fbpx

Pengumuman Pendaftaran Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti Ristek Tahun 2022

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah DIKTIRISTEK

Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti Ristek – Dosen dalam Tri Dharma memiliki tugas untuk melaksanakan kegiatan riset atau penelitian. Salah satu output atau luaran dari penelitian tersebut adalah menulis artikel ilmiah dan dipublikasikan ke dalam jurnal. Baik jurnal nasional maupun internasional. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah atau kuantitas publikasi ilmiah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan sudah mampu melampaui jumlah publikasi dari sejumlah negara tetangga seperti Thailand dan Singapura. 

Namun, dari perkembangan positif tersebut masih dijumpai beberapa masalah terkait pemenuhan standar baku penulisan artikel ilmiah. Lewat kondisi ini, pemerintah bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. 

Tentang Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti Ristek 

Sebagaimana yang disampaikan di awal, luaran dari penelitian yang dilakukan dosen adalah menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Publikasi artikel ilmiah yang berisi hasil-hasil penelitian dosen sangat penting untuk dilakukan. 

Prosesnya mendukung program peningkatan kualitas atau mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dan juga dunia. Sebab publikasi artikel ilmiah ini bisa melalui jurnal internasional yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dunia. 

Dalam kegiatan publikasi artikel ilmiah, tidak cukup seorang dosen hanya mempublikasikannya ke dalam jurnal. Melainkan harus memperhatikan kualitas dan jurnal mana yang dipilih untuk keperluan publikasi tersebut. 

Diharapkan para dosen yang juga merupakan para peneliti tanah air ini mampu mempublikasikan artikel ilmiah ke jurnal internasional bereputasi. Sehingga kualitas artikel ilmiah sudah mumpuni dan memenuhi standar. 

Sekaligus meningkatkan pemanfaatan artikel ilmiah tersebut. Sebab jika sudah masuk ke jurnal internasional bereputasi. Maka masyarakat dari seluruh dunia akan mengakses dan memanfaatkan isinya. Sehingga manfaat yang diberikan bisa lebih luas. 

Dilansir dari data yang dihimpun oleh Dikti Ristek, jumlah publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional semakin meningkat. Bahkan di tahun 2017, jumlah publikasi ini mampu melampaui jumlah publikasi ilmiah sejumlah negara tetangga. 

Seperti Thailand, Singapura, dan juga Malaysia. Meskipun begitu, masih dijumpai beberapa kendala. Seperti: 

  • Belum meratanya publikasi di jurnal berkualitas baik nasional maupun internasional.
  • Kuantitas publikasi masih menjadi indikator keberhasilan tetapi belum tentu mencerminkan produktivitas dosen, dan 
  • Cukup banyak dijumpai kasus pelanggaran etik penulisan atau publikasi.  

Melalui kendala-kendala tersebut, Dikti Ristek kemudian mencoba mengatasinya dengan menggelar program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Sesuai namanya, program ini adalah program pelatihan untuk menulis artikel ilmiah berkualitas. 

Program ini ditujukan untuk para dosen yang memang menjadi pemain utama dalam proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal nasional maupun jurnal internasional. Seluruh dosen bisa mengikuti pelatihan ini agar bisa mengembangkan kualitas tulisan ilmiahnya. 

Baca Juga:

Ditjen Dikti Ristek Siap Luncurkan Program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Tahun 2022

Pendaftaran 3 Workshop Pengelola Jurnal Dirjen Dikti Ristek

Program Terobosan Kemendikbud Ristek untuk Tahun 2022

Undangan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) LLDIKTI Wilayah III Tahun 2022

Pengumuman Pendaftaran Peserta Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti Ristek

Berkaitan dengan penjelasan di atas, memasuki minggu terakhir di bulan April 2022. Tepatnya pada 19 April 2022, Dikti Ristek mengumumkan Program Pelatihan Artikel Ilmiah tahun 2022 resmi dibuka. 

Pengumuman ini disampaikan melalui surat edaran bernomor 0215/E5.3/KI.03.00/2022. Surat edaran ini ditujukan untuk seluruh pimpinan perguruan tinggi di Indonesia. Sekaligus kepada seluruh Kepala LLDIKTI dari wilayah I sampai wilayah XVI. 

Program pelatihan ini digelar untuk membantu meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah. Sekaligus meningkatkan kualitas artikel ilmiah yang dipublikasikan oleh para dosen di seluruh Indonesia. 

Sehingga diharapkan para peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah kemudian mampu menyusun artikel sesuai standar baku. Hal ini akan meningkatkan kesempatan artikel masuk ke jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. 

Tahun ini, program pelatihan terbagi menjadi 4 skema yang rencananya akan dilaksanakan di 10 wilayah di Indonesia. Berikut detailnya: 

Melalui surat edaran tersebut juga dijelaskan, bahwa pelatihan penulisan artikel ilmiah di satu wilayah diisi oleh 50 peserta. Jika satu wilayah jumlah peserta melebihi kuota tersebut, maka Dikti Ristek akan mengalihkan peserta ke wilayah lain. 

Adapun mengenai penentuan lokasi pelatihan, dijelaskan pula bisa berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor. Oleh sebab itu, para dosen yang mendaftar pada program ini harus menjalin komunikasi dengan pimpinan PT masing-masing. 

Berhubung program pelatihan ini sudah resmi dibuka, maka para dosen yang tertarik untuk ikut serta bisa mendaftar melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/pelatihanartikel. Pendaftaran terakhir dilakukan pada 30 April 2022.

Persyaratan Peserta Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti Ristek

Program Pelatihan penulisan Artikel Ilmiah oleh Dikti Ristek selain terbuka untuk semua dosen di Indonesia. Dosen yang ingin ikut serta harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut detailnya: 

1. Skema 1: Penerima Hibah PDP 

  • Penerima hibah PDP tahun 2021 atau 2022, dikuatkan oleh pimpinan kelembagaan penelitian di perguruan tingginya.
  • Belum memenuhi luaran wajib PD.
  • Mendaftar melalui laman: http://ringkas.kemdikbud.go.id/pelatihanartikel.
  • Mengisi pakta integritas sebagai pernyataan peserta.
  • Secara jelas mencantumkan kelompok bidang ilmu, yaitu ilmu kealaman, keteknikan, ilmu-ilmu sosial, atau kesehatan, dan 
  • Bersedia mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah sampai selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

2. Skema 2 dan 3: Dosen dengan Jabatan Lektor dan Lektor Kepala

  • Memiliki jabatan akademik lektor untuk kenaikan ke jabatan akademik lektor kepala yang dikuatkan oleh pimpinan di perguruan tingginya.
  • Memiliki jabatan akademik lektor kepala untuk kenaikan ke jabatan akademik guru besar atau profesor yang dikuatkan oleh pimpinan di perguruan tingginya.
  • Mendaftar melalui laman: http://ringkas.kemdikbud.go.id/pelatihanartikel.
  • Mengisi pakta integritas sebagai pernyataan peserta.
  • Secara jelas mencantumkan kelompok bidang ilmu, yaitu ilmu kealaman, keteknikan, ilmu-ilmu sosial, atau kesehatan, dan 
  • Bersedia mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah sampai selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

3. Skema 4: Dosen Sedang Menempuh Program Pascasarjana 

  • Terdaftar sebagai mahasiswa program doktor di PTN/PTS dibuktikan dengan nomor mahasiswa di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). 
  • Sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dikuatkan oleh pimpinan di perguruan tingginya.
  • Mendaftar melalui laman: http://ringkas.kemdikbud.go.id/pelatihanartikel.
  • Mengisi pakta integritas sebagai pernyataan peserta.
  • Secara jelas mencantumkan kelompok bidang ilmu, yaitu ilmu kealaman, keteknikan, ilmu-ilmu sosial, atau kesehatan, dan 
  • Bersedia mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah sampai selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Persyaratan Naskah Artikel Ilmiah 

Selain persyaratan di atas, peserta juga harus menyiapkan naskah yang memenuhi ketentuan untuk ikut serta dalam program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2022. Yaitu: 

  1. Memuat hasil penelitian (original article), bukan ulasan (review) atau catatan pendek (notes).
  2. Naskah yang sudah diajukan ke penerbit jurnal, tetapi belum ada kejelasan apakah naskah diterima untuk publikasi.
  3. Naskah yang sedang dalam proses review tahap pertama dapat digunakan untuk pelatihan penulisan artikel ini.
  4. Menyiapkan soft file naskah artikel dalam bentuk doc ataupun docx yang telah sesuai dengan template yang telah dilampirkan di dalam sistem.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar.
  6. Jika sudah menetapkan jurnal target, berkas berupa template gaya selingkung (guidelines for authors) yang disediakan jurnal harus diunggah bersama dengan naskah artikel ilmiah yang diajukan (dalam satu file).

Tertarik untuk mengikuti program Pelatihan penulisan Artikel Ilmiah di tahun ini? Pastikan sudah memenuhi persyaratan di atas dan segera melakukan pendaftaran sebelum akhir April 2022. 

Artikel Terkait:

Ditjen Dikti Ristek Integrasikan PD-Dikti dengan E-Bansos

Ditjen Dikti Berikan Akses WPS Office VIP Gratis ke 500 PT di Indonesia

Akselerasi Program Penggabungan atau Penyatuan PTS oleh Ditjen Diktiristek

Ditjen Dikti Beri Bantuan Dana Inovasi Teknologi Asistif

Ditjen Dikti Luncurkan Laman PAK dan Selancar PAK Mobile

Ditjen Dikti Ristek Luncurkan SISTER BKD

Sesditjen Dikti: Program Kampus Merdeka merupakan Peluang Emas

Di tag :

RELATED POST

Leave a Reply

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja