fbpx

Mengenal Selancar PAK – Cara Membuat Akun dan Mengecek Status PAK

Selancar PAK
sumber: pak.kemdikbud.go.id

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah resmi meluncurkan Sistem Pelacakan secara Mandiri Penilaian Angka Kredit, yang kemudian disingkat menjadi Selancar PAK, pada Maret 2021 lalu. Adanya sistem ini merupakan solusi atas keluhan-keluhan yang didengar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mengenai para dosen yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi proses pengusulan kenaikan pangkat atau jabatan akademik.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa angka kredit merupakan penilaian terhadap kinerja dosen dalam mengukur sejauh mana seorang dosen sudah menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Angka kredit ini pula yang menjadi syarat dalam kenaikan pangkat atau jabatan fungsional dan track record kinerja dosen.

Seberapa layak seorang dosen untuk mencapai pangkat dan jabatan selanjutnya, mulai dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, hingga Guru Besar, diukur berdasarkan Penilaian Angka Kredit ini. Dengan begitu sudah semestinya PAK ini menjadi hal yang diperhatikan bagi setiap dosen. Tidak heran, kehadiran Selancar PAK disambut baik dengan layanannya yang bermanfaat.

Mengenal Selancar PAK

Sebelum mengetahui manfaat Selancar PAK serta mempelajari cara membuat akun Selancar PAK, ada baiknya para dosen mengenal terlebih dahulu apa itu Selancar PAK. Selancar PAK merupakan sistem, juga berupa aplikasi, yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang digunakan oleh para dosen untuk memantau dan mengelola angka kredit serta mengetahui informasi mengenai proses kenaikan pangkat dan jabatan.

Melalui aplikasi ini, dosen dapat dengan mudah melakukan lacak/tracking atas usulan kenaikan jabatan akademik atau pangkat yang diajukan ke Dikti. Dengan begitu dosen dapat mengikuti status atau proses perjalanan usulannya (tracking/lacak) secara mandiri melalui smartphone maupun laptop.

Sistem ini memberikan fasilitas yang baik untuk melayani para dosen dalam melacak berkas usulan kenaikan pangkat dan jabatan secara pribadi melalui akun yang diberikan.

Selain dapat diakses pada laman browser internet, Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Selancar PAK yang dapat diunduh di smartphone.

Baca Juga: Aplikasi Selancar PAK untuk Solusi Tracking Kenaikan Pangkat dan Jabatan Akademik Dosen

Manfaat Selancar PAK bagi Dosen

Karena aplikasi Selancar PAK diperuntukkan bagi dosen, tentunya sistem ini membawa banyak manfaat bagi para dosen di Indonesia.

Beberapa manfaat yang bisa dosen dapatkan melalui Selancar PAK di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Melacak Usulan Kenaikan Pangkat Dosen

Selancar PAK mempermudah Anda dalam melacak dan memantau sejauh mana proses usulan kenaikan pangkat dan jabatan yang Anda ajukan. Tahapan dan status terkini akan ditampilkan secara lengkap dengan tanggalnya. Mulai dari saat berkas disubmit oleh perguruan tinggi, hingga terbitnya PAK dan seterusnya.

2. Meminimalisir Keraguan dan Ketidakpastian yang Diajukan

Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi dan kesulitan mencari tahu bagaimana perkembangan dan status usulan Anda, apakah sudah berjalan pada tahap berikutnya atau tidak. Karena pada Selancar PAK Anda sudah diberi kepastian dengan update terkini, sehingga dapat meminimalisir keraguan atas usulan kenaikan jabatan akademik atau pangkat yang sedang Anda ajukan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Unsur-Unsur Penilaian Angka Kredit Dosen

3. Memperoleh Informasi Perbaikan

Manfaat lainnya yaitu sistem ini bukan hanya menampilkan proses, namun juga memberitahu pengusul jika terdapat perbaikan yang perlu ditindaklanjuti pada tahapan usulan Anda. Ini akan sangat memudahkan bagi pengusul untuk mempersingkat waktu dan dapat segera melakukan perbaikan.

4. Dimudahkan dengan Pemberitahuan ke Aplikasi WhatsApp

Anda merasa kerepotan dengan mengecek laman website secara berkala? Selancar PAK dapat memberitahukan perkembangan proses usulan Anda dengan mengirimkan notifikasi pada WhatsApp, tanpa perlu membuka laman atau aplikasi terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan nomor WhatsApp untuk memperoleh notifikasinya.

5. Informasi Tambahan dengan Fitur FAQ

Pada aplikasi Selancar PAK, Anda juga dapat memperoleh informasi terkait pada layanan Pertanyaan Lazim atau FAQ (Frequently Asked Questions). Di sini Anda bisa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering menjadi keraguan mengenai usulan kenaikan jabatan dan pangkat.

Baca Juga: Mengenal Sistem Penilaian Angka Kredit Dosen

Cara Membuat Akun Selancar PAK dan Melacak Status PAK

Setelah mengenal tentang Selancar PAK dan manfaat-manfaatnya bagi dosen, selanjutnya para dosen dapat mempelajari cara membuat akun di Selancar PAK. Pembuatan akun ini kemudian dapat digunakan untuk memantau angka kredit, maupun melacak status dan proses dari pengajuan usulan jabatan akademik atau pangkat.

Bagi Anda para dosen yang belum memanfaatkan aplikasi ini, dapat mempelajari dan mempraktikkan langkah-langkah berikut ini. Mulai dari akses masuk dan pembuatan akun, hingga melacak status PAK maupun proses pengajuan jabatan atau pangkat.

Cara membuat akun selancar PAK dan melacak status PAK akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

1. Permohonan Akses Akun

Langkah pertama untuk membuat akun Selancar PAK adalah dengan melakukan akses akun. Buka laman https://pak.kemdikbud.go.id/pakdosen/index.php/web/request_access dan Anda akan diberi tampilan seperti gambar di bawah ini.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

2. Masukkan NIDN atau NIDK

Setelah laman terbuka seperti pada langkah 1, masukkan NIDN atau NIDK pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk mengisi Security Code/Captcha juga di bawahnya. Jika nomor induk dosen yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul dan bisa diklaim. Anda kemudian dapat mengklik Request Access, dan akan muncul tulisan seperti di bawah ini.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti
sumber: YouTube Ditjen Dikti

Namun jika nomor yang dimasukkan ternyata sudah pernah terdaftar sebelumnya, maka nomor yang sama tersebut tidak dapat didaftarkan lagi. Sehingga akan muncul pemberitahuan dengan kalimat “NIDN tersebut sudah memiliki akun login.”.

3. Cek Email

Ketika Anda mengklik Request Access, maka permintaan akses tersebut akan masuk ke email Anda yang sudah terdaftar di PDDikti. Selanjutnya Anda dapat membuka inbox/kotak masuk pada email Anda untuk mengecek notifikasi permintaan akses yang masuk. Jika pada kotak masuk tidak ditemukan, Anda bisa mengecek pada folder spam juga.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

Email yang masuk akan memberitahukan username dan password yang dapat digunakan sebagai akses ke dalam tracking status PAK tersebut. Biasanya username akan muncul dengan format NIDN_dosen. Jangan lupa, bahwa kata “dosen” pada username ini juga diikutkan sebagai username.

sumber: YouTube Ditjen Dikti

Setelah mengetahui username dan password Selancar PAK Anda, mohon dicatat dan disimpan dengan baik agar tidak lupa sewaktu-waktu diperlukan kembali. Karena sejauh ini belum terdapat fitur ‘lupa username dan password’, sehingga Anda akan kesulitan jika informasi tersebut hilang.

4. Input Username dan Password pada Laman Selancar PAK

Anda sudah memperoleh username dan password Selancar PAK. Kini saatnya mengakses sistem dan melakukan pengecekan PAK.

Buka laman https://pak.kemdikbud.go.id/pakdosen/index.php dan masukkan username serta password yang sudah dikirimkan pada email Anda, di kolom yang tersedia. Jangan lupa juga untuk mengisi Security Code dengan benar. Kemudian klik login.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

5. Tampilan Awal Selancar PAK

Setelah berhasil masuk ke sistem, Anda akan disambut dengan tampilan awal Selancar PAK seperti pada gambar di bawah ini.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

Baca Juga: Mari Mengenal 5 Prinsip Penilaian Angka Kredit Dosen Berikut Ini

6. Tampilan Daftar Riwayat Usulan

Selanjutnya untuk mengikuti dan memantau proses daftar riwayat usulan, Anda bisa mengklik “Riwayat Usulan” yang terletak di sebelah icon “Profil”.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti
sumber: YouTube Ditjen Dikti

7. Detail Riwayat Usulan

Jika Anda belum memiliki usulan, maka Daftar Riwayat Usulan tidak akan menampilkan apapun. Namun jika Anda sedang melakukan proses usulan, maka sistem akan menunjukkan riwayat usulan Anda. Untuk melihat lebih detail terkait usulan yang diajukan, Anda bisa mengklik “Lihat Detail” yang terletak di bagian sebelah kanan pada usulan yang ingin dilihat.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

Pada Detail Riwayat Usulan, akan ditampilkan icon-icon dari seluruh proses tahapan berkas. Tahapan yang sudah dilalui akan ditandai dengan icon berwarna hijau, sedangkan icon tahapan yang belum dilewati berwarna hitam. Tahapan yang ditampilkan mulai dari saat berkas diinput dan disubmit oleh perguruan tinggi pengusul (Usulan Telah Diinput), diajukan ke Dikti (Usulan Diajukan), Verifikasi Administrasi, Penjadwalan Penilaian, Proses Penilaian, sampai dengan terbitnya PAK, dan seterusnya. Tahapan tersebut dilengkapi dengan tanggal dan data riwayat proses.

sumber: YouTube Ditjen Dikti

8. Usulan Perbaikan

Pada detail riwayat usulan, jika terjadi perbaikan pada usulan Anda, maka sistem akan menampilkan usulan perbaikan tersebut yang ditandai dengan icon yang berwarna merah pada tahap Proses Penilaian.  Anda pun dapat melakukan perbaikan dengan mengikuti usulan perbaikan yang diberitahukan sistem tersebut.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

9. Input Nomor WhatsApp

Untuk mempermudah akses pemantauan PAK maupun status dan proses pengusulan kenaikan jabatan dan pangkat, Anda dapat mendaftarkan nomor handphone Anda yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp pada Selancar PAK.

Caranya dengan mengklik icon “Profil” pada halaman Selancar PAK. Kemudian silahkan memasukkan nomor WhatsApp Anda, dan klik Update Profil jika sudah selesai.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

10. Notifikasi WhatsApp

Selanjutnya Anda akan memperoleh notifikasi chat dari Dikti pada nomor WhatsApp yang sudah Anda input. Pesan tersebut berbunyi “Pemberitahuan”, dan berisikan pemberitahuan mengenai status dan proses usulan yang sedang Anda ajukan saat ini.

selancar PAK
sumber: YouTube Ditjen Dikti

Pesan tersebut merupakan pesan otomatis yang akan Anda peroleh sebagai kelanjutan dari Selancar PAK, mengenai perkembangan status usulan Anda. Tiap proses tahapan yang telah dilalui akan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp.

sumber: YouTube Ditjen Dikti

Demikian cara membuat akun Selancar PAK, mengakses, hingga melakukan pelacakan status PAK. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak menggunakan sistem atau aplikasi ini.

Penulis: duniadosen.com/NurfadhelaFaizti

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : duniadosenindonesia@gmail.com

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja