fbpx

Cara Melakukan Publikasi Karya Ilmiah ke Jurnal Ilmiah Nasional

karya jurnal ilmiah nasional

Keaktifan seorang dosen tentunya tidak hanya dinilai dan dilihat dari kegiatan mengajar secara rutin di perguruan tinggi. Akan tetapi juga mengenai karya ilmiah yang berhasil ditulis oleh dosen tersebut. Sekaligus mengetahui seberapa banyak karya ilmiah yang ditulis masuk ke publikasi jurnal ilmiah nasional maupun internasional. 

Selain perlu melakukan penelitian, maka dosen setelahnya harus melaporkan hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah. Tidak sampai disitu saja, proses selanjutnya adalah mempublikasikan karya ilmiah yang sudah ditulis tadi. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan oleh para dosen? 

Baca juga : Cara Mendapatkan ISBN Untuk Karya Ilmiah Book Chapter Nasional

Tujuan dan Manfaat Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional

Rupanya memastikan karya ilmiah yang ditulis masuk ke dalam publikasi jurnal ilmiah nasional memiliki sejumlah manfaat dan tujuan yang sifatnya penting. Diantaranya adalah: 

  • Mempublikasikan atau menyebarluaskan hasil dari penelitian yang dilakukan kepada publik. 
  • Menambah khazanah ilmu pengetahuan, sebab jurnal ilmiah nasional akan dijadikan sumber referensi bagi semua kalangan dalam melakukan penelitian maupun menyusun karya ilmiah dan juga buku. 
  • Membantu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebab hasil penelitian bisa jadi merupakan solusi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara lebih mudah dan cepat. 
  • Meningkatkan prestasi penulis, sebab setiap karya ilmiah yang masuk ke dalam jurnal ilmiah nasional akan dinilai punya kualitas bagus. Tidak hanya untuk karya ilmiahnya namun juga untuk penyusunnya. 
  • Mampu meningkatkan reputasi lembaga atau perguruan tinggi dimana dosen tersebut melakukan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
  • Memberikan kepuasan diri, dalam hal ini adalah dosen yang menyusun karya ilmiah tersebut. 
  • Membantu memperbaiki dan meningkatkan daya saing suatu bangsa, sebab adanya karya ilmiah yang terpublikasi maka menunjukan kualitas pendidikan, teknologi, sampai SDM suatu bangsa terbilang bagus atau bahkan lebih unggul. 
Cara Publikasi Jurnal Ilmiah 

Agar naskah dari karya ilmiah yang disusun bisa terpublikasi, maka perlu mengusahakan proses publikasinya. Sebab sangat tidak mungkin jika sebuah karya ilmiah ini bisa mengurus publikasinya sendiri. 

Hanya saja masih banyak yang belum tahu bagaimana menjadikan naskah karya ilmiah ini masuk ke publikasi jurnal ilmiah nasional. Memahami berbagai tujuan dan manfaat dari publikasi karya ilmiah sesuai yang dijabarkan di atas, maka perlu segera dilakukan. 

Terutama untuk publikasi di jurnal-jurnal yang sifatnya nasional sehingga sudah terakreditasi oleh SINTA Dikti. Proses publikasi ini tidaklah terlalu sulit, berikut cara mempublikasikan karya ilmiah ke dalam jurnal ilmiah nasional yang sudah terakreditasi: 

1. Publikasi Melalui OJS 

Cara pertama adalah publikasi secara online melalui website OJS, prosesnya sendiri sudah online dari awal sampai akhir. Berikut detail langkah-langkahnya: 

  • Melakukan submit atau memasukan artikel karya ilmiah di website OJS. 
  • Mengunggah file karya ilmiah yang akan dipublikasikan. 
  • Mengisi metadata dari naskah karya ilmiah yang ingin dipublikasikan. Mulai dari nama, judul, abstrak, dan lain-lain. 
  • Mengunggah file tambahan, misalnya untuk gambar hasil maupun proses penelitian dan bisa juga data penelitian dalam bentuk tabel. 
  • Muncul ringkasan dari semua file yang diunggah di OJS, jika dirasa sudah selesai silahkan klik tombol “Finish Submission”. 

Setelah semua tahapan tersebut selesai, maka Anda bisa mengecek status dari karya ilmiah yang dipublikasikan. Yakni di menu user home dan pilih tombol “Active Submission”. 

2. Publikasi Melalui Ridwan Institute 

Pilihan kedua untuk publikasi di jurnal ilmiah nasional adalah ke Ridwan Institute, dan sama seperti di OJS disini juga sifatnya sudah online. Lebih detail untuk proses publikasi oleh pihak Ridwan Institute disarankan menghubungi kontak Customer Service yang disediakan. 

Kemungkinan masih banyak lagi pilihan tempat untuk mendukung proses publikasi ke jurnal ilmiah nasional. Silahkan mencoba mengakses informasi lebih banyak dari berbagai sumber. 

Mempublikasikan sebuah karya ilmiah menjadi tanggung jawab sosial peneliti dan penyusun karya ilmiah tersebut. Sebab tanpa publikasi maka sebuah karya ilmiah tidak akan bermanfaat dan memiliki makna. 

Sampai saat ini publikasi untuk karya ilmiah di dalam jurnal ilmiah nasional masih terbilang kurang. Diharapkan dengan dukungan berbagai pihak baik dari perguruan tinggi maupun pemerintah, semakin banyak publikasi dilakukan para dosen. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber :
https://ridwaninstitute.co.id/
https://simdos.unud.ac.id/
https://media.neliti.com/

Share ke sosial media

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081228474322