fbpx

Buku Referensi dan Buku Ajar, Apa Saja Perbedaannya?

buku referensi

Buku pendidikan merupakan benda yang sangat penting untuk dijadikan bacaan oleh dosen dan mahasiswa. Bagi mereka, buku ini bisa berfungsi sebagai bahan referensi sebagai sumber untuk menulis berbagai bentuk karya ilmiah.

Ada beberapa buku pendidikan, di antaranya adalah buku referensi, buku ajar, buku monograf, diktat, dan modul. Kali ini, kami akan berfokus menjelaskan perbedaan Buku Referensi dan Buku Ajar.

2 jenis buku ini memiliki perbedaan berdasarkan definisi, karakteristik, dan standar proses penulisan. Berikut ini kami jelaskan beberapa perbedaan tersebut.

Tabel Karakteristik Buku

buku referensi buku ajar1. Definisi Buku Referensi dan Buku Ajar

Buku Referensi adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya fokus pada satu bidang ilmu. Buku tersebut membahas topik yang cukup luas (satu bidang ilmu). Urutan materi dan struktur buku teks disusun berdasarkan logika bidang ilmu (content oriented).

Buku ini diterbitkan secara umum dan dipasarkan (Panduan Penulisan Buku Teks, Dikti). Kumpulan monograf untuk satu bidang ilmu dapat menjadi buku referensi.

Sementara itu, Buku Ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan (Pedoman PAK Dosen, 2009).

Buku Ajar adalah jenis buku yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang memuat bahan ajar sesuai kurikulum yang berlaku. Buku ajar merupakan bekal pengetahuan dasar dan digunakan sebagai sarana belajar serta digunakan untuk menyertai kuliah maupun belajar mandiri (Kurniawan, 2014 dan Suroso, 2004).

 

2. Karakteristik

Berikut ini adalah perbedaan diantara kedua buku pendidikan tersebut.

Tabel Karakteristik Buku Referensi dan Buku Ajar

buku2

Kemudian, berikut ini adalah alur pembuatan dan penggunaan buku.

Skema Alur Pembuatan dan Penggunaan Buku

buku3

3. Standar Proses Penulisan

  • Standar Proses Penulisan Buku Referensi

buku4

  • Standar Proses Penulisan Buku Ajarbuku5

 

Dari penjelasan di atas, kiranya cukup memberikan informasi bagaimana pentingnya Buku Referensi dan Buku Ajar. Keduanya sangat penting dijadikan bacaan dosen dan mahasiswa. Hal itu demi kemajuan IPTEK dan suksesnya proses belajar di perguruan tinggi.

Simak pula: Menulis itu menguntungkan, bukan merugikan!

Share ke sosial media

RELATED POST

2 replies on “Buku Referensi dan Buku Ajar, Apa Saja Perbedaannya?”

Saya kebetulan menulis sebuah buku Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS yang diterbitkan oleh Penerbit Elex Media.
Pertanyaan saya: Apakah buku tersebut dapat digolongkan sebagai buku referensi atau tidak yang bisa digunakan untuk menambah kum/nilai untuk mengajukan Jabatan Fungsional?
Mohon informasinya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322