fbpx

Pencapaian Perguruan Tinggi Indonesia dalam Top 500 QS World University Rankings 2023

Pencapaian Perguruan Tinggi Indonesia dalam Top 500 QS World University Rankings 2023

Kualitas perguruan tinggi di seluruh dunia bisa dilihat dari hasil pemeringkatan atau perangkingan yang dilakukan sejumlah lembaga. Pemeringkatan perguruan tinggi internasional penting untuk dilakukan. 

Sebab bisa membantu perguruan tinggi terbaik memiliki dan menyadari pencapaiannya dalam masuk ke perangkingan strategis. Sekaligus menjadi sumber motivasi bagi perguruan tinggi lain untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan. 

Pemeringkatan dilakukan secara berkala, biasanya hasil pemeringkatan kemudian diumumkan setiap tahunnya. Salah satunya adalah dari QS World University Rankings (WUR) yang sudah resmi mengumumkan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia. 

Hasil pemeringkatan tersebut kemudian memberikan informasi bahwa sejumlah perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk ke perangkingan dan dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Hal ini tentu menjadi bentuk pencapaian perguruan tinggi di Indonesia. 

Pencapaian PT di Indonesia dalam Top 500 QS World University Rankings 2023 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek) terus melakukan upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi di Indonesia dalam dunia pendidikan internasional. 

Upaya tersebut kemudian disebutkan dan dicantumkan di dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Yakni dengan meletakan key performance indicator (KPI). 

Salah satu key performance indicator (KPI) yang dimaksudkan adalah masuknya sejumlah perguruan tinggi di Indonesia ke dalam 500 top perguruan tinggi terbaik di kancah internasional.  Memasuki tahun 2023, tujuan tersebut berhasil dicapai sejumlah perguruan tinggi nasional. 

Terlihat dari pengumuman resmi Top 500 QS World University Rankings 2023 yang dirilis di website resmi WUR, yakni di www.topuniversities.com. Pengumuman daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia ini dilakukan WUR pada 8 Juni 2022 kemarin. 

Melalui pengumuman tersebut, tercatat ada lima perguruan tinggi di Indonesia yang masuk daftar 500 perguruan tinggi terbaik dunia. Berikut kelima perguruan tinggi yang dimaksudkan: 

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masuk ke peringkat 231. 
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 235. 
  3. Universitas Indonesia (UI) pada posisi 248. 
  4. Universitas Airlangga (Unair) di peringkat 369. 
  5. Institut Pertanian Bogor pada peringkat 449. 

Universitas Gadjah Mada atau UGM diketahui sudah empat tahun terakhir masuk ke Top 500 QS World University Rankings. Tahun ini merupakan tahun kelima universitas tersebut dan mampu menunjukan peningkatan hasil pemeringkatan internasional. 

Hal ini terlihat dari posisi pemeringkatan UGM yang terus merangkak naik setelah sebelumnya masuk ke perangkingan antara 800-1.000. Tahun ini UGM berhasil menembus peringkat 231. 

Meskipun bukan peringkat 10 besar dalam daftar Top 500 QS World University Rangkings. Namun proses pemeringkatan melibatkan seluruh perguruan tinggi di dunia, yang tentu jumlahnya sampai ribuan. Bisa masuk ke 500 besar adalah prestasi membanggakan. 

Apalagi UGM masuk ke peringkat 200-an, dan harapannya hasil pemeringkatan ini terus berkembang dan naik ke posisi lebih strategis. Begitu juga dengan perguruan tinggi lain, harapannya bisa mengikuti jejak UGM. 

Sehingga bisa menunjukan kepada dunia kualitas perguruan tinggi di tanah air yang bisa bersaing secara global. Selain lima perguruan tinggi yang masuk ke daftar 500 besar tersebut. 

Masih ada beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang masuk perangkingan versi WUR untuk tahun 2023. Berikut daftarnya: 

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di rentang 701-751. 
  • Universitas Padjadjaran (Unpad) 751-800. 
  • Universitas Diponegoro (Undip) di rentang 801-1000. 
  • Universitas Brawijaya (Unibraw) di rentang 801-1000.
  • Universitas Hasanuddin (Unhas) di rentang 1001-1200.
  • Universitas Sebelas Maret (UNS) di rentang 1001-1200. 
  • Universitas Sumatera Utara (USU) di rentang 1201+, dan juga 
  • Universitas Andalas (Unand) di rentang 1201+.

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu SAPTO dan Alur Akreditasi Online Didalamnya

Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA 

Begini Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi agar Tidak Salah Pilih 

Apa Saja Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja? 

Penyediaan Pendanaan Khusus dari Pemerintah 

Masuknya lima perguruan tinggi di Indonesia ke dalam Top 500 QS World University Rankings 2023 tentu patut diapresiasi. Pemerintah kemudian memastikan setiap perguruan tinggi tersebut akan mendapatkan pendanaan dari Pemanfaatan Dana Abadi Perguruan Tinggi (DAPT). 

Hal ini sesuai dengan amanat di dalam Peraturan Presiden Nomor 111 tentang Dana Abadi Pendidikan. Pendanaan. Sehingga dengan DAPT tersebut diharapkan seluruh perguruan tinggi penerima bisa mewujudkan pencapaian reputasi dan rekognisi sebagai World Class University (WCU) yang lebih baik.

Adapun yang dimaksud dengan DAPT tersebut adalah dana yang dibentuk oleh Universitas dengan tujuan untuk menghimpun sejumlah dana yang akan dikelola secara khusus sehingga hasil dari pengelolaan dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi tanpa mengurangi nilai pokok dana tersebut. 

Dana ini bersumber dari pemerintah yang diambil dari APBN, sehingga disediakan anggaran khusus untuk masuk ke alokasi DAPT tersebut. DAPT kemudian tidak diterima oleh semua perguruan tinggi di Indonesia, melainkan yang tertentu saja. 

Salah satunya adalah perguruan tinggi yang bisa menunjukan prestasinya, dimana tahun ini ditunjukan dengan masuknya ke daftar 500 top perguruan tinggi terbaik dunia. Prestasi ini tentu tidak mudah, karena dari ratusan perguruan tinggi, baru ada 5 yang masuk daftar 500 tersebut. 

Harapannya, dengan pemberian DAPT maka bisa mendorong seluruh perguruan tinggi lain di Indonesia untuk menorehkan prestasi serupa. Sehingga semakin banyak perguruan tinggi yang mendapatkannya dan bisa digunakan untuk pelaksanaan Tri Dharma. 

Kenapa Harus Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Dunia? 

Masuknya lima perguruan tinggi ke dalam daftar Top 500 QS World University Rankings 2023 adalah sebuah kebanggaan karena merupakan prestasi akademik yang dicapai perguruan tinggi. 

Oleh pemerintah kelima perguruan tinggi tersebut kemudian diberikan bantuan dana operasional dalam bentuk DAPT sesuai penjelasan di atas. Namun, kenapa harus masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia? 

Ternyata alasannya sangat beragam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional 

Masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia akan sangat efektif meningkatkan mutu pendidikan nasional. Sebab hal ini menjadi bukti jika kualitas pendidikan tinggi di tanah air sebagus perguruan tinggi lain di dunia. 

Perguruan tinggi yang mencapai prestasi tersebut kemudian mampu menjadi penyelenggara pendidikan tinggi berkualitas. Sehingga bisa mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi secara nasional. 

2. Meningkatkan Daya Saing PT di Kancah Global 

Alasan berikutnya adalah untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi di kancah global atau internasional. Sebab dengan masuk ke dalam Top 500 QS World University Rankings maka sudah membuktikan kualitas perguruan tinggi ini bersaing dengan perguruan tinggi lain di seluruh dunia. 

3. Mendorong Peningkatan Kualitas Alumni sebagai Generasi Penerus Bangsa 

Lewat prestasi dalam bentuk masuk ke daftar Top 500 QS World University Rankings. Maka sebuah perguruan tinggi dipastikan bisa menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan kemudian mencetak alumni berkualitas pula. 

Bersama dukungan pemerintah melalui Kemendikbud maka kedepannya diharapkan ada lebih banyak perguruan tinggi Indonesia masuk masuk daftar pemeringkatan strategis. Termasuk masuk ke dalam Top 500 QS World University Rankings

Artikel Terkait:

5 Cara untuk Meningkatkan Penilaian Akreditasi Kampus

Seberapa Penting Peran Dosen dalam Akreditasi Kampus?

Jabatan Akademik Dosen Berpengaruh Pada Nilai Akreditasi 

Instrumen Akreditasi Progam Studi , Apa Saja Elemennya?

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniados[email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja