universitas terbaik di Indonesia yang masuk ke nominasi peringkat se Asia. Berdasarkan hasil riset Quacquarelli Symonds yang dilakukan tahun 2015, seasia ada 350 universitas terbaik.

Kesebelas universitas tersebut bisa di lihat pada tabel di bawah. Syarat menjadi universitas yang masuk ke daftar universitas terbaik di asia, setidaknya memiliki beberapa kriteria. Yaitu memiliki program studi sarjana dan pasca sarjana dan survei dari responden staf pengajar dan staf administrasi secara global.

Adapun criteria penilaian yang lain, yaitu lembaga riset, baik riset dari program studi seni, ilmu hidup,sosial, teknologi dan rekaya, ilmu pengetahuan alam dan humanora. Tidak dapat dipungkiri, riset di negara maju menjadi pusat perhatian sekaligus sebagai penenentuk kemajuan suatu negara dan kesejahteraan masyarakatnya.

Berikut adalah ketiga peringkat teratas versi Quacquarelli Symonds. Peringkat pertama, Universitas Indonesia (UI), disusul Institut Teknologi Bandung (ITB), di peringkat ke tiga di duduki oleh Universitas Gadjah mada (UGM).

Berdasarkan urutan rangking, ternyata berbeda dengan International calleges & Universities. Adapun kesembilan universitas terbaik lainnya, tabel berikut ditulis berdasarkan nomor peringkat.

tes banner iklan

No Ranking Perguruan Tinggi
1 67 Universitas Indonesia (Jakarta)
2 86 Institut Teknologi Bandung (Bandung)
3 105 Universitas Gadjah Mada (Jogjakarta)
4 190 Universitas Airlangga (Surabaya)
5 191 Institut Pertanian Bogor (IPB)
6 199 Universitas Padjadjaran (Bandung)
7 231-240 Universitas Diponegoro (Semarang)
8 251-300 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya)
9 251-300 Universitas Muhammadiyah Surakarta (Solo)
10 301-350 Universitas Brawijaya (Malang)
11 301-350 Universitas Bina Nusantara (Jakarta)

 

Kesebelas universitas di atas adalah universitas terbaik di Indonesia yang masuk ke daftar universitas asia. Berikut adalah 20 daftar universitas terbaik Asia di tahun 2016 yang diambil dari Riset Quacquarelli Symonds.

Ranking  Universitas Negara
2016 2015
1 1 National University of Singapore (NUS) Singapura
2 2 University of Hong Kong (HKU) Hong Kong
3 4 Nanyang Technological University (NTU) Singapura
4 5 The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) Hong Kong
5 11 Tsinghua University China
6 3 KAIST – Korea Advanced Institute of Science and Technology Korea Selatan
7 9 City University of Hong Kong Hong Kong
8 6 The Chinese University of Hong Kong (CUHK) Hong Kong
9 7 Peking University China
10 8 Seoul National University (SNU) Korea Selatan
11 16 Fudan University China
12 10 Pohang University of Science and Technology (POSTECH) Korea Selatan
13 12 The University of Tokyo Jepang
14 15 Tokyo Institute of Technology Jepang
15 14 Kyoto University Jepang
16 19 Korea University Korea Selatan
17 13 Osaka University Jepang
18 18 Yonsei University Korea Selatan
19 17 Sungkyunkwan University Korea Selatan
20 20 Tohoku University Jepang

 

Adapun indikator yang menyatakan kesebelas universitas tersebut masuk ke dafatar universitas terbaik se-Asia. Setidaknya, terdapat 9 indikator yang digunakan untuk standar penilaian universitas terbaik di Indonesia. Berikut Sembilan indikator tersebut.

1. Reputasi akademis

Reputasi akademis memiliki 30% dalam proses penilaian. Proses penilaian dilakukan menggunakan metode survei langsung ke kalangan akademisi. Setiap jurusan dan program studi dilakukan survei, guna mengukur kekuatan jurusan dan program studi tersebut.

2. Reputasi karyawan

Penilaian tidak melulu fokus pada administrasi dan reputasi akademis. Tetapi juga menilai reputasi karyawan. Pada poin ini diberi bobot 10%.

3. Rasio fakultas/mahasiswa

Indikator penilaian terlihat sederhana. Namun, poin penilaian ini sebenarnya tidaklah mudah. Salah satunya indikator rasio fakultas/mahasiswa. Di mana survei ini dihitung dari rasio jumlah dosen dan jumlah mahasiswa yang lulus, di setiap program studi di perguruan tinggi.

Dengan kata lain, secara administrasi dan pengarsipan memang benar-benar harus tercatata dan tersimpan dengan baik. Bobot penilaian poin tiga berbobot 20%.

4. Penghargaan hasil riset

Sebagai lembaga perguruan tertinggi di dunia pendidikan, riset menjadi salah satu harapan besar suatu negara agar mampu bersaing. Sebagai lembaga perguruan tinggi yang berintelektual, wajar jika indikator penilaian menyertakan poin pemberian pengharaan dari hasil riset yang pernah diperoleh PT.

Di mana penilaian ini di nilai berdasarkan jumlah riset ilmiah PT yang telah memperoleh penghargaan. Penghargaan yang pernah diperoleh dapat dijadikan sebagai tulak ukur reputasi karya ilmiah yang telah dianalisis oleh program scopus. Poin ini memiliki bobot penilaian sebesar 15%.

5. Jumlah riset ilmiah per fakultas

Tidak jauh beda dari poin 4. Bedanya, indikator poin 5 memfokuskan pada skup fakultas. Di mana hasil jumlah riset ilmiah per fakultas di nilai dengan bobot penilaian 15%.

6. Proporsi fakultas internasional

Indikator penilaian universitas terbaik di Indonesia adannya fakultas internasional. Indikar ini memiliki bobot nilai 2,5%. Poin keenam dilakukan dengan cara menganalisis jumlah program studi tersebut.

7. Mahasiswa internasional

Selain indikator proporsi fakultas internasional, penilaian juga memperhatikan aspek mahasiswa internasioanl. Indikator ini memiliki bobot penilaian sama, yaitu 2,5%.Dimana jumlah mahasiswa internasional dan karyawan administrasi dapat dijadikan sebagai penentu layanan administrasi program studi tersebut.

8. Proporsi pertukaran mahasiswa ke luar negeri

Proporsi pertukaran mahasiswa ke luar negeri memiliki bobot 2,5%. Program ini dilakukan dalam bentuk pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

9. Proporsi penerimaan pertukaran mahasiswa dari luar negeri

Kebalikan dari poin delapan. Salah satu syarat menjadi universitas terbaik di Indonesia memiliki program penerimaan pertukaran mahasiswa dari luar negeri.Bobot nilainya sama, 2,5%. Jika dua poin ini digabungkan, maka bobob nilai menjadi 5%.

Baca juga INFO BEASISWA: Sekilas Tentang Beasiswa Unggulan Masyarakat Beprestasi

Inilah ulasan terkait universitas terbaik di Indonesia, yang ternyata juga masuk sebagai universitas terbaik se-asia. Di harapkan, akan tetap mampu bertahan menjadi universitas yang dapat disejajarkan dengan universitas terbaik di luar sana. [Elisa]

 

Referensi:

  1. http://www.jpnn.com/news/terbaru-inilah-rangking-kampus-terbaik-di-indonesia-tahun-2016-juaranya
  2. http://kabar24.bisnis.com/read/20160614/255/557400/inilah-11-universitas-terbaik-di-indonesia-2016

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja