fbpx

Panduan Update atau Pemutakhiran Data Profil SINTA Tahun 2022

Panduan Update atau Pemutakhiran Data Profil SINTA Tahun 2022

SINTA atau Science and Technology Index merupakan portal yang mendata, memetakan dan mengukur kinerja riset yang dilaksanakan oleh dosen dan peneliti berdasarkan ragam luaran penelitian dan pengembangan. 

Aplikasi SINTA pertama kali dirilis pada tahun 2017, dan setiap tahunnya jumlah publikasi yang berhasil terindeks di dalamnya semakin bertambah. Begitu juga dengan jumlah author yang terdaftar di aplikasi besutan Kemendikbud Ristek tersebut. 

Memasuki tahun 2022, jumlah author di aplikasi SINTA sudah menembus angka 200 ribu author. Jumlah yang sangat banyak untuk portal database bersifat nasional. Berkaitan dengan author di aplikasi SINTA, Kemendikbud Ristek mengumumkan untuk para author melakukan pemutakhiran data. 

Pemutakhiran Data Profil Author SINTA 

Himbauan bagi para author SINTA untuk melakukan pemutakhiran data profil diumumkan melalui surat edaran bernomor 0324/E5.3/KI.03.00/2022 dan tertanggal 20 Mei 2022. Melalui pengumuman tersebut juga dijelaskan proses pemutakhiran data profil ini penting. 

Salah satunya adalah untuk mendukung peluncuran SINTA versi 3.0 sehingga seluruh data dosen maupun peneliti dari sejumlah litbang di tanah air bisa ikut terupgrade. Melalui surat edaran yang sama juga dijelaskan, para author diminta untuk mengisi Garuda ID dan Publon ID. 

Sehingga pemutakhiran data profil SINTA tahun ini adalah dengan mengisi Garuda ID dan Publon ID tersebut. Kedua akun tersebut bisa diisi melalui aplikasi SINTA karena sudah disediakan fitur khusus untuk dua menu tersebut. 

Update data ini diperlukan agar setiap dosen dan peneliti yang sudah terdaftar sebagai author di SINTA. Bisa ikut berkontribusi untuk mendukung peluncuran SINTA versi 3.0. Selain itu untuk memastikan data di dalam profil merupakan data terbaru milik author. 

Panduan Pemutakhiran Profil SINTA 

Membantu para dosen dan peneliti dari sejumlah perguruan tinggi dan litbang di Indonesia untuk melakukan pemutakhiran data profil di SINTA. Maka berikut panduannya: 

  1. Silahkan buka laman SINTA untuk login ke akun masing-masing, yakni melalui laman https://sinta3.kemdikbud.go.id/logins
  2. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu “Update Profile” yang terletak di pojok kanan atas. 
  1. Setelah menu pengaturan data profil muncul, silahkan masukan ID Garuda dan ID Publon  yang dimiliki. 
  1. Silahkan isi data untuk ID Publon  dan Garuda sesuai ketentuan. Jika sudah silahkan disimpan perubahan data tersebut dengan menekan tombol “Update Profile” yang terletak di bagian bawah. 
  1. Tahap berikutnya mengisi data ID Garuda, dan melakukan sinkronisasi dengan hasil publikasi di portal Garuda. Caranya, pilih menu “Publication Garuda” lalu isi data sesuai di lapangan dan klik tombol “Req. Synchronization”. 
  2. Selanjutnya, pilih menu “Publication WoS” dan kembali isi data sesuai di lapangan, lalu setelah selesai bisa klik tombol “Req. Synchronization”. 

Proses sinkronisasi ke ID Garuda maupun ID Publon  tentu saja para dosen dan peneliti harus memenuhi syarat untuk memiliki ID di masing-masing portal. Misalnya ID Garuda, ID baru bisa dimiliki author apabila hasil publikasinya sudah terindeks di Garuda. 

Jika belum, maka dosen dan peneliti yang bersangkutan belum bisa memiliki ID Garuda. Hal serupa juga berlaku untuk ID Publon. Sehingga ada baiknya sebelum pemutakhiran data profil SINTA dilakukan sudah mengecek ID Garuda dan ID Publon. 

Cara Menemukan Author ID di Garuda 

Jika sudah memenuhi syarat untuk memiliki ID Garuda, yakni mempunyai publikasi di jurnal/prosiding yang terindeks oleh Garuda, maka bisa melakukan pencarian. Pencarian ID Garuda tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya: 

  • Selanjutnya, silahkan Pilih “Advanced Search”, Kemudian pilih tab “Authors”. Lalu ketikan nama author yang akan dicari
  • Silahkan isi kolom “author” dengan nama author yang akan dicari ID Garuda-nya. 
  • Klik tombol “Search” yang berada di pojok kanan bawah, tombol berwarna merah. 
  • Tunggu sistem di portal Garuda untuk melakukan pencarian, maka akan muncul nama yang sesuai dengan nama author yang diketik tadi. Jika menjumpai beberapa nama serupa, silahkan pilih nama author yang paling sesuai. 
  • Jika hasil pencarian sudah muncul, maka bisa klik nama author yang dirasa paling sesuai. 
  • Pada saat dibuka, maka akan muncul informasi tentang author tersebut. Termasuk ID Garuda. 

Jika ID Garuda sudah didapatkan, maka tinggal dimasukan ke dalam data profil SINTA. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Masuk atau login ke akun SINTA. 
  • Pilih menu “Update Profile”. 
  • Silahkan copy paste ID Garuda dari portal Garuda yang sudah didapatkan sebelumnya pada kolom yang tersedia. 
  • Klik “Update Profile”, selanjutnya klik menu “Garuda Document” setelah itu baru klik pilihan “Request Sync Garuda”. 
  • Jika proses sinkronisasi selesai, maka ID Garuda sudah terhubung dengan akun di SINTA. 

Cara Mendapatkan ID Publon  

Selain harus menghubungkan ID Garuda, pemutakhiran data profil SINTA juga harus menghubungkan ke ID Publon. Publon sendiri sama seperti Garuda yang merupakan portal database hasil publikasi ilmiah. 

ID Publon bisa didapatkan jika sudah melakukan registrasi sehingga tidak harus menunggu hasil publikasi masuk ke database sistemnya. Jadi, silahkan melakukan registrasi jika belum memiliki ID Publon. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Masukan data diri di form registrasi yang sudah tersedia. Kemudian klik tombol “Register” di bagian paling bawah. 
  • Silahkan buka email yang digunakan untuk registrasi akun Publon, jika ada email masuk dari Publon silahkan klik tautan maupun tombol di dalamnya untuk aktivasi akun Publon. 
  • Akun telah aktif, silahkan login ke Publon menggunakan email dan password yang sudah ditentukan saat mengisi form registrasi. 
  • Untuk mendapatkan ID Publon, silahkan masuk ke menu “Public Profile”. 
  • ID Publon akan muncul pada segmen URL berupa deretan angka, silahkan dikopi untuk kemudian di paste di profil SINTA untuk pemutakhiran data. 

Cara untuk memasukan ID Publon ke dalam data profil SINTA sama seperti yang dijelaskan di awal. Sekaligus tidak berbeda jauh dengan proses memasukan ID Garuda. Sebab fitur untuk memasukan ID Publon sudah tersedia di halaman profil. 

Jika sudah selesai dilakukan, maka akun di SINTA sudah terhubung atau tersinkronisasi dengan akun di Garuda dan juga di portal Publon. Secara berkala, saat hasil publikasi masuk ke salah satu atau kedua portal tersebut. 

Maka seketika juga akan masuk ke data profil SINTA, sehingga author di kemudian hari tidak perlu input manual seluruh hasil publikasi. Sebab oleh sistem di dalam SINTA sudah dibuat terintegrasi. Hal ini tentu memberi efisiensi yang menguntungkan. 

Jika belum memiliki ID Garuda maupun ID Publon, maka segera saja dibuat. Khusus untuk Publon cukup melakukan registrasi. Namun untuk portal Garuda wajib punya hasil publikasi yang terindeks di dalamnya. 

Artikel Terkait:

Pentingnya Academic Branding di Kalangan Dosen dengan SINTA

Pentingnya Akademik Branding bagi Dosen

10 Tips Personal Branding Bagi Dosen Pemula

6 Tips Personal Branding Bagi Dosen Muda agar Karirnya Cemerlang

Tips Menjadi Dosen untuk Fresh Graduate

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja