fbpx

15 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cepat

cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris

Cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Belajar bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tentu hal penting untuk dilakukan oleh siapa saja. Baik itu pelajar, mahasiswa, dosen, calon dosen, maupun masyarakat umum. Sebab bahasa Inggris adalah bahasa internasional, sehingga dimanapun kamu berada kamu bisa memakainya untuk melakukan percakapan. 

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik juga membantu menunjang karir di profesi manapun dan di perusahaan manapun. Bahkan beberapa perusahaan mencantumkan kemampuan bahasa Inggris yang baik ke dalam kualifikasinya saat merekrut karyawan baru. 

Biasanya perusahaan yang juga sering melakukan interaksi dengan pihak luar, membutuhkan karyawan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Selain itu, beberapa profesi juga diwajibkan punya kemampuan bahasa ini dengan baik. Misalnya saja profesi dosen, yang selama karirnya akan rutin menulis jurnal ilmiah internasional. 

Tak harus menjadi karyawan di perusahaan besar atau mungkin menjadi dosen, kemampuan bahasa Inggris pada dasarnya cocok dimiliki siapa saja. Sebab bisa menjadi bekal untuk berkomunikasi dengan nyaman ketika bepergian keluar negeri. Sekaligus membantu mendapatkan literatur berbahasa Inggris yang menambah wawasan dan referensi. 

Hanya saja, untuk bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik ternyata tidak semudah menjentikan jari. Apalagi bahasa Inggris bukan bahasa ibu di masyarakat Indonesia, sehingga dibutuhkan niat dan ketelatenan saat ingin menguasainya. 

Menariknya, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang terus membaik bisa dilakukan dengan banyak cara. Beberapa cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris ini terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini. 

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Mudah 

Jika sudah mendapatkan dasar dalam mempelajari bahasa Inggris, maka PR selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tersebut. Ada banyak cara bisa dicoba dan ditempuh, beberapa terbilang sangat mudah. Diantaranya adalah: 

1. Mendengarkan Musik Bahasa Inggris 

Cara pertama yang wajib untuk dicoba adalah mendengarkan musik berbahasa Inggris, atau mendengarkan lagu barat. Lagu dengan bahasa Inggris dijamin mudah untuk ditemukan karena pemasarannya sendiri hampir di seluruh dunia. Sehingga mengakses lagu-lagu berbahasa Inggris sangat mudah. 

Mulai dari lagu yang diputar di televisi, radio, aplikasi lagu seperti Spotify atau mungkin Joox dan lain sebagainya, sampai lagu yang dijadikan backsound konten-konten menarik dan edukatif di media sosial. Semakin sering mendengarkan lagu bahasa Inggris, semakin mudah menambah perbendaharaan kata. 

Banyaknya kata bahasa Inggris yang dikenal dan dipahami artinya membuat kamu lebih mudah menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Sekaligus lebih percaya diri menggunakannya tanpa takut salah tempat dan salah menafsirkan suatu kosa kata. 

Menariknya, dengan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris satu ini kamu juga bisa memperbaiki pelafalan. Sehingga lafal saat mengucapkan bahasa Inggris menjadi lebih sempurna. 

Sebab terbiasa mendengarkan orang lain mengucapkan kata-kata tersebut, dan umumnya oleh mereka yang bahasa ibunya adalah bahasa Inggris. Jadi, dengan teknik ini kamu bisa sekaligus memperbaiki pelafalan agar terdengar sama persis dengan orang yang lahir di negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. 

 Baca Juga: Syarat Kalimat Efektif Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contohnya

2. Menonton TV atau Film dan Mendengarkan Radio Berbahasa Inggris 

Selain mendengarkan musik atau lagu berbahasa Inggris, kamu juga bisa mengasah keterampilan bahasa Inggris dengan menonton TV atau film berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk memilih film dengan terjemahan atau memiliki subtitle. Sebab jika menonton film bahasa Inggris tanpa terjemahan dijamin pusing sendiri. 

Kecuali kalau kamu sudah fasih berbahasa Inggris, maka tanpa subtitle pun dijamin paham apa saja yang dibicarakan para tokoh di film tersebut. Semakin sering menonton film bahasa Inggris, semakin banyak kosakata diketahui lengkap dengan artinya. Sekaligus paham bagaimana melafalkannya dengan benar. 

Hal serupa juga berlaku saat kamu memutuskan menonton TV dan mendengarkan radio bahasa Inggris. Hanya saja untuk acara tertentu dengan bahasa Inggris di TV maupun radio biasanya tanpa subtitle. Meskipun begitu bisa dibiasakan untuk menonton dan mendengarkannya, agar semakin banyak mendapatkan kosakata. 

Supaya lebih efektif dalam cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Pastikan secara bertahap meningkatkan level pembelajaran, dari yang memakai subtitle ke tanpa subtitle. Perlahan akan terbiasa dengan acara berbahasa Inggris, dan membantu kamu fasih dalam mengucapkan dan memahami artinya secara spontan. 

3. Mengikuti Acara dengan Bahasa Inggris sebagai Pengantarnya 

Opsional berikutnya adalah dengan mengikuti acara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Acara ini sangat banyak sekali misalnya acara seminar, bedah buku, talkshow, dan lain sebagainya. Semua acara dengan bahasa Inggris membantu kamu untuk menjadi pendengar dan penyimak yang baik. 

Tidak perlu takut tidak paham, kamu bisa merekam semua informasi yang dipaparkan dalam acara tersebut. Misalnya memakai smartphone, dan pasca acara bisa memutar rekaman sembari menulisnya dalam catatan. Masukan kata yang tidak dipahami dalam catatan dan dicari artinya. 

Putar ulang beberapa kali sampai tidak ada kata yang tidak dipahami. Maka jalannya acara akan bisa diikuti karena sudah paham apa saja yang disampaikan dalam acara tersebut. 

Bagaimana jika di tengah acara hanya bisa menonton dan tidak paham maksud pembicara? Tidak masalah, dan dijamin ada banyak kata dipahami karena dalam bahasa Inggris juga akan sering digunakan kata-kata yang umum dan sering dipakai. Setidaknya saat pembicara memakainya, kamu bisa paham. 

Intinya, semakin sering mengikuti acara dengan bahasa Inggris semakin mudah memahami bahasa Inggris tanpa membuka kamus. Sebab sudah terbiasa dengan aneka jenis kata yang disampaikan dalam acara. Sehingga kemampuan bahasa Inggris terus meningkat. 

4. Berbicara dengan Bahasa Inggris Setiap Saat 

Berikutnya adalah dengan berbicara memakai bahasa Inggris setiap saat, setiap kali memiliki kesempatan. Bicara ini bisa dilakukan sendiri di depan cermin, sehingga semakin lama semakin fasih dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. Hasilnya akan lebih maksimal jika ada teman untuk bicara. 

Berbicara bahasa Inggris dengan rekan akan menciptakan percakapan dua arah, sehingga masing-masing bisa saling mengoreksi saat melakukan kesalahan. Baik kesalahan pengucapan kata maupun pemilihan kata dan bentuk kata. Semakin terbiasa berbicara dengan bahasa Inggris tanpa sadar akan semakin fasih. 

Baca Juga: 145 Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Fungsinya

Jumlah kosakata yang dikuasai juga terus berkembang, sehingga bahasa Inggris seolah-olah sudah menjadi bahasa keseharian. Jadi, mulailah membiasakan diri memakai bahasa Inggris untuk berbicara dalam keseharian. Tidak perlu malu, dan bisa dimulai berbicara di rumah sendiri dan dengan orang-orang terdekat. 

5. Membaca Buku dan Surat Kabar Berbahasa Inggris

Selain mendengar, menonton, dan rutin berbicara dengan bahasa Inggris. Ada satu lagi cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dijamin mudah diterapkan. Yakni membaca buku maupun surat kabar berbahasa Inggris. Terbiasa membaca literatur berbahasa asing membantu kamu menguasai bahasa asing tersebut. 

Jadi, mulailah melengkapi koleksi bacaan dengan bacaan berbahasa Inggris. Supaya kamu bisa melengkapi perbendaharaan kata dan memahami artinya, sekaligus paham bagaimana menuliskannya dengan baik dan benar. Sebab antara tulisan dan pengucapan bahasa Inggris dijamin dijumpai perbedaan. 

Dengan kebiasaan membaca, kamu bisa sekaligus mengasah kemampuan reading. Hal ini juga berdampak baik pada pelafalan bahasa Inggris, sehingga semakin lama semakin fasih. Mulailah dengan membaca, memberi tanda pada kata yang susah, mencari artinya, dan kemudian dibaca ulang. 

6. Mengatur Bahasa di Gawai dengan Bahasa Inggris 

Kamu memegang gawai seperti smartphone atau mungkin tablet? Maka akan menjumpai pengaturan bahasa di dalamnya. Manfaatkan perangkat tersebut untuk memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Caranya dengan mengatur bahasa perangkat ke bahasa Inggris. 

Hal ini terbilang efektif, sebab membantu kamu terbiasa dengan notifikasi berbahasa Inggris. Kamu akan semakin akrab dengan kata-kata bahasa Inggris tersebut, memahami artinya, dan kemudian memberi tanggapan. Kamu pun bisa menambah perbendaharaan kata yang tentu baik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. 

7. Menulis dengan Memakai Bahasa Inggris 

Kemampuan writing atau menulis dalam bahasa Inggris juga perlu diasah, bisa bersamaan dengan proses reading maupun speaking. Sehingga dalam sekali waktu kamu bisa mengasah keterampilan di tiga kategori tersebut. Dimana semuanya penting untuk dikuasai agar penguasaan bahasa Inggris lebih mudah. 

Mulailah dengan menyediakan buku catatan maupun buku tulis, opsional lain adalah membeli buku diary bagi kamu para perempuan. Kamu bisa mulai menulis apa saja di dalamnya dengan bahasa Inggris. Misalnya agenda harian, pengalaman di hari tersebut, dan sebagainya. 

Cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan trik ini terbilang efektif. Sebab kamu menjadi terbiasa menuliskan kata-kata dalam keseharian dengan bahasa Inggris. Kamu semakin mudah mengingatnya, dan semakin terpacu untuk mengenal kosa kata lain. Sehingga semakin fasih dari hari ke hari. 

8. Berteman dengan Orang yang Kemampuan Bahasa Inggrisnya Bagus

Jika kondisi memungkinkan, kamu juga perlu membangun relasi orang mereka yang fasih bahasa Inggris. Sebab sering berdekatan dengan orang-orang yang terbiasa memakai bahasa Inggris, berdampak baik bagi kemampuan bahasa asing yang dimiliki. 

Jadi, kenali siapa saja di kelas yang kemampuan bahasa Inggrisnya baik. Mulailah menjalin pertemanan dengan cara yang baik dan benar. Kemudian ajak teman tersebut untuk membiasakan diri bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Sehingga kamu terbiasa memakai bahasa Inggris dalam keseharian. 

Bersama teman yang kemampuan bahasa Inggrisnya lebih baik, kamu bisa belajar lebih banyak hal. Kemampuan kamu semakin terasah berkat banyaknya kosakata baru yang dikenal dan diingat sekaligus diucapkan. Sehingga tidak akan rugi berteman dengan orang-orang yang bahasa Inggrisnya sudah luar biasa. 

Baca Juga: 15 Jenis Kata Hubung Lengkap dengan Contohnya yang Baik dan Benar

9. Menulis Komentar di Media Sosial dengan Bahasa Inggris 

Kamu suka bermain media sosial? Baik itu Instagram, Facebook, Youtube, dan sebagainya bisa dijadikan media untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Caranya dengan menjalin pertemanan lintas negara dan lintas benua. 

Misalnya mulai subscribe akun-akun Youtube dari luar, yang rutin membuat konten. Konten mereka dijamin memakai bahasa Inggris, gunakan terjemahan saat menonton videonya. Kemudian, tuliskan komentar dengan bahasa Inggris. Terbiasa menulis komentar seperti ini bagus untuk kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. 

Sebab terbiasa menulis kosakata bahasa Inggris, kemudian berinteraksi dengan saling membalas komentar dengan orang-orang yang memakai bahasa Inggris dalam keseharian. Perlahan kamu paham bagaimana menulis kalimat yang baik dan benar seperti mereka. 

Sehingga menjadi cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang perlu dicoba. Apalagi sifatnya gratis, dan menyenangkan karena kamu bisa sambil mencari hiburan di media sosial tersebut. 

10. Membaca Lirik Lagu Berbahasa Inggris 

Jika suka mendengarkan lagu bahasa Inggris, maka sebaiknya jangan hanya didengarkan. Melainkan juga mencoba menulis liriknya di secarik kertas, dibaca, dan kemudian mencari tahu arti kata demi kata. Perlahan kata di dalam lagu akan diketahui arti dan diingat, sehingga bisa dipakai dalam percakapan. 

Membaca lirik lagu berbahasa Inggris memiliki efek sama ketika membaca buku maupun surat kabar berbahasa Inggris. Sehingga cara ini bisa dicoba agar kemampuan bahasa Inggris bisa terus meningkat. 

11. Meluangkan Waktu Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari 

Cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris berikutnya adalah dengan selalu meluangkan waktu untuk belajar. Jadi, kamu terbiasa belajar bahasa Inggris setiap hari meskipun hanya 15 menit atau bahkan satu jam. Selama itu kamu bisa menambah perbendaharaan kata yang tentu baik untuk kemampuan bahasa Inggris. 

12. Merekam Suara saat Berbahasa Inggris dan Mendengarkannya 

Tips berikutnya adalah merekam suara yang sedang berbicara dengan bahasa Inggris. Selain memakai perekam khusus kamu juga bisa memanfaatkan fitur perekam di smartphone. 

Hasil rekaman kemudian didengarkan, dan kamu bisa mengetahui kata-kata mana saja yang terdengar lirih dan ragu untuk diucapkan. Cek kata apa dan cari tahu artinya sekaligus bagaimana mengucapkannya. Perlahan kamu akan terbiasa berbicara bahasa Inggris dan selalu memakai kosakata yang benar. 

13. Membaca Kamus Bahasa Inggris 

Tahukah kamu bahwa dengan membaca kamus kamu sudah melakukan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang terbilang efektif? Tidak dapat dipungkiri, kamus bahasa Inggris adalah gudang kosakata. Membaca satu lembar atau setengah lembar sehari membantu kamu mengetahui banyak kosakata. 

Bagaimana jika dilakukan rutin dalam seminggu, sebulan, atau bahkan setahun? Dijamin akan ada banyak kosakata bisa diingat dan diketahui artinya. Dalam beberapa kesempatan kosakata ini bisa dijadikan media untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. 

Baca Juga: Begini Cara Penulisan Judul yang Benar, Jangan Salah Lagi, Ya!

14. Punya Kamus Bahasa Inggris Sendiri 

Cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris berikutnya adalah dengan mencoba membuat kamus bahasa Inggris sendiri. Kamus ini secara khusus berisi kosakata bahasa Inggris yang belum dimengerti artinya atau belum dipahami. Sehingga setiap harinya kamu perlu menyusun lima sampai 10 kata. 

Di hari yang sama, kamu perlu mencari tahu arti dari daftar kata dalam kamus pribadi tersebut. Bisa memanfaatkan internet, kamus, teman yang pintar bahasa Inggris, dan cara lainnya. Sehingga setiap harinya, paling tidak ada lima kata bahasa Inggris yang dipelajari dan menambah perbendaharaan kata pribadi. 

Jika dalam sehari bisa mendapatkan dan mengingat lima kata, aka satu minggu bisa 35 kata. Dalam sebulan, dijamin sudah banyak kosakata diketahui dan bisa digunakan dalam percakapan maupun ketika menyusun tulisan berbahasa Inggris. 

Jadi, mulailah menyusun kamus pribadi agar perbendaharaan kata terus bertambah. Hal ini secara pelan namun pasti akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Sebab kuncinya adalah bisa tahu arti kata sehingga bisa lebih percaya diri dalam mengucapkannya dan memakainya dalam percakapan. 

15. Ikut Kursus Bahasa Inggris 

Poin-poin yang dijelaskan di atas merupakan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang sifatnya gratis dan otodidak. Pertimbangkan untuk mengeluarkan biaya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Sehingga mendapatkan dampingan dan bimbingan dari ahlinya. 

Temukan tempat kursus yang terjangkau dan juga menyediakan tutor yang tidak hanya pintar berbahasa Inggris. Namun juga mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman. Sehingga bisa belajar bahasa Inggris dengan tenang sekaligus menyenangkan. 


Diantara beberapa cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di atas, mana saja yang sudah kamu terapkan? Silahkan dilakukan rutin, jika telaten maka bahasa Inggris sudah menjadi bahasa keseharian. Kamu bisa dengan fasih menggunakannya dis etiap kesempatan

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132