fbpx

Google Classroom Jadi Solusi Kuliah Online, Ini Cara Menggunakannya

kuliah online

Google Classroom saat ini menjadi solusi sebagai ruang kuliah online di masa pandemi Covid-19. Kuliah online menjadi pilihan universitas atau perguruan tinggi lainnya sebagai pilihan utama mereka di tengah pandemi saat ini. Namun, layanan kelas online yang diberikan Google Classroom ini sepertinya belum banyak yang tahu bagaimana cara mengoptimalkan penggunaannya untuk mempermudah proses belajar mengajar.

Pengertian

Google Classroom merupakan aplikasi pemkuliahan campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Dosen atau pendidik dapat membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para mahasiswanya.

Google Classroom ini diperuntukkan untuk membantu semua ruang lingkup pendidik atau dosen yang membantu mahasiswanya untuk menemukan atau mengatasi kesulitan perkuliahan, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir di kelas.

Terdapat Banyak Fitur

Di dalam Google Classroom terdapat banyak fitur yang praktis, efisien, dan terjamin keamanannya. Kelas pemkuliahan akan tetap tersimpan meski secara online. Interaksi antar dosen dan mahasiswa pun dapat terjadi dengan baik. Kegiatan pemkuliahan pun akan terasa lebih mudah, karena Google Classroom ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

kuliah online

(Sumber Foto: edu.rsc.org)

Dosen dan mahasiswa juga dapat melakukan kegiatan pemkuliahan menggunakan perangkat seluler Android atau iOS. Pembagian materi pemkuliahan juga terasa lebih ringkas, tugas mahasiswa dan penilaian juga menjadi lebih transparan. Selain itu mahasiswa juga dapat menyapa dan bekerja sama mengerjakan tugas dan teman sekelas mereka layaknya di kelas tatap muka langsung.

Tujuan Utama

Terdapat berbagai fitur yang memudahkan kuliah online karena tujuan utama Google Classroom adalah merampingkan proses berbagi file anatar guru dan siswa. Dengan Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi pembuatan dan distribusi penugasan, Google docs, Sheets, Slides untuk penilisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calender untuk penjadwalan.

Mahasiswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain universitas atau perguruan tingginya.

Setiap kelas pun bisa membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, dimana mahasiswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh dosennya. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna seluler perangkat iOS dan Android yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline.

Dosen juga dapat memantau kemajuan untuk setiap mahasiswanya, dan setelah dinilai dosen pun dapat memberi komentar atau pesan.

Bagi Anda pengguna baru, berikut panduan daftar masuk (log in) ke Google Classroom:

  1. Miliki Email. Pastikan Anda membuat akun gmail terlebih dahulu jika belum memilikinya.
  2. Kemudian membuka alamat classroom.google.com
  3. Kemudian akan muncul permintaan masukan gmail yang Anda miliki, selanjutnya Anda akan dimintai password (pastikan Anda mengingat password yang dibuat) jika sudah, klik Next.
  4. Jika ada pesan selamat datang, tinjau dan klik Terima.
  5. Jika Anda menggunakan akun Google Apps for Education, klik I’m A Student (jika Anda siswa) atau I’m A Teacher (jika Anda pengajar). (Catatan: jika Anda menggunakan akun pribadi opsi ini tidak akan muncul).
  6. Selanjutnya akan menujukkan tampilan klik Mulai.

Jika Anda perlu beralih menggunakan akun lain, maka Anda bisa lihat bagian atas, klik gambar profil Anda atau inisial. Kemudian pilih akun.

Jika Anda seorang dosen, Anda dapat ‘membuat kelas’. Namun jika Anda seorang mahasiswa Anda dapat pilih ‘gabung dengan kelas’.

Sumber: techno.okezone.com dan idcloudhost.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

  • Daftar Kontributor
  • S&K Kontributor
  • Menerbitkan Buku

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…