Sekilas Tentang Website Silemkerma, Mari Kenali Fungsi Website Ini

website silemkerma

Baru saja Dunia Dosen Indonesia mengamati secara sekilas apa saja fitur dan layanan yang ada di website Silemkerma (silemkerma.risetdikti.go.id).

Website Silemkerma merupakan sistem layanan Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, berfungsi sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Proses pengusulan pendirian perguruan tinggi dan pembukaan prodi baru semakin dipermudah oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenristek Dikti. Hal itu karena adanya sistem layanan online bernama Sistem Informasi Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi atau bisa disingkat Silemkerma ini.

Sistem layan online ini dikelola oleh Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi. Fungsinya adalah sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi dan Pembukaan Program studi Perguruan Tinggi.

Sistem pelayanan ini menawarkan tiga kategori pelayanan, di antaranya Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi, Layanan Pembukaan Program Studi, dan Layanan Alih Kelola.

 

1. Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi

Layanan ini dibagi lagi menjadi tiga, yaitu Perubahan PTS, Perubahan Bentuk PTS, dan Alih Kelola PTS. Proses tersebut dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen usulan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi secara online di website ini.

 

2. Layanan Pembukaan Program Studi

Proses Penambahan Prodi Program Diploma, Sarjana, dan Magister dipisahkan antara untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

 

3. Layanan Alih Kelola

Layanan ini masih berada dalam satu link kategori dari Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi. Alih kelola ini berlaku untuk Perguruan Tinggi Swasta yang hendak melakukan proses alih kelola.

Untuk mengirimkan usulan, harus ada pengusul yang mendaftar sebagai akun pengusul web ini. Untuk mengisi ini, pengusul harus dari pihak perguruan tinggi atau prodi terkait karena harus menyertakan surat permohonan resmi untuk memiliki akun di Silemkerma ini.

Untuk mendaftar, pendaftar bisa klik “Daftar Akun Pengusul” pada kotak Login, kemudian harus mengisi alamat email resmi institusi, password, kode perguruan tinggi yang sudah terdaftar di PDDIKTI, dan menggunggah file Surat Permohonan Akun Resmi dari Rektor/ Direktur/ Ketua Perguruan Tinggi dalam format PDF. Kemudian isi kode keamanan yang tersedia, memberi bukti persetujuan dengan isi centang, lalu klik Daftar.

Selain memberikan layanan secara online, sistem layana online ini juga memberikan berita atau pengumuman bagaimana proses pendirian perguruan tinggi atau pembukaan prodi baru dari beberapa perguruan tinggi. Pengumuman tersebut di ataranya terkait dengan Evaluasi dan Verifikasi Dokumen Usulan Pembukaan Program Studi, Pengusulan Alih Kelola, dan sebagainya.

Fitur-fitur lain yang bisa dijumpai di website Silemkerma ini antara lain. Agenda, ketentuan sebagai pemilik akun, panduan usulan, dan FAQ.

Meski dikabarkan bahwa Kemenristek Dikti akan memberlakukan moratorium pendirian perguruan tinggi dan pembukaan prodi baru per Januari 2017, tak ada salahnya jika Dunia Dosen mengenalkan kepada Anda secara sekilas apa itu website Silemkerma dan apa fungsinya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Beni Nurdiansyah

Profile photo of Beni Nurdiansyah

Sedang berlatih gaya kupu-kupu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *