fbpx

Fungsi dari Web Hosting Bagi Dosen

web hosting
Ilustrasi.

Web Hosting. Di era pandemik seperti ini tentu hampir 90% pembelajaran dilakukan secara daring, namun tahukah Anda jika memiliki sebuah personal website akan memudahkan dalam melakukan pembelajaran? Adapun beberapa kemudahan yang dapat diperoleh jika Anda memiliki personal website, antara lain:

1.   Personal website memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran

2.   Dengan personal website meminimalisir penggunaan kertas dan ramah lingkungan

3.   Mampu menstimulus terhadap Kepekaan IT Mahasiswa

Lalu untuk memiliki website, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu web hosting dan fungsinya.

Fungsi Dari Web Hosting

Memiliki website dengan hosting berbayar kini menjadi kebutuhan yang semakin diminati. Pemilik situs web untuk blogging dan pemasaran internet migrasi menggunakan hosting berbayar untuk meningkatkan kinerja situs web.

Dibandingkan menggunakan hosting gratis yang disediakan oleh platform seperti wordpress dan blogspot, menggunakan hosting berbayar memang lebih menguntungkan. Optimalisasi artikel di mesin pencari akan lebih optimal jika menggunakan hosting berbayar. Berikut adalah beberapa Fungsi Hosting.

Dulu, penyedia layanan hosting berbayar sangat terbatas. Banyak dari layanan ini disediakan oleh penyedia layanan hosting global yang berbasis di luar negeri seperti Hong Kong, Amerika Serikat, dan Singapura.

Akibatnya, beberapa orang akan mengalami hambatan bahasa untuk menjaga dan ketertiban. Namun, buatlah website dengan target jangkauan global. Menggunakan hosting luar negeri akan sangat membantu karena transfer data ke seluruh dunia lebih lancar.

Fungsi Utama Web Hosting

Baik itu di website pribadi, perusahaan, organisasi, atau bahkan institusi pendidikan. Namun, fungsi hosting tidak berhenti di situ. Pada artikel kali ini, kita akan membahas 3 fungsi hosting yang paling penting, yaitu:

1. Penyimpanan Data (Penyimpanan Data)

Sebagai fungsi utama dari hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan data dari suatu website atau aplikasi online yang akan memudahkan pengguna internet untuk dapat mengakses data tersebut secara online.

Ukuran sebuah hosting, khususnya hosting berbayar akan bervariasi, mulai dari 30 MB, 50 MB, hingga ratusan GB yang dapat disediakan, dan dibayar oleh pemilik situs web untuk menyimpan banyak data, atau file di situs web.

Tujuannya untuk memudahkan pengguna internet dalam mencari, dan menemukan data yang mereka cari pada satu, atau banyak website tertentu yang biasa dijadikan perpustakaan online di internet. Semakin banyak jumlah ukuran sebuah hosting, maka semakin besar pula harga yang harus dibayar oleh penyedia website.

2. Terhubung di Internet (Online)

Fungsi yang tidak kalah penting dari hosting adalah menjaga sebuah website tetap terhubung dengan internet atau yang lebih dikenal dengan online. Ini akan memastikan situs web tetap online, dan dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

Jadi, selama tidak ada masalah dengan hosting website, website tetap terjaga dan tidak ada serangan dari hacker. Website yang aman dari permasalahan tersebut dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Namun perlu diingat bagi penyedia website yang menggunakan layanan web hosting gratis, terkadang website bisa tiba-tiba mati atau hilang.

Oleh karena itu, penting bagi penyedia website untuk mempertimbangkan untuk menggunakan web hosting berbayar, karena web hosting murah berbayar jenis ini akan lebih aman dan memiliki jaminan, serta berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh penyedia website dan pengguna website.

Berangkat dari alasan tersebut maka sangat direkomendasikan untuk sebuah website bisnis, agar pihak provider harus memastikan keamanan websitenya sendiri dan memastikan keamanan data pengunjung website dengan memilih web hosting yang aman dan terpercaya untuk websitenya.

3. Alamat Situs Web (Tautan Situs Web)

Selain sebagai tempat menyimpan data, dan sebagai penghubung (online) di dunia maya, hosting sendiri juga berfungsi sebagai transfer atau biasa dikenal dengan DNS redirection. Misalnya, jika situs web Anda memiliki alamat hosting.com, maka situs web tersebut memiliki domain yang telah terdaftar dengan DNS.

Ketika sebuah website diakses oleh pengguna internet, maka penyedia domain atau server dari website tersebut akan langsung menuju ke alamat hosting yang digunakan oleh website tersebut untuk membuat websitenya online dan dapat ditemukan di dunia maya.

Faktanya, ketika sebuah alamat website terdaftar di DNS tetapi tidak memiliki hosting, website tersebut tidak akan dapat diakses secara online dan hanya akan menampilkan respon error pada layar monitor ketika seseorang mencari alamat website tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting?

1. Cara Kerja Web Hosting

Ketika seseorang mengakses sebuah website menggunakan browser berupa protokol jaringan yang disebut HTTP, jaringan internet akan mengirimkan permintaan akses ke server hosting. Kemudian, server hosting akan mengirimkan informasi berupa file yang diminta oleh komputer orang yang mengakses website tersebut.

2. Manfaat Menggunakan Hosting Indonesia

Tidak hanya karena alasan bahasa, menggunakan layanan hosting website dari dalam negeri akan memberikan banyak keuntungan. Berikut keuntungan menggunakan layanan hosting server Indonesia Indonesian

a. Akses lebih cepat

Situs web dengan server hosting yang terpusat di dalam negeri akan lebih cepat diakses karena proses perutean yang lebih singkat antara pusat data dan pembaca atau pengguna. Dengan begitu kecepatan website bisa maksimal. Secara fisik server hosting lokal memiliki data center yang berada di Indonesia atau lebih dikenal dengan Indonesia Internet Exchange (IIX).

b. Cocok untuk pembaca target lokal

Untuk website dengan target audience lokal, menggunakan server hosting lokal akan lebih menguntungkan karena tidak bergantung pada konektivitas internet internasional dari ISP yang digunakan oleh pengguna internet Indonesia.

c. Harga lebih terjangkau

Menggunakan layanan hosting situs web lokal akan lebih murah daripada menggunakan server hosting global. Hal ini dikarenakan mata uang yang digunakan adalah rupiah sehingga tidak terpengaruh oleh kurs dollar. Misalnya membeli paket layanan hosting bisa dilakukan dengan harga yang terjangkau namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Paket Littleone bisa kita dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 199.000,- untuk paket Unlimited Bandwidth IIX Link 1Gbps. juga rajin memberikan promo dan diskon sehingga kita akan sangat terbantu. Demikian ulasan tentang Fungsi Dari Web Hosting semoga bermanfaat.

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja