fbpx

8 Cara Menjadi Dosen yang Sukses Sejak Usia Muda

8 Cara Menjadi Dosen yang Sukses Sejak Usia Muda
sumber foto : freepik.com

Cara menjadi dosen yang sukses – Tenaga pengajar bukan hanya menjadi guru melainkan bisa juga menjadi dosen, namun untuk kamu yang punya cita-cita menjadi dosen. Sudahkah mengetahui tata cara menjadi dosen tersebut? 

Menjadi seorang dosen tidak bisa dikatakan mudah, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi baik secara administratif maupun dari kesiapan diri sendiri. Seorang dosen pada dasarnya dituntut untuk memiliki pendidikan yang tinggi, memiliki nilai akademik yang baik, dan sebagainya. 

Tujuannya adalah pada saat menempuh cara menjadi dosen dan berhasil maka bisa menjadi dosen yang luar biasa. Tidak hanya bisa mengajar atau menyampaikan materi, namun juga membangun suasana kelas yang mendukung dan mencetak SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas unggul. 

Baca juga : Metode Pomodoro Untuk Menjaga Fokus Saat Kuliah Daring Interaktif

Daftar Cara Menjadi Dosen 

Menjadi dosen juga menjadi pemilik profesi yang mulia, sebab bisa memastikan setiap ilmu pengetahuan yang dimiliki bisa dibagikan ke banyak orang. Baik itu mahasiswanya di kelas maupun kepada orang lain melalui karya ilmiah yang ditulis dan sudah dipublikasikan. 

Apabila berniat menjadi dosen yang luar biasa atau dosen yang sukses, maka beberapa cara menjadi dosen bisa dilakukan: 

1. Membangun Niat dari Hati 

Cara pertama yang perlu dilakukan jika ingin cepat menjadi dosen adalah dengan membangun niat. Yakni niat dari hati agar lebih bersungguh-sungguh dalam meraih mimpi menjadi dosen. 

Sebab perlu segera menyelesaikan pendidikan, melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 maupun S3 baik di dalam maupun luar negeri, belum lagi dengan tuntutan lainnya. Jika tidak ada niat dari hati dan merupakan paksaan, misal paksaan dari orang tua. Maka langkah menjadi dosen bisa terasa lebih sulit dan resiko gagal tinggi. 

2. Sehat Jasmani Maupun Rohani 

Sebagai seorang calon dosen kamu juga perlu memperhatikan kesehatan jasmani dan rohani. Sebab salah satu syarat dari pemerintah bagi calon dosen adalah memiliki kesehatan yang prima. Dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit. 

3. Kuliah dengan Sungguh-Sungguh 

Berikutnya untuk cara menjadi dosen adalah dengan bersungguh-sungguh selama kuliah. Sebab semakin cepat menyelesaikan pendidikan S1 maka semakin baik, karena bisa segera lanjut ke S2 maupun S3 sesuai syarat wajib dosen saat ini yang minimal harus S2. 

Meskipun kuliah bisa dilakukan kapan saja, namun umur untuk menjadi dosen ada batas maksimalnya. Yaitu 35 tahun, jika lewat dari ini maka kamu tidak bisa menjadi dosen. Oleh sebab itu perlu sungguh-sungguh semasa kuliah agar cepat lulus dan bisa cepat mendaftar dosen. 

4. Skor TOEFL di Atas 500 

Berikutnya adalah segera menjalani tes TOEFL, sebab syarat untuk diterima menjadi dosen adalah memiliki TOEFL minimal 500. Sehingga perlu segera menjalani tes ini, untuk bisa fokus memenuhi syarat lainnya. 

5. Melanjutkan S2

Setelah lulus dari jenjang S1, pastikan segera meraih kesempatan kuliah di jenjang S2. Persiapkan diri melanjutkan studi S2 sejak masih kuliah S1, sehingga bisa patas untuk melanjutkan studi. Semakin cepat lulus S2 semakin cepat pula menekuni profesi dosen. 

6. Menjadi Asisten Dosen 

Sebagai upaya menguatkan mental menjadi dosen, maka dalam cara menjadi dosen juga perlu mencoba menjadi asisten dosen. Sehingga bisa merasakan sejak dini bagaimana menyampaikan materi di hadapan banyak mahasiswa. 

7. Menjadi Guru Les 

Menjadi guru les selama kuliah S1 juga penting untuk dilakukan, sebagai upaya untuk membangun metode berinteraksi dengan mahasiswa sejak dini. Selain itu bisa menambah pengalaman dan isi dompet juga. 

8. Bebas dari Tindak Pidana 

Menjadi dosen memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik perguruan tinggi tempat kamu mengajar. Oleh sebab itu wajib bebas dari segala jenis tindak pidana, dan merupakan cara menjadi dosen yang wajib dilakukan atau dipenuhi. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber : https://www.pilihprofesi.com/cara-jadi-dosen/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322