fbpx

Cara Membuat PPT Menarik agar Presentasi Lebih Berkesan

cara membuat PPT menarik

Belajar cara membuat PPT menarik adalah hal penting bagi siapa saja yang rutin melakukan presentasi. Entah itu karyawan di sebuah perusahaan maupun tenaga pendidik, terutama dosen yang nyaris setiap hari selalu melakukan presentasi materi pembelajaran di hadapan puluhan sampai ratusan mahasiswa. 

PPT atau slide presentasi memang perlu didesain semenarik mungkin untuk membuatnya tampak menarik di mata peserta didik. Tujuannya agar semua bisa fokus kepada materi yang disampaikan. Pemahaman kemudian lebih maksimal dan tentunya akan memberi kemudahan untuk meraih nilai ujian yang memuaskan. 

Meskipun proses pembuatan PPT terbilang mudah, ternyata tidak sedikit yang masih bingung untuk menjadikan tampilannya menarik. Sebab dengan menggunakan template seadanya dan asal dalam memilih font atau huruf. Maka tampilan menjadi biasa dan tidak bisa menggugah minat. Lalu, bagaimana agar PPT bisa lebih menarik? 

Pentingnya Membuat PPT Lebih Menarik 

Pada dasarnya ada banyak cara membuat PPT menarik dan tentunya bisa menerapkan satu cara maupun lebih untuk disesuaikan kebutuhan. Namun, untuk mengetahui cara-cara tersebut terlebih dahulu perlu paham kenapa PPT harus dibuat menarik. Menjadikan PPT lebih menarik tentu butuh effort lebih dan tidak semua dosen punya waktu cukup untuk melakukannya. 

Namun, jika sudah paham alasan kenapa PPT perlu dibuat menarik maka bisa menjadi motivasi. Sehingga bisa mencoba lebih gigih untuk mendesain PPT menjadi lebih menarik dan tidak lagi pasrah begitu saja. Adapun alasan yang membuat PPT perlu didesain dengan baik adalah sebagai berikut: 

  • Mendapatkan perhatian peserta atau mahasiswa, dengan desain PPT yang dibuat atraktif dan menarik alias enak dilihat. Maka semua mata dengan mudah tertuju di PPT tersebut, otomatis perhatian didapatkan. Dosen pun bisa lebih nyaman sekaligus percaya diri menjelaskan isi PPT tersebut. 
  • Menciptakan suasana presentasi yang mendukung, hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya dimana mahasiswa bisa fokus ke PPT. Maka suasana kelas menjadi lebih tenang dan dosen pun bisa lebih mudah menguasai suasana kelas. Sehingga suasana yang kondusif untuk kegiatan pembelajaran terbentuk dengan sendirinya. 
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran, dimana mahasiswa bisa lebih paham materi yang dipresentasikan dosen. Kemudian ikut mendongkrak prestasi akademik mereka, misalnya dengan banyaknya pemilik nilai yang bagus. Sebab kebanyakan mahasiswa mampu memahami materi pembelajaran dengan baik. 

Baca Juga:

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh Surat Rekomendasi Kuliah 

Cara Melamar Menjadi Dosen di PTS

Contoh CV Dosen yang Baik dan Benar 

Contoh CV Lamaran Kerja

Cara Membuat PPT Menarik 

Mempelajari berbagai cara membuat PPT menarik tentu menjadi hal penting, setelah memahami manfaatnya dari penjelasan sebelumnya. Sedangkan untuk membuat PPT tampil lebih menarik dan profesional. Maka bisa mencoba menerapkan cara-cara berikut ini: 

1. Menggunakan Tema Khusus 

Cara pertama untuk menjadikan slide presentasi lebih menarik di mata mahasiswa adalah dengan menggunakan tema khusus. Tema ini bisa dibeli dan bisa juga didapatkan gratis dari aplikasi pihak ketiga. Terdengar ribet? Maka tidak masalah menggunakan tema yang sudah ada di PPT dan tinggal dipakai. 

Kuncinya adalah konsisten menggunakan satu tema saja, jangan dicampur-campur. Pilih tampilan yang sesuai materi, sebab beberapa perlu ditambahkan gambar, ada yang hanya teks saja, ada juga yang perlu ditambahkan grafik. Tema bawaan di PPT biasanya sudah diatur desain layout-nya sehingga tinggal di edit teksnya sesuai kebutuhan. 

2. Membuat Killer Opening Slide 

Cara membuat PPT menarik selanjutnya adalah dengan membuat killer opening slide. Artinya, untuk slide pertama sebaiknya dibuat berkesan sehingga memberi efek “mematikan”. Slide ini kemudian akan membantu mendapatkan fokus dan perhatian peserta sejak pertama kali membuka PPT. 

Lalu, seperti apa slide presentasi yang punya efek mematikan tersebut? Salah satu contohnya adalah dalam bentuk pertanyaan dan berisi satu kalimat tanya saja. Jangan lebih, supaya mahasiswa langsung fokus dengan pertanyaan tersebut dan kemudian mencoba menemukan jawabannya dengan memperhatikan slide-slide berikutnya. 

3. Sederhanakan Tema untuk Dibahas 

Selanjutnya adalah dengan menyederhanakan tema untuk dibahas. Maksimal sampaikan 3 (tiga) tema secara berurutan, usahakan jangan terlalu banyak. Sebab bisa membuat jumlah slide terlalu banyak dan resiko kehilangan fokus mahasiswa menjadi sangat tinggi. 

Jadi, buatnya penyampaian materi dengan disederhanakan supaya slide presentasi lebih sedikit. Kemudian punya banyak waktu untuk menjelaskan panjang lebar secara leluasa. Pastikan apa yang disampaikan tidak akan didapatkan mahasiswa dari internet, buku, dan sumber pembelajaran lainnya. 

Oleh sebab itu, slide presentasi perlu dijadikan alat bantu saja dan bukan dijadikan yang utama. Poin utama adalah dosen itu sendiri yang menguasai materi dan mampu memberi penjelasan lebih dibandingkan isi slide presentasi tersebut. Jadi, sederhanakan materi agar bisa menjelaskan dengan detail sampai mahasiswa paham sampai ke dalam-dalam. 

4. Gunakan Poin-Poin dan Minimalkan Teks 

Kemudian,  cara membuat PPT menarik yang keempat adalah menggunakan poin-poin atau penomoran. Tujuannya agar PPT tampak lebih sederhana dan tampak menarik karena isinya mudah dibaca. Setiap poin ini kemudian bisa dengan mudah dipahami oleh mahasiswa, dan penjelasan detailnya akan didengarkan dari apa yang disampaikan dosen. 

Minimalkan penggunaan teks, jadi di PPT hanya tampil poin-poin utama. Selebihnya dosen perlu menjelaskan secara lisan yang kemudian efektif mendapatkan minat dan perhatian mahasiswa di kelas. Jika terlalu banyak teks, dan dosen hanya menyampaikan ulang teks yang tertulis di PPT. Maka dijamin mahasiswa mudah bosan dan mengantuk di kelas. 

5. Menambahkan Slide Kosong 

PPT ternyata bisa jauh lebih menarik jika didalamnya disisipkan slide kosong, tanpa teks dan tanpa poin. Bisa hanya menampilkan judul slide saja yang berisi satu kalimat pendek. Sedangkan isinya cukup dijelaskan dengan lisan oleh dosen, seketika perhatian seluruh kelas akan tertuju ke dosen. 

Maka kunci dari presentasi ini adalah dosen yang paham betul materi pembelajaran, dan kemudian disisipkan sejumlah pesan atau cerita pengalaman. Sehingga apa yang disampaikan dengan lisan ini tidak akan ditemukan mahasiswa di internet, buku, dan media lainnya. Presentasi dosen kemudian akan dianggap menarik dan kelas selalu ramai karena jarang yang absen dan memunculkan interaksi. 

6. Menggunakan Gambar dan Video Berkualitas Tinggi 

Dalam mempelajari cara membuat PPT menarik biasanya akan disarankan untuk membuat animasi, misalnya teks yang bergerak-gerak. Namun, menjadikan PPT menarik sebenarnya tidak dengan animasi seperti ini. Cukup jadikan isinya biasa tanpa efek dan bermain dengan konten yang variatif. 

Selain berisi teks dan poin-poin bisa ditambahkan gambar maupun video. Pastikan kualitasnya bagus dan memiliki resolusinya yang tinggi. Supaya gambar dan video ini dapat dilihat dengan jelas dan kemudian menjadikan PPT lebih menarik. Sekaligus sukses meraih perhatian mahasiswa di kelas. 

7. Membagikan Selebaran ke Mahasiswa 

Kiat selanjutnya adalah membagikan selebaran, selebaran ini kemudian dibagikan kepada mahasiswa di kelas untuk bisa mengikuti setiap slide di PPT. Namun, isi selebaran ini bukan hasil cetak seluruh PPT dari halaman pertama sampai akhir. Cukup semua poin utama saja dan sedikit penjelasan. 

Tujuannya agar mahasiswa di awal kegiatan pembelajaran bisa tahu apa saja poin-poin yang akan dibahas di kelas. Selain itu bisa lebih fokus memperhatikan slide presentasi dan dosen yang berdiri di depan kelas. 

Dengan berbagai cara membuat PPT menarik di atas maka menyusun slide presentasi menjadi lebih mudah. Sekaligus kegiatan presentasi menjadi lebih menyenangkan karena memang bisa mendapatkan perhatian seluruh mahasiswa di kelas. Jadi, jangan ragu untuk mempraktekannya. 

Artikel Terkait:

Tips Agar Power Pont Disukai Mahasiswa

Tata Cara Membuat Google Classroom

Cara Membuat PPT yang Komunikatif dan Atraktif

Tips Membuat PPT yang Menarik, Atraktif, dan Informatif

5 Langkah Presentasi Agar Kuliah Menarik

4 Teknik Presentasi Agar Tidak Blank

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja