fbpx

Meraih Keberkahan Hidup Dunia Akhirat dengan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Meraih Keberkahan Hidup Dunia Akhirat dengan Berbagi Ilmu Bermanfaat
Sumber Foto : Suryo Hartanto

Meraih keberkahan hidup dunia akhirat dengan berbagi ilmu bermanfaat – Indonesia memiliki banyak sekali profil dosen dengan segala latar belakangnya yang menarik. Masing-masing memiliki tujuan tersendiri dalam mengemban profesi sebagai seorang tenaga pendidik. 

Berkenalan dengan beberapa dosen di tanah air tentu bisa memberikan banyak ilmu dan pengalaman. Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai profesi yang mereka tekuni. Berikut adalah salah satu profil dosen menarik pilihan Deepublish, yaitu Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T. 

Baca juga : Beasiswa Stipendium Hungaricum Scholarship Programme

Sekilas Tentang Profil Suryo Hartanto

Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T. saat ini tercatat sebagai salah satu dosen di Universitas Riau Kepulauan yang diketahui sebagai salah satu universitas tertua dan terbaik di Batam, Kepulauan Riau. 

Dr. Suryo mengambil bidang ilmu Pendidikan Teknik dan Kejuruan yang merupakan salah satu Pendidikan Vokasi. Menurutnya, perkembangan dunia pendidikan di bidang vokasi sangat banyak. Akan selalu dibutuhkan tenaga ahli di bidang ini, dan dirinya merasa tepat berada di bidang ilmu satu ini. 

Dosen yang akrab disapa Suryo ini mengaku tidak terlahir dari keluarga dengan latar belakang pendidikan. Ayahnya adalah seorang PNS dan bertugas di Kantor Kecamatan, sedangkan ibunya sendiri merupakan wanita yang memutuskan untuk berdedikasi penuh menjadi ibu rumah tangga. 

Dr. Suryo sendiri mulai aktif menjadi dosen sejak 14 Oktober 2010 lalu, sehingga sampai saat ini sudah satu dekade dirinya menekuni profesi dosen. Setelah lulus dari jenjang S2 Pendidikan Kejuruan untuk jurusan Konsentrasi Teknik Mesin di tahun 2012. 

Dirinya kemudian mengikuti seleksi penerimaan dosen baru di Universitas Riau Kepulauan.  Dirinya menjelaskan bisa masuk menjadi dosen di universitas terbaik ini karena mengikuti seleksi. Dimana melibatkan aspek kualifikasi yang ditetapkan pihak universitas. 

Selain itu juga memperhatikan mengenai kemampuan dan pengalaman kerja, sekaligus pendidikan. Memiliki latar belakang pendidikan di jurusan teknik membuatnya masuk ke dalam dosen Pendidikan Teknik dan Kejuruan. 

Dr. Suryo yang memiliki motto hidup “Jadilah Rendah Hati pada Semua Situasi” ini menuturkan bahwa sebelum menjadi dosen, ada beberapa profesi yang ditekuni. Dimulai dari tahun 1998 dirinya bekerja di sebuah industri manufakturing dan mengajukan resign pada tahun 2009. 

Memasuki tahun 2010 dirinya kemudian memutuskan mengajar di SMA/SMK Al-Azhar Batam dan di tahun 2013 memutuskan untuk tidak mengajar SMA lagi. Ketika masih aktif mengajar SMA ini beliau juga resmi diterima menjadi dosen di Universitas Riau Kepulauan. 

Memasuki tahun 2016 dirinya berhasil mendapatkan sertifikasi dosen, dan sampai sekarang masih menjadi dosen di universitas terbaik tersebut. 

Meraih Keberkahan Dunia dan Akhirat 

Menjadi dosen selama satu dekade dan diperkirakan akan terus berlangsung, rupanya bukan tanpa alasan. Sebab menurutnya menjadi dosen adalah keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan hidup, yakni meraih keberkahan dunia dan akhirat. 

Sebab di mata beliau, dengan menjadi dosen maka akan mampu memberikan atau membagikan ilmu yang bermanfaat. Yakni selama masih menjadi dosen tersebut, meskipun bukan satu-satunya jalan untuk berbagi ilmu bermanfaat. Namun, menjadi dosen adalah jalan yang dipilih oleh Dr. Suryo. 

Selain itu, pemilihan jalan tersebut karena alasan lainnya mulai dari pengembangan karir yang lebih fleksibel. Ditambah juga bisa lebih objektif dalam menilai suatu kemampuan maupun pencapaian kerja. 

Suka Duka Selama Menjadi Dosen 

Ketika ditanya mengenai suka duka selama menjadi dosen, beliau menuturkan bahwa menjadi dosen memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Sebab akan membuatnya sering bertemu mahasiswa yang setiap tahunnya selalu ada angkatan baru. 

Selain itu juga bertemu dengan teman sejawat, pimpinan, rekanan, dan sebagainya yang memiliki banyak karakter sehingga memperluas wawasan dirinya. Sedangkan untuk duka, disampaikan oleh beliau bahwa untuk penghargaan terhadap keahlian, profesi di institusi swasta, pemerintah, dan juga di lingkungan masyarakat masih rendah. 

Aktivitas Selain Mengajar 

Selain aktif mengajar sebagai dosen, Dr Suryo juga terbilang aktif dalam menelurkan buku. Saat ini ada lima judul buku yang sudah diterbitkan bersama Deepublish dan satu judul dijelaskan beliau proses penulisannya memakan waktu antara 6 sampai 12 bulan. 

Menurutnya, pemilihan Deepublish untuk menerbitkan hasil tulisannya bukan tanpa alasan. Sebab dirasa Deepublish mampu memberikan layanan yang cepat, mudah, dan didukung oleh pemasaran dengan mengandalkan banyak media. 

Dari segi pelayanan pun Dr Suryo mengaku merasakan layanan yang sangat baik dan kekeluargaan. Ditambah pula benefit berupa royalti, kemudahan proses, cepat, dan juga murah. 

Deepublish juga menjadi bagian dari tujuan hidup Dr. Suryo dalam mencapai keberkahan dunia akhirat lewat penyampain ilmu bermanfaat. Buku hasil tulisannya berisi ilmu yang dipahami dan didalami oleh Dr. Suryo, ketika diterbitkan oleh Deepublish maka keberkahan ilmu itu akan dirasakan lebih banyak pihak. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Narasumber : Dr. Suryo Hartanto, M.Pd.T
Editor : Wahyudha Wibisono

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja