fbpx

Inilah 10 PTN Terbaik 2021 Versi Webometrics

PTN Terbaik 2021 Versi Webometrics

Mencari tahu daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics bisa menjadi langkah awal agar tidak salah dalam memilih perguruan tinggi. Sebab dari hasil pemeringkatan Webometrics tersebut bisa diketahui PTN mana saja di Indonesia yang punya kualitas mumpuni. 

Dilansir dari berbagai sumber, hasil pemeringkatan oleh Webometrics Ranking of World Universities mencantumkan sejumlah nama PTN di tanah air. PTN-PTN ini tentunya bisa dijadikan pilihan prioritas pada saat mencari perguruan tinggi terbaik. 

Sekilas Tentang Webometrics 

Webometrics sendiri merupakan sebuah badan riset publik terbesar yang berbasis di Spanyol. Badan riset ini sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab. dan merupakan bagian dari CSIS atau Consejo Superior de Cientificas

Hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics diakui di seluruh dunia, dan memang melibatkan semua perguruan tinggi di semua negara di dunia. Webometrics pun sudah mulai melakukan pemeringkatan sejak tahun 2004 sampai sekarang. 

Tujuan utama dari kegiatan di dalam Webometrics adalah untuk mempublikasikan ke seluruh dunia berbagai ilmu pengetahuan yang sudah dilahirkan oleh setiap perguruan tinggi di dunia. 

Webometrics diketahui memakai sejumlah indikator dan metodologi dalam proses penyusunan pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia. Indikator tersebut adalah: 

  • Impact 

Indikator pertama adalah impact dimana berhubungan erat dengan jumlah backlink yang dimiliki suatu perguruan tinggi. Semakin banyak jumlah backlink yang dimiliki dari situs luar, maka nilai impact yang didapat juga semakin tinggi. 

  • Openness 

Indikator yang kedua adalah opennes dan berhubungan dengan setiap format dokumen (.pdf, .doc, .ppt, .eps, .ps, .pptx) dari perguruan tinggi yang bisa diakses dan terhubung dengan domain dari perguruan tinggi tersebut. 

  • Excellence

Indikator berikutnya adalah excellence yang berhubungan dengan jumlah publikasi ilmiah yang dibuat oleh civitas dari perguruan tinggi. 

  • Visibilitas 

Terakhir adalah indikator visibilitas, yakni penilaian yang diukur dari jumlah jaringan eksternal atau subnet yang terhubung ke halaman website perguruan tinggi. 

Sebagai informasi tambahan, daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics yang ditampilkan di situs resminya hanya memakai tiga indikator dan metodologi. Yakni openness, excellence, dan juga impact

Baca Juga: Ketahui 5 Kerugian Ini Jika Data Mahasiswa Tidak Terdaftar di PD Dikti

Daftar PTN Terbaik 2021 Versi Webometrics 

Lalu, PTN mana saja di Indonesia yang berhasil menembus semua indikator penilaian di atas? Berikut adalah sejumlah PTN terbaik 2021 versi Webometrics yang wajib diketahui: 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Perguruan Tinggi Negeri atau PTN pertama di tanah air yang masuk ke pemeringkatan dari Webometrics adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas negeri satu ini sudah berdiri sejak Desember 1949 dan berbasis di Yogyakarta. 

UGM dikenal sebagai universitas negeri terbaik dan selalu masuk ke dalam daftar pemeringkatan, baik nasional maupun internasional. Melalui pemeringkatan yang dilakukan Webometrics, UGM masuk ke posisi 810. 

Melalui indikator penilaian dari Webometrics, UGM berhasil memperoleh nilai sebagai berikut: 

  • Impact: 578
  • Openness: 638
  • Excellence: 1.500

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Perguruan tinggi di Indonesia berikutnya yang masuk ke dalam daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics adalah Institut Pertanian Bogor atau IPB. IPB di tanah air selalu menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru. 

Perguruan tinggi negeri ini berdiri September 1963 yang di masa awal hanya membuka lima fakultas. Seiring berjalannya waktu jumlah fakultas bertambah dan peminat yang masuk ke perguruan tinggi ini selalu tinggi. 

Sedangkan untuk pencapaian pemeringkatan versi Webometrics, IPB masuk ke peringkat 1.088 dengan pencapaian indikator sebagai berikut: 

  • Impact: 679 
  • Openness: 698 
  • Excellence: 2.174 

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

Terpaut tipis dengan IPB, ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada PTN terbaik 2021 versi Webometrics berhasil mengisi posisi ke 1.089. ITS sendiri berada di kota Surabaya dan berdiri sejak November 1957. 

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang fokus di bidang teknologi, ITS selalu menjadi destinasi banyak mahasiswa baru karena dikenal punya kualitas pendidikan yang mumpuni. 

Melalui pemeringkatan dari Webometrics, ITS berhasil memperoleh posisi 1.089 dengan pencapaian indikator penilaian sebagai berikut: 

  • Impact: 930
  • Openness: 1.063
  • Excellence: 1.739 

4. Universitas Indonesia (UI) 

Siapa yang tidak kenal dengan UI atau Universitas Indonesia? Perguruan tinggi negeri yang berada di kota Depok ini juga menjadi universitas favorit. Banyak mahasiswa baru berbondong-bondong ke UI untuk mendapat pendidikan berkualitas. 

Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics UI berhasil masuk ke peringkat 1.315 dengan pencapaian indikator penilaian sebagai berikut: 

  • Impact: 396
  • Openness: 5.954 
  • Excellence: 1.245

Baca Juga: 4 Tips Menjadi Dosen Muda yang Disukai Mahasiswa

5. Universitas Airlangga (Unair) 

Unair atau Universitas Airlangga yang juga dikenal sebagai PTN terbaik di Indonesia berhasil masuk pemeringkatan dari Webometrics. Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics yang diupdate di situs resminya, Unair masuk ke peringkat 1.322. 

Perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Surabaya dan memiliki 3 alamat kampus ini memperoleh pencapaian indikator penilaian sebagai berikut: 

  • Impact: 1.100
  • Openness: 971 
  • Excellence: 2.245

6. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

IPB atau Institut Teknologi Bandung juga berhasil masuk ke dalam daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics. Universitas negeri yang berada di kota Bandung ini memang sejak dulu dikenal punya mutu pendidikan yang bagus. 

Tidak heran jika berhasil masuk ke dalam daftar pemeringkatan tingkat internasional dari Webometrics. Adapun pencapaian peringkatnya ada di posisi 1.647 dengan detail indikator penilaian yang dicapai adalah sebagai berikut: 

  • Impact: 839 
  • Opennes: 5.954
  • Excellence: 1.390

7. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) 

Beralih kembali ke Jawa Tengah, tepatnya di kota Surakarta ada UNS atau Universitas Sebelas Maret yang berhasil masuk pemeringkatan dari Webometrics. Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics tersebut, UNS masuk ke peringkat 1.990. 

Hasil pencapaian UNS melalui sejumlah indikator penilaian oleh Webometrics adalah sebagai berikut: 

  • Impact: 483
  • Openness: 5.954
  • Excellence: 2.534

8. Universitas Diponegoro (Undip) 

Masih di Jawa Tengah, masih ada Universitas Diponegoro yang juga dikenal dengan sebutan Undip berhasil masuk ke pemeringkatan dari Webometrics. Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics, Undip berhasil masuk ke peringkat 1.994. 

Perguruan tinggi negeri yang memiliki dua lokasi kampus ini berhasil memperoleh pencapaian indikator penilaian Webometrics yang memuaskan. Berikut detailnya: 

  • Impact: 613
  • Openness: 5.954 
  • Excellence: 2.319

9. Universitas Jember (Unej) 

Universitas Jember yang dikenal dengan sebutan Unej juga dikenal sebagai PTN terbaik di tanah air. Kabar baiknya Unej juga berhasil masuk ke dalam daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics. 

Hasil pemeringkatan tingkat dunia tersebut, Unej berhasil masuk ke peringkat 2.053 dengan perolehan nilai sebagai berikut:

  • Impact: 1.427 
  • Openness: 1.363
  • Excellence: 3.688

10. Universitas Brawijaya (UB) 

Jika membahas mengenai perguruan tinggi terbaik di Indonesia maka UB atau Universitas Brawijaya akan masuk ke dalamnya. Tidak hanya di tingkat nasional. UB juga beberapa kali masuk pemeringkatan tingkat dunia. 

Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics, UB juga masuk ke dalamnya dengan peringkat ke 2.099. PTN yang terletak di kota Malang, Jawa Timur ini memiliki pencapaian indikator sebagai berikut: 

  • Impact: 771 
  • Openness: 5.954
  • Excellence: 2.355

Hasil pemeringkatan oleh Webometrics diatas disesuaikan dengan pencapaian indikator dari setiap perguruan tinggi. Semua perguruan tinggi di Indonesia yang disebutkan di atas berstatus sebagai PTN. 

Sehingga masing-masing PTN tersebut berhasil mengukuhkan diri sebagai perguruan tinggi terbaik di tanah air. Seketika masuk ke dalam 10 daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

Baca Juga: Keuntungan Menjadi Mahasiswa Universitas Terbaik di Indonesia

Tips dan Trik Masuk ke PTN Favorit 

Daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics diatas memberi daftar perguruan tinggi negeri yang bisa dimasuki. Masuk ke PTN memang dikenal susah dan persaingannya lebih berat dibanding ke PTS, sebab nyaris semua calon mahasiswa menjadikannya sebagai prioritas. 

Memahami proses menjadi mahasiswa di PTN tidak mudah maka perlu persiapan matang sejak jauh-jauh hari. membantu mewujudkan mimpi menjadi mahasiswa di PTN terbaik diatas. Silahkan mencoba beberapa tips dan trik berikut ini: 

1. Memilih Jalur Masuk yang Tepat 

PTN di seluruh Indonesia memiliki tiga jenis jalur masuk atau jalur seleksi. Dimulai dari SNMPTN yang mengandalkan nilai rapor di jenjang SMA, kemudian ada SBMPTN yang memakai tes tertulis berbasis komputer, dan terakhir jalur mandiri. 

Ketiganya sama-sama mampu mengantarkan siapa saja untuk menjadi mahasiswa di PTN. Strategi terbaik untuk bisa lolos seleksi adalah memilih jalur masuk yang memang tepat sekaligus sesuai. 

Jika melihat nilai di rapor ternyata memuaskan dan punya prestasi akademik maupun non akademik. Maka kamu perlu mencoba jalur SNMPTN yang bebas dari tes masuk PTN terbaik 2021 versi Webometrics di atas. 

Namun jika sebaliknya, maka bisa mencoba jalur SBMPTN dan ini perlu diutamakan karena biaya masuknya lebih murah. Opsional ketiga adalah jalur mandiri dan meskipun dijadikan pilihan terakhir bukan berarti pilihan yang buruk. 

Sebab jalur mandiri biasanya fokus pada kemampuan akademik calon mahasiswa dengan profil dari perguruan tinggi negeri yang dituju. Sehingga diantara tiga jalur tersebut silahkan memilih jalur yang dirasa paling sesuai agar bisa memastikan diri bisa lolos. 

2. Memilih Jurusan dengan Teliti 

Jurusan yang dipilih juga memegang faktor penentu untuk bisa masuk PTN terbaik 2021 versi Webometrics di atas. Mengapa? Sebab ketika masuk ke jurusan yang persaingannya ketat alias peminatnya sangat banyak. 

Maka nilai akademik dan non akademik haruslah mendekati sempurna atau diusahakan sesempurna mungkin. Sehingga bisa lolos penyaringan, untuk masuk ke jurusan tersebut. 

Sebaliknya, jika memilih jurusan yang peminatnya lengang atau lumayan sepi maka hasil tes di SBMPTN yang terbilang standar. Dijamin sudah memberikan pintu masuk ke perguruan tinggi tersebut. 

Jadi, strategi yang kedua untuk bisa masuk ke PTN terbaik 2021 versi Webometrics adalah memilih jurusan yang tepat. Namun, jangan asal memilih yang peminatnya lengang. Pastikan kamu juga punya minat dan bakat di jurusan tersebut. 

Sebab sepanjang masa perkuliahan, yakni minimal empat tahun kamu akan berkutat dengan bidang keilmuan di jurusan tersebut. Jika di awal sudah asal dalam memilih jurusan, maka masa perkuliahan akan memberi beban fisik dan mental. 

3. Belajar dengan Tekun 

Memaksimalkan diri untuk bisa masuk ke PTN favorit juga butuh belajar dengan tekun. Sehingga bisa memahami materi pembelajaran di sekolah dengan sangat baik. Hal ini membantu menorehkan prestasi akademik yang tidak mengecewakan atau bahkan sangat memuaskan. Sebab kamu berhasil fokus dalam belajar dan kemudian bisa berprestasi dengan baik. 

Tekun belajar selama di SMA dan seterusnya juga membantu kamu lebih siap menghadapi ujian tertulis jika masuk jalur SBMPTN maupun Mandiri. Sehingga kesempatan untuk lolos lebih besar. 

Jadi, usahakan sudah membiasakan diri untuk belajar dengan tekun dan sudah paham bagaimana mengatur waktu untuk belajar. Supaya di hari H bisa mengerjakan soal tes seleksi dengan tenang dan hasilnya pun memuaskan. 

4. Memperbanyak Latihan Soal 

Jika fokus ke jalur SNMPTN untuk masuk PTN terbaik 2021 versi Webometrics maka perlu fokus ke hasil rapor dan prestasi akademik selama di SMA. Jika ingin fokus ke jalur SBMPTN dan Mandiri, maka wajib sekali untuk memperbanyak latihan soal. 

Ada banyak situs bank soal bisa dipilih untuk mendapatkan soal-soal latihan masuk lewat dua jalur tersebut. Semakin banyak latihan maka semakin siap untuk mengerjakan soal seleksi yang sesungguhnya di hari H. 

Tidak tertutup kemungkinan akan mendapatkan soal yang sama namun hanya berbeda angka maupun nama tokoh dalam soal cerita. Sehingga membantu mengerjakan soal tes seleksi dengan efektif dan efisien. 

5. Ikut Kelompok Belajar dan Les Tambahan 

Selama duduk di bangku SMA atau selama masa penantian dibukanya jalur seleksi masuk ke PTN yang dituju. Sebaiknya memanfaatkan waktu untuk belajar lebih banyak dan lebih tekun. 

Tidak melulu harus belajar sendiri di rumah, kamu bisa membentuk kelompok belajar atau mendaftar di tempat les pelajaran. Sehingga bisa mengingat kembali materi di kelas X sampai kelas XII. 

Selain itu juga membuat kamu terbiasa mengerjakan soal-soal yang beda tipis dengan soal-soal tes masuk ke PTN terbaik 2021 versi Webometrics diatas. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membentuk kelompok belajar atau berinvestasi dengan masuk ke tempat les maupun privat. 

Baca Juga: 5 Tips Magang dari Rumah Selama Pandemi untuk Kalangan Mahasiswa

6. Menjaga Kesehatan 

Tips berikutnya adalah terkait kesehatan, yakni wajib dijaga dengan makan sehat secara teratur dan tidur yang cukup. Sekaligus disiplin melakukan kegiatan olahraga meskipun hanya rutin jalan kaki selama 30 menit sehari. 

Hal ini penting untuk memastikan tubuh dan otak kamu bisa dalam kondisi paling prima. Supaya bisa mendukung kegiatan belajar dan bisa mengikuti tes seleksi masuk ke PTN favorit. 

Sebab jika mendadak jatuh sakit maka hasil belajar selama menunggu tes seleksi masuk akan sia-sia. Jadi, jangan sampai mengabaikan kesehatan. 

7. Berdoa 

Tips dan trik berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa, supaya mendapatkan kemudahan dalam setiap urusan. termasuk untuk bisa lolos seleksi masuk ke PTN terbaik 2021 versi Webometrics yang di idamkan sejak lama. 

Lewat kegiatan ibadah sembari rutin berdoa maka hati dan pikiran lebih tenang, Selain itu juga efektif memupuk semangat optimis untuk yakin bisa lolos seleksi. Sehingga tidak akan mengalami stres sekalipun proses belajar menguras tenaga dan waktu. 

Melalui daftar PTN terbaik 2021 versi Webometrics diatas maka sudah memberi gambaran di PTN mana tujuan akan dilabuhkan. Setelah memilih, jangan lupa untuk menerapkan tips dan trik di atas untuk memperbesar peluang bisa menjadi mahasiswa di PTN tujuan. 

Share ke sosial media

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132