fbpx

Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen yang Bisa Dijadikan Referensi

contoh surat permohonan pindah tugas dosen

Kebutuhan contoh surat permohonan pindah tugas dosen tentu akan meningkat bagi para dosen yang berniat mengajukan pindah tugas. Pindah tugas ini memang umum terjadi di dunia profesi dosen, pindah dari satu kampus ke kampus lainnya. Hanya saja tidak secepat dan setinggi mobilitasnya dengan perpindahan dosen di luar negeri. 

Dosen yang hendak pindah tugas atau pindah homebase dimana statusnya adalah dosen PNS. Maka harus mengikuti prosedur yang ada, dimana ada sejumlah dokumen yang harus dilengkapi saat mengajukan surat permohonan. Sekaligus memiliki alasan yang kuat dan logis yang membuat permohonan tersebut segera disetujui. 

Bagi pada dosen yang dalam waktu dekat atau saat ini sedang mengurus perpindahan tugas. Maka perlu mengetahui dulu bagaimana mengajukan permohonan pindah tugas, termasuk penyusunan surat permohonan pindah tugas dosen. Berikut informasinya. 

Pindah Tugas bagi Dosen 

Dosen adalah profesi yang memiliki tugas melaksanakan Tri Dharma di suatu perguruan tinggi tempatnya mengajar. Seorang dosen kemudian memiliki sejumlah hak dan kewajiban, dilihat dari aspek hak. Dosen memiliki hak untuk mengajukan permohonan pindah tugas dosen. Baik itu pindah dari kampus PTN ke PTS atau sebaliknya. 

Bagi, dosen non PNS termasuk juga dosen tidak tetap dan dosen honorer. Proses pengajuan permohonan kerja lebih mudah. Cukup melihat contoh surat permohonan pindah tugas dosen dan mengajukannya ke pihak kampus. Kemudian mengikuti tahapan berikutnya sesuai ketentuan. 

Namun, bagi dosen PNS tentunya memiliki prosedur yang lebih kompleks lagi dan hal ini juga berlaku untuk PNS non dosen. Dimana ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi baik secara administratif maupun non administratif. Jadi, selama dosen yang bersangkutan sudah memenuhi syarat maka pengajuan permohonan pindah tugas akan lebih mudah. 

Pindah tugas yang diajukan dosen kemudian diwajibkan ada alasannya. Bagi dosen non PNS, pengajuan bisa karena lokasi yang terlalu jauh dari rumah, gaji yang terlalu kecil, dan alasan lainnya. Bagi dosen PNS, maka alasan ini harus sesuai dengan aturan misalnya alasan kesehatan, alasan pernikahan (agar bisa dekat dengan suami), dan lain-lain. 

Baca Juga:

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh CV Dosen 

Tips Memulai Karir Dosen 

Cara Mengajukan Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen 

Bagi dosen non PNS, tentunya tidak menghadapi kesulitan yang berarti untuk mengajukan permohonan pindah tugas. Khususnya bagi dosen tidak tetap dan dosen honorer, jika masa kontrak sudah habis maka dosen yang bersangkutan leluasa untuk melamar sebagai dosen di kampus lain. 

Sementara bagi dosen tetap, baik dosen PNS maupun non PNS. Khususnya dosen PNS. Ada sejumlah prosedur yang harus dijalani untuk bisa mengajukan permohonan pindah tugas dosen. Selain menyimak contoh surat permohonan pindah tugas dosen untuk menyusun surat permohonan yang sesuai dengan ketentuan. 

Dosen PNS sebagaimana PNS dan pegawai di BUMN pada umumnya sebelum mengajukan pindah tugas, harus memenuhi syarat dan aturan yang berlaku. Dosen PNS perlu mendapatkan surat rekomendasi dari pimpinan kampus. Kemudian memenuhi beberapa dokumen berikut ini: 

  • Foto diri dengan ukuran 4X6 berpakaian dinas sebanyak 2 lembar.
  • Fotocopy Kartu pegawai. 
  • Fotocopy NIP baru. 
  • Fotocopy SK CPNS.
  • SK PNS yang difotocopy. 
  • SK kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisir.
  • Fotocopy Ijazah terakhir.
  • Sasaran Kinerja Pegawai atau SKP, 2 tahun terakhir.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Surat Rekomendasi dari pimpinan. 
  • Fotocopy surat nikah bagi yang sudah menikah.
  • Fotocopy KTP suami/istri.
  • Surat persetujuan suami/istri.
  • Analisa Beban Kerja dari Instansi.

Mengenai dokumen administrasi di atas, ada kemungkinan akan mengalami perubahan sesuai dengan aturan baru. Jadi untuk memastikan, para dosen PNS bisa konsultasi dulu dengan pihak kampus ke bagian yang ditunjuk atau diberi tanggung jawab mengurus kepegawaian. 

Bagi dosen yang pindah tugas, juga akan ada perbedaan persyaratan administrasi dari jenis kepindahannya. Maksudnya, syarat pindah dosen di satu kopertis yang sama dengan antar kopertis biasanya berbeda. Detailnya bisa dikonsultasikan dengan pihak kampus maupun kopertis. 

Tujuan Dibuatnya Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen 

Adanya kebutuhan menyusun surat permohonan dengan menjadikan contoh surat permohonan pindah tugas dosen sebagai referensi bukan tanpa alasan. Tujuan dari penyusunan surat permohonan ini antara lain: 

  1. Menjadi dokumen yang sah karena bisa menjadi bukti yang sah bahwa seorang dosen PNS untuk pindah tugas dan pindah homebase.  
  2. Pengantar resmi kepindahan tugas ke perguruan tinggi yang baru sebagai tempat tugas yang baru juga. 
  3. Mengikuti prosedur yang ada karena memang untuk pindah tugas, dosen perlu mengikuti syarat dan aturan yang berlaku. 
  4. Menyampaikan alasan kepindahan dengan jelas yang kemudian dicantumkan di dalam surat permohonan pindah tugas tersebut. 

Baca Juga:

Linieritas Pendidikan Dosen 

Syarat Dosen Pembimbing Skripsi

Anggaran Penelitian Dosen 

Jenjang Karir Dosen PNS

Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen 

Supaya proses pengajuan perpindahan tempat tugas lancar, maka pastikan sudah menyusun surat permohonan pindah tugas dengan baik dan benar. Berikut beberapa contoh surat permohonan pindah tugas dosen yang bisa dijadikan referensi: 

1. Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen 1

        Kendal, 20 Desember 2021

Perihal : Permohonan surat pengantar pindah homebase NIDN

Kepada Yth. 

Rektor IAIN Tulungagung 

di Tempat. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Hendra Ariyanto, S.Pd., M.A.

NIP : 198811112019031011

NIDN Asal : 2011118801 (IAIN Ponorogo)

Tempat Tanggal Lahir : Mojokerto, 11 November 1988 

Pendidikan : S2 Ilmu Sejarah – Tahun 2015 

Golongan ruang : III b 

Unit kerja lama : IAIN Ponorogo (202035) 

Homebase Prodi lama : Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 

Unit kerja baru : IAIN Tulungagung (202017) 

Homebase Prodi baru : Sejarah Peradaban Islam 

Instansi : Kementerian Agama 

Sehubungan dengan perpindahan saya dari unit kerja IAIN Ponorogo ke unit kerja IAIN Tulungagung. Maka sebagai salah satu konsekuensinya adalah melakukan perpindahan homebase NIDN. Demi kelancaran proses perpindahan homebase NIDN tersebut saya memohon untuk dibuatkan surat pengantar permohonan pindah homebase NIDN yang ditujukan kepada Rektor IAIN Ponorogo agar unit kerja lama bisa melepas homebase awal. 

Demikian surat permohonan ini dibuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Hendra Ariyanto, S.Pd., M.A. 

2. Contoh 2 Surat Permohonan Pindah Tugas Dosen 1

    Semarang, 20 Desember 2021

Perihal : Permohonan Mutasi 

Lampiran : 6 Halaman 

Kepada Yth. 

Bapak Bupati Bantul 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 

di Bantul. 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Anita Risdiyanti, S.Pd., M.M. 

NIP : 1980008997000 

Pangkat/ Golongan : Penata Muda/IIIa

Jabatan : Guru Sekolah Dasar 

Unit Kerja : SDN 1 Semarang 

Dengan ini mengajukan permohonan mutasi kerja dari pemerintah Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ke Pemerintah Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun maksud dan tujuan permohonan mutasi kerja saya ini adalah karena mengikuti suami yang saat ini bertugas di BPS (Badan Pusat Statistik) Bantul. 

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya bapak Bupati dapat mengabulkan. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Anita Risdiyanti, S.Pd., M.M. 

Beberapa contoh surat permohonan pindah tugas dosen tersebut tentu bisa dijadikan referensi. Biasanya dosen juga harus meminta surat lolos butuh untuk melengkapi permohonan pindah tugas yang diajukan.

Artikel Terkait:

11 Cara Mengajar Dosen yang Baik 

Kekayaan Intelektual Dosen

Beda Jabatan Struktural dan Fungsional Dosen

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja