fbpx

5 Edu Webinar Gratis dari Kemdikbud untuk Mengasah Keterampilan Guru

webinar gratis untuk guru

Memahami bahwa peningkatan mutu pendidikan tidak cukup hanya menyediakan literatur yang berkualitas, namun juga tenaga pendidik dengan kualitas baik. Maka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di awal November 2020 ini mengadakan tidak hanya 1 melainkan 5 webinar gratis untuk para guru di Indonesia. 

Webinar Gratis dari Kemendikbud 

Minggu pertama bulan November tahun ini, lebih tepatnya sejak tanggal 2 November kemarin. Kemdikbud resmi mengumumkan sejumlah webinar gratis untuk membantu mengasah keterampilan mengajar, keahlian 2021, dan juga literasi dasar untuk para guru. 

Melalui akun Instagram resmi dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidik (GTK), Kemdikbud menyatakan bahwa para pemilik profesi guru harus berubah. Tujuan dari perubahan ini tentu saja untuk memastikan guru ini tidak tergerus oleh waktu. 

“Memasuki awal November 2020, maka menjadi pertanda bahwa tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir. Jika kita (guru) tidak berubah, maka kita harus bersiap untuk tergerus oleh waktu”. Tulis akun GTK pada Minggu (1/11/2020) kemarin. 

Sebagai upaya untuk membantu para guru berubah, maka Kemdikbud kemudian bekerja sama dengan sejumlah pihak. Yaitu REFO Indonesia, Google for Education, dan juga Google Educators Group. Kerjasama ini kemudian menyajikan Edu Webinars untuk guru dan dimulai sejak Senin (2/11/2020) sampai Jumat (6/11/2020). 

Edu Webinars yang akan diselenggarakan pada pekan ini akan membahas mengenai literasi dasar. Yakni yang terkait tentang cara mengajarkan konsep dan keilmuan kepada anak didik di kelas melalui cerita. 

Ada banyak materi yang akan diajarkan selama webinar berlangsung, beberapa disampaikan oleh Ditjen GTK. Misalnya:

  1. Akan ada sesi mengenai strategi membaca literatur dengan cepat dan tepat.
  2. Sesi lanjutan mengenai menjaga kesehatan mental pada remaja dan juga para guru. Khususnya untuk gangguan mental seperti bipolar. 
  3. Mengembangkan karakter dalam membuat konten untuk dipakai mengajar anak didik. Sekaligus untuk membangun keterampilan belajar mengajar yang baru. 

Kemdikbud juga menyampaikan ajakan untuk para guru dalam mengembangkan karakter yang dimiliki. Supaya bisa menghasilkan konten pendidikan yang segar, sehingga membangun suatu keterampilan belajar dan mengajar baru di dunia pendidikan. 

Melalui kurikulum baru yang diterapkan di dunia pendidikan memang menuntut para guru untuk lebih disiplin. Maka Kemdikbud juga menyampaikan pentingnya memperkenalkan pengajar mengenai pembelajaran interdisipliner. Interdisipliner sendiri diketahui sebagai salah satu konsep penting di dalam kerangka keterampilan abad ke-21.

Harapan Ditjen GTK melalui penyelenggaraan 5 webinar ini adalah untuk mempersiapkan para guru dan juga anak didik untuk menyambut abad ke-21. Sebab tidak tertutup kemungkinan metode pembelajaran maupun literatur yang dipakai di dunia pendidikan akan mengalami perubahan besar.

Baca juga : Berkenalan Dengan 4 Dosen Muda Indonesia Yang Menginspirasi

Sehingga diharapkan sejak sekarang sudah dilakukan persiapan untuk menyambut perubahan besar tersebut agar tidak gagap. Sekaligus mampu menjalankan dunia pendidikan dengan baik sebagaimana yang dilakukan semua elemen di masa sekarang. 

Perubahan besar bahkan sudah terasa sejak pandemi pertama kali masuk ke Indonesia. Sistem belajar tatap muka di kelas terganti oleh sistem belajar online dalam tempo singkat. 

Penggunaan internet yang masih sangat baru di dunia pendidikan kemudian memunculkan sejumlah masalah. Terutama minimnya fasilitas untuk guru dan anak didik dalam mengakses internet maupun perangkat untuk terhubung ke dalamnya. 

Adapun daftar jadwal dari rangkaian Edu Webinars ini adalah sebagai berikut: 

Mengikuti ke semua weinar di atas tentu akan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan di dunia pendidikan. Jadi, silahkan atur jadwal agar bisa mengikutinya. Informasi lebih detail mengenai Edu Webinars ini bisa klik ke https://sites.google.com/refoindonesia.com/indonesiacovid19eduwebinars/home 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

sumber: 
https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/02/105821971/kemendikbud-gelar-5-webinar-gratis-asah-kemampuan-guru-ini-jadwal-dan?page=all#page2

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322